14 Manfaat asparagus untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Posted on
manfaat asparagus
image from pixabay.com

Manfaat asparagus untuk kesehatan dan kecantikan serta kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat lengkap meliputi mineral, vitamin, serat dan senyawa penting lainnya. Serta beberapa efek pencegahan penyakit yang luar biasa. Asparagus merupakan sayuran yang indah untuk digunakan sebagai menu sehat harian karena mengandung berbagai macam nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. ivermectin pyrantel for dogs

 

Kandungan nutrisi asparagus

Selain itu kaya akan kandungan nutrisinya asparagus juga hampir tidak memiliki kandungan lemak dan sangat rendah kalori. Asparagusmemiliki sekitar empat gram karbohidrat dan dua gram protein. Satu cangkir (sekitar 180 gram) asparagus memiliki kandungan nutrisi luar biasa meliputi vitamin, mineral dan beberapa senyawa penting. Berikut daftar selengkapnya mengenai kandungan nutrisi asparagus:

  • Asam Folat (61%)
  • Vitamin K (180%)
  • Vitamin C (73%)
  • Vitamin B1 Thiamin (8%)
  • Vitamin B6 (2%)
  • Vitamin A (29%)
  • Vitamin B2 Riboflavin (11%)
  • Vitamin B3 Niasin (9%)
  • Vitamin E (11%)
  • Kalsium (3%)
  • Magnesium (4%)
  • Tembaga (9%)
  • Fosfor (9%)
  • Kalium (9%)
  • Seng (5%)
  • Mangan (13%)
  • Selenium (10%)
  • Zat besi (6%)
  • Asam pantotenat (3%)
  • Protein (11%)
  • Serat makanan (12%)

 

Manfaat asparagus untuk kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat asparagus yang pertama adalah meningkatkan kekuatan tulang anda. Hal ini dikarenakan di dalam asparagus terdapat kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Diantara fungsi dan manfaat vitamin K untuk kesehatan adalah membantu penyerapan kalsium sehingga akan meningkatkan kekuatan tulang anda. Penelitian menunjukkan bahwa rendahnya asupan vitamin k dapat meningkatkan resiko osteoporosis.

2. Sebagai agen antiperadangan

Asparagus kaya akan kandungan antioksidan yang mencegah efek berbahaya radikal bebas termasuk peradangan. Asparagus khususnya yang berwarna ungu memiliki kandungan antioksidan yang lebih baik. Hal ini akan melindungi tubuh anda dari berbagai macam kerusakan.

3. Meningkatkan produksi urin

Asparagus memiliki efek diuretik alami yang membantu meningkatkan produksi urine di dalam tubuh. Karena manfaat asparagus yang satu ini akan mengurangi konsentrasi garam dan cairan berlebihan di dalam tubuh. Sehingga beberapa masalah kesehatan seperti pembengkakan dan menumpuknya cairan dapat dihilangkan. Sebuah studi pada tikus telah menunjukkan bahwa asparagus memiliki efek anti urolithiatic yang dapat membantu mencegah sekaligus menyembuhkan infeksi saluran kemih dengan cara menghilangkan pembentukan konkret berbatu pada saluran kemih sebut.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Asparagus memiliki kandungan serat yang cukup baik di mana serat sangat penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan pencernaan yang sehat maka anda akan terhindar dari berbagai macam masalah seperti sembelit bahkan kanker usus besar. Selain itu pencernaan yang sehat juga akan membantu mengeluarkan berbagai macam racun di dalam tubuh yang mengarah pada kanker usus besar.

5. Baik untuk ibu hamil

Manfaat asparagus untuk kesehatan ibu hamil dikarenakan sayuran ini mengandung asam folat yang cukup tinggi. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting sekali dipenuhi saat hamil. Asam folat dapat mengurangi resiko keguguran dan cacat tabung saraf pada bayi. Oleh sebab itu seorang ibu hamil sangat direkomendasikan mencukupi kebutuhan asam folat harian dan itu bisa dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi asparagus.

6. Perlawanan terhadap kanker

Kanker merupakan penyakit yang sulit untuk diobati akan tetapi bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan. Karena asparagus kaya akan kandungan antioksidannya makan menjadikannya salah satu makanan yang dapat mencegah kanker. Kandungan glutathion yang ditemukan dalam asparagus dapat menghancurkan karsinogen tubuh sekaligus memperbaharui antioksidan. Kedua hal ini sangat penting sekali dalam perlawanan terhadap penyakit kanker. Beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker leher rahim, dan kanker usus besar bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi asparagus.

7. Membantu menurunkan berat badan

Selain mengganggu penampilan berat badan berlebih juga meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Untuk itulah menjaga kestabilan berat badan sangat penting sekali. Untungnya di antara manfaat asparagus untuk kesehatan adalah membantu anda mengendalikan berat badan secara alami. Selain rendah kalori asparagus juga merupakan sumber serat larut yang berguna mengendalikan nafsu makan. Selain itu, asparagus juga memiliki beberapa kandungan vitamin B kompleks termasuk vitamin B1, B2, B3, dan B6 yang kesemuanya berguna memetabolisme glukosa untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.

8. Melawan depresi

Manfaat asparagus bukan hanya untuk kesehatan tubuh tetapi juga mental anda. Asparagus dapat mempengaruhi produksi dan sekresi beberapa hormon penting seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Kesemua hormon tersebut berfungsi meningkatkan suasana hati dan membuat anda tetap semangat. Hal ini sangat penting sekali untuk mencegah stres dan depresi. Untuk itu sebaiknya konsumsi asparagus secara rutin untuk membantu anda terhindar dari stres dan depresi.

9. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat asparagus untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga jantung anda tetap sehat. Menjaga kesehatan jantung sangat penting sekali untuk mempertahankan hidup anda. Jantung merupakan organ yang memainkan peran vital di dalam tubuh kita. Gaya hidup yang tidak sehat seperti banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung banyak garam akan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Sebaliknya makanan yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral seperti asparagus sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin B di dalam asparagus dapat menurunkan kadar homosistein dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan membantu anda mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Menjaga keseimbangan kadar gula darah

Kandungan serat larut dan antioksidan di dalam asparagus berguna mencegah diabetes tipe 2. Serat larut dalam asparagus dapat mau modulasi penyerapan glukosa dalam saluran pencernaan makanan. Sedangkan antioksidan berfungsi menghilangkan peradangan terkait dengan penyakit diabetes. ivermectina ema Jadi kedua nutrisi yang dimiliki asparagus tersebut sangat penting sekali dalam membantu anda terhindar dari penyakit diabetes.

11. Meningkatkan kesehatan kulit

Asparagus mengandung senyawa yang disebut niasin dimana senyawa ini sangat penting untuk mengurangi jerawat. Manfaat asparagus dalam mengurangi tingkat keparahan jerawat adalah dengan cara mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit. Selain itu, asparagus juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit anda. Fungsi dan manfaat vitamin C untuk kecantikan kulit adalah membantu mencerahkan kulit, meningkatkan elastisitasnya, dan mencegah penuaan.

12. Mengurangi gejala menstruasi

Bagi para wanita menstruasi merupakan salah satu periode yang buruk dalam hidup mereka. Menstruasi kadang disertai dengan beberapa gejala seperti kram, kembung, nyeri payudara, nyeri otot, sakit kepala, bahkan memperburuk suasana hati anda. Asparagus memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang dapat membantu melawan beberapa gejala menstruasi tersebut. Sebuah penelitian mengungkap bahwa vitamin K yang disuntikkan ke dalam aliran darah dapat membantu meredakan nyeri menstruasi akut.

13. Meningkatkan kesuburan

Bagi anda yang lama belum dianugerahi momongan tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi asparagus. Manfaat asparagus untuk kesuburan ini didapat dari kandungan vitamin E yang tinggi, di mana vitamin E sangat baik dalam membantu meningkatkan kesuburan pada priamaupun wanita. Salah satu fungsi dan manfaat vitamin E untuk kesehatan adalah mengentalkan lapisan rahim sekaligus memperbanyak jumlah sprma. Selain vitamin E kandungan asam folat dalam asparagus juga memiliki efek kesuburan yang sama. cheap ivectin Dengan kandungan kedua nutrisinya tersebut membuat asparagus menjadi salah satu makanan yang baik untuk kesuburan.

14. Menjaga kesehatan mata

Manfaat asparagus untuk kesehatan yang terakhir adalah menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi vitamin B yang meliputi asupan asam folat (vitamin B9), vitamin B6 dan B12 yang terkandung dalam asparagus bisa membantu mencegah di generasi makula terkait usia. Selain vitamin B kompleks, asparagus juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang kesemuanya bertindak sebagai antioksidan penting untuk melindungi mata dari kerusakan oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas. Belum lagi diantara manfaat vitamin A untuk kesehatan adalah meningkatkan fungsi penglihatan anda.

Pencarian terkait:

  • manfaat asparagus