4 Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya secara alami

Kecantikan, Perawatan
cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya
image from pixabay.com

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dan bahan-bahan alami lainnya yang berpotensi besar untuk menyingkirkan jerawat dari wajah anda. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling membandel dan sulit diatasi. Bahkan, banyak orang yang frustasi karena sudah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan jerawat, tetapi hasilnya tidak memuaskan.

Memang terkadang jerawat bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu diobati, akan tetapi untuk mempercepat proses penyembuhan Anda harus melakukan penanganan. 1 hal yang terpe untuk menghilangkan jerawat, usahakan menggunakan bahan alami karena selain aman juga biasanya bekerja cukup efektif. Salah satu bahan alami yang patut dicoba adalah lidah buaya.

Lidah Buaya memiliki beberapa kandungan nutrisi yang berguna menghilangkan jerawat secara alami termasuk vitamin C, A dan E. Serta beberapa zat menguntungkan nilainya termasuk mineral, asam amino dan tanin. Selain berguna menghilangkan jerawat, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah anda seperti melembabkan kulit secara alami, mencegah keriput, dan meningkatkan elastisitas kulit wajah.

 

Manfaat lidah buaya untuk menghilangkan jerawat

Sebelum kita mengetahui lebih banyak mengenai cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu Apa saja manfaat lidah buaya untuk jerawat. Berikut beberapa alasan kenapa lidah buaya sangat baik digunakan sebagai obat jerawat alami:

Sifat antibakteri: lidah buaya mengandung saponin yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antijamur. Penggunaan lidah buaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat bernama propionibacterium Acnes. Penerapan lidah buaya secara rutin akan mengurangi tingkat keparahan dan membantu menghilangkan jerawat secara alami.

Mengendalikan infeksi: Lidah buaya memiliki sifat disinfektan yang membuatnya sangat baik untuk mengendalikan infeksi akibat jerawat pada kulit wajah. Menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah akan mengurangi keparahan jerawat dan mencegah infeksi lebih lanjut.

Memiliki sifat antiinflamasi: lidah buaya penuh dengan sifat anti-inflamasi yang berguna mengurangi peradangan pada jerawat. Peradangan pada jerawat biasanya menyebabkan rasa sakit yang sangat mengganggu. Jadi menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat di kulit akan membantu Anda menenangkan rasa sakit tersebut.

Melembabkan kulit wajah: lidah buaya mengandung 99% air sehingga penggunaannya pada kulit dapat membantu menghidrasinya secara alami. Menjaga kulit tetap terhidrasi sangat penting sekali untuk mencegah kekeringan. Kekeringan pada kulit akan membuatnya lebih mudah mengalami jerawatan akibat pertumbuhan bakteri.

Mencegah iritasi pada jerawat: sifat penyembuhan alami yang dimiliki oleh lidah buaya mampu menenangkan kulit wajah dan mencegah iritasi pada jerawat. Menggunakan lidah buaya secara rutin juga membantu meremajakan kulit dan mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah.

 

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

1. Aplikasi lidah buaya secara langsung

Dalam menghilangkan jerawat dengan lidah buaya anda perlu menerapkan lidah buaya ke kulit wajah. Aplikasi ini mengandalkan 100% lidah buaya sebagai bahannya. Berikut caranya:

  • Persiapkan satu daun lidah buaya berukuran besar setelah itu ambil gelnya.
  • Potong-potong di lidah buaya kemudian masukkan ke dalam blender.
  • Haluskan hingga benar-benar teksturnya lebih encer setelah itu terapkan pada wajah yang berjerawat secara merata.
  • Kemudian biarkan selama 15 menit, terakhir bilas wajah anda dengan air.

 

2. Lidah buaya, jus lemon dan putih telur

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya kali ini akan mengkombinasikan antara lidah buaya dan bahan alami lainnya. Diantara bahan alami yang potensial untuk menghilangkan jerawat adalah putih telur dan lemon. Putih telur dapat mengeringkan jerawat secara alami sehingga membuatnya sangat baik digunakan sebagai masker wajah.

Selain itu, putih telur juga berguna mengangkat kotoran yang dapat menyebabkan jerawat di wajah.
Sedangkan kandungan asam yang terdapat dalam lemon berguna membunuh bakteri penyebab jerawat. Bukan hanya itu, lemon juga berguna mengelupaskan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang pada gilirannya akan membuat kulit tampak halus dan terbebas dari jerawat. Berikut langkah menggunakan ketiga bahan tadi untuk menghilangkan jerawat:

  • Pertama, ambil satu butir telur kemudian ambil putihnya saja.
  • Masukkan ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan dengan 2 sendok makan gel lidah buaya.
  • Aduk hingga merata kemudian tambahkan lagi satu sendok teh air lemon.
  • Gunakan sebagai masker dengan cara menerapkannya secara merata pada kulit wajah yang terdapat jerawat.
  • Biarkan selama kurang lebih 20 menit setelah itu bilas seperti biasa.

Artikel terkait: 5 Cara menghilangkan jerawat dengan lemon secara alami

 

3. Madu dan lidah buaya

Madu dan lidah buaya adalah obat yang sangat kuat untuk menghilangkan jerawat karena menggabungkan 2 sifat anti bakteri yang sangat baik. Madu berguna membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat sehingga akan menyulitkan perkembangan jerawat di wajah anda. Selain itu, sifat antiperadangan yang dimiliki madu juga berguna mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat. Sedangkan lidah buaya memiliki efek pelembab sehingga sangat bagus untuk menghidrasi kulit yang rentan terkena jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dan madu:

  • Pertama siapkan satu mangkuk kecil kemudian masukkan satu sendok makan lidah buaya dan satu sendok makan madu manuka ke dalamnya.
  • Aduk kedua bahan jadi hingga menyatu dengan baik.
  • Gunakan sebagai masker wajah dan bilas dengan air setelah 25 menit.
  • Lakukan secara rutin setidaknya 2 hari sekali untuk membantu menghilangkan jerawat dari wajah anda.

 

4. Lidah buaya dan kunyit

Lidah buaya dan kunyit merupakan dua diantara bahan alami yang berpotensi besar untuk menyingkirkan jerawat dari wajah anda. Kunyit memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berguna mengurangi perkembangan jerawat di wajah. Selain itu, kandungan antibakteri dalam kunyit juga berperan besar membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Cara menggunakan lidah buaya dan kunyit untuk menghilangkan jerawat:

  • Parut kunyit kemudian masukkan ke dalam mangkuk.
  • Tuangkan satu sendok makan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan ke dalamnya.
  • Aduk kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik setelah itu gunakan pada wajah yang berjerawat.
  • Tinggalkan selama 20 menit di wajah anda setelah itu bersihkan dengan cara membilasnya.

Demikian ke-4 cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi anda untuk mengatasi masalah jerawat yang sulit diatasi.