25 Fungsi dan Manfaat vitamin C untuk kesehatan

manfaat vitamin C
manfaat vitamin C
Ilustrasi manfaat vitamin C

Fungsi dan Manfaat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui. Serta beberapa informasi mengenai definisi dan akibat kekurangan vitamin C.

Apa itu vitamin C?

Vitamin C yang juga disebut sebagai askorbat atau asam L-askorbat merupakan jenis nutrisi yang memiliki sifat asam gula yang lemah. Secara historis vitamin C telah lama digunakan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit kudis yang merupakan penyakit yang diakibatkan kekurangan vitamin C. Fungsi vitamin C sangat banyak sekali di antaranya adalah bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel dan dna dari kerusakan.

Orang sering mengaitkan antara vitamin C dan buah jeruk karena buah jeruk dianggap sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi. Padahal faktanya buah strawberry dan jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih tinggi dibandingkan buah jeruk.

Akibat kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit karena vitamin C sangat penting sekali dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Defisit vitamin C juga akan membuat bakteri dan virus lebih mudah menyerang tubuh sehingga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan termasuk flu. Meskipun kekurangan vitamin C tidak menunjukkan gejala berarti, tetapi pada tingkat akut kekurangan vitamin C dapat membahayakan kesehatan.

Fungsi dan manfaat vitamin C

1. Membantu mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi

Tingkat vitamin C yang tinggi dalam darah kita dapat membantu anda mempercepat proses penyembuhan luka setelah menjalani operasi. Kekurangan vitamin C dikaitkan dengan proses penyembuhan luka yang lama hal ini dikarenakan penurunan asam askorbat akan membuat radikal bebas dalam tubuh bisa meningkat yang bisa menghambat proses penyembuhan luka. Dalam proses pembedahan gastrointestinal sederhana suplementasi vitamin C terbukti mampu mengurangi tingkat stres pasca operasi. Selain itu vitamin C ternyata juga berguna mengurangi atrial fibrilasi pasca operasi yaitu kondisi dimana irama jantung tidak normal.

2. Meningkatkan mood

Fungsi dan manfaat vitamin C yang sangat penting untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan suasana hati anda. Biasanya orang yang memiliki indeks vitamin C rendah di dalam tubuhnya memiliki suasana hati yang buruk. Mereka sering tidak stabil dan mudah emosional. Gejala kekurangan vitamin C lainnya meliputi rendahnya tingkat kepercayaan diri seseorang. Penelitian menemukan bahwa meningkatkan asupan vitamin C dapat menurunkan 35% gangguan mood para pasien di rumah sakit.

3. Mengurangi tingkat kecemasan

Penelitian yang dilakukan pada sebuah sekolah menengah mengungkapkan bahwa pemberian suplementasi vitamin C dapat mengurangi kecemasan secara signifikan. Studi ini mengungkap bahwa hanya sejumlah kecil vitamin C cukup untuk mengurangi kecemasan pada siswa. Dalam penelitian yang terpisah menemukan bahwa vitamin C ternyata bermanfaat mengurangi tingkat kecemasan pada pasien diabetes. Dengan cara memantau kadar asam askorbat dalam darah penderita diabetes maka dokter bisa mengatur jumlah asam askorbat yang tepat dalam rangka mengurangi tingkat kecemasan.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Otak adalah salah satu organ yang membutuhkan lebih banyak vitamin C dibandingkan bagian tubuh lainnya. Fakta mengungkap bahwa saat seseorang mengalami defisit vitamin C yang parah maka otak akan menyimpan cadangan vitamin C untuk membatasi penggunaannya pada jaringan lain di dalam tubuh. Fungsi vitamin C untuk otak adalah melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga terlibat dalam modulasi sistem neurotransmitter di otak anda yang itu artinya vitamin C sangat penting dalam transmisi saraf dan respons organ-organ sensorik anda.

5. Mengurangi tingkat kelelahan

Diantara fungsi dan manfaat vitamin C yang cukup diperhitungkan adalah membantu mengurangi tingkat kelelahan seseorang. Asupan vitamin C yang cukup dapat memberikan tambahan energi sehingga membuat anda tidak mudah lelah. Sebuah studi menemukan bahwa tingkat vitamin C yang tinggi pada darah akan membuat anda tidak mudah mengalami kelelahan. Suplementasi vitamin C sangat penting sekali terutama bagi anda yang memiliki aktivitas padat seperti pekerja kantoran yang dituntut untuk berfikir keras. Meskipun demikian, sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin C dari makanan yang kita konsumsi, karena selain lebih aman juga akan mengurangi resiko kelebihan dosis vitamin C.

6. Meningkatkan aktivitas tiroid

Fungsi dan manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah meningkatkan aktivitas tiroid. Percobaan yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dosis rendah dapat merangsang aktivitas tiroid. Tetapi hal ini tidak berlaku saat menggunakan vitamin C dalam dosis yang tinggi. Hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid terlibat dalam mengatur berbagai proses penting di dalam tubuh kita termasuk sistem saraf pusat, pernapasan, kekuatan otot, siklus menstruasi, berat badan, suhu tubuh, dan detak jantung.

Jadi dengan asupan vitamin C yang cukup akan memastikan kelenjar tiroid dapat berfungsi secara optimal yang pada gilirannya akan membantu berbagai macam proses penting di dalam tubuh berjalan lancar. Jika kelenjar tiroid tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya seseorang akan mengalami hipotiroidisme yang mengganggu proses metabolisme tubuh.

7. Melancarkan aliran darah

Salah satu fungsi vitamin C yang sangat penting adalah meningkatkan aliran darah ke berbagai organ penting di dalam tubuh. Ketika aliran darah terganggu oleh beberapa spesies oksigen reaktif pemberian vitamin C dosis tinggi ternyata dapat memulihkan kondisi tersebut. Selain itu vitamin C juga memainkan peran penting dalam mencegah disfungsi pembuluh darah memulai sintesis kolagen, proliferasi sel, dan beberapa sel pembuluh darah. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan menurunnya integrasi pembuluh darah yang ini akan berakibat pembentukan plak sehingga meningkatkan resiko stroke.

8. Mencegah demensia

Saat seseorang mengalami defisit vitamin C dalam jangka waktu yang lama, maka mereka akan memiliki resiko tinggi mengalami gangguan neurodegeneratif yang dapat menyebabkan penurunan kognitif. Dengan kata lain meningkatkan asupan vitamin C dari makanan yang kita konsumsi bisa mencegah penurunan kognitif sekaligus meningkatkan fungsi mental yang lebih baik. Salah satu kelompok yang paling banyak menerima manfaat vitamin C ini adalah para lansia di mana kebanyakan mereka mengalami indeks vitamin C yang lebih rendah.

9. Meningkatkan kecerdasan otak

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C mungkin tidak akan serta merta membuat anda menjadi lebih pintar akan tetapi asupan vitamin C yang cukup akan membantu mengoptimalkan otak dalam menerima informasi. Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa pemberian vitamin C selama 3 hari mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Jadi dengan mempertahankan kecukupan vitamin C dalam tubuh maka kapasitas belajar dan retensi memori akan bekerja dengan baik. Sehingga memenuhi kebutuhan vitamin C sangat baik sekali terutama bagi anak-anak yang pada masa pertumbuhan.

10. Mencegah stres oksidatif di paru-paru

Fakta mengungkap bahwa konsentrasi vitamin C di paru-paru 30 kali lipat lebih tinggi dibandingkan di dalam darah. Hal ini menunjukkan bahwa paru-paru sangat membutuhkan vitamin C dibandingkan bagian tubuh lainnya. Kekurangan dosis vitamin C pada paru-paru dapat meningkatkan stres oksidatif. Paru-paru membutuhkan banyak energi untuk meningkatkan laju metabolisme. Sayangnya peningkatan laju metabolisme akan membuat paru-paru menghasilkan jumlah spesies oksigen reaktif yang tinggi (ROS). Saat hal ini diabaikan maka fungsi paru-paru akan terganggu. Vitamin C dapat melindungi paru-paru dengan cara memecah radikal bebas.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu yang membuat manfaat buah jeruk untuk kesehatan sangat banyak adalah dari kandungan vitamin C yang dimilikinya. Diantara fungsi penting vitamin C adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anda tidak akan mudah sakit. Mencukupi kebutuhan vitamin C juga akan melindungi tubuh dari serangan infeksi. Manfaat vitamin C ini didapat dari kemampuannya dalam meningkatkan fungsi sel darah putih. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sel darah putih merupakan pertahanan tubuh dalam melawan berbagai macam jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

12. Mengurangi depresi

Stres yang berlebihan dapat mengarah pada depresi. Depresi bukan hanya buruk untuk kehidupan anda tetapi juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Hal ini tentunya akan membuat anda lebih mudah terserang penyakit. Untungnya di antara fungsi dan manfaat vitamin C adalah membantu mencegah dan mengurangi depresi. Di atas sudah kita bahas bahwa vitamin C berguna meningkatkan suasana hati yang pada gilirannya akan mengurangi depresi dan kecemasan berlebih.

Sebenarnya vitamin C tidak dapat menyembuhkan depresi secara langsung, akan tetapi asupan vitamin C yang cukup dapat meningkatkan suasana hati sehingga dapat mengurangi tingkat keparahan depresi. Jadi untuk mengatasi depresi hal yang paling penting adalah membangun kepercayaan diri dan kekuatan rohani.

13. Mengurangi tingkat histamin

Histamin merupakan sebuah hormon yang dihasilkan ketika seseorang mengalami reaksi alergi. Histamin dapat mendorong kebutuhan seseorang untuk menggaruk sehingga sangat mengganggu. Sebenarnya bagi sebagian orang kadar hormon ini tidak begitu mempengaruhi mereka namun bagi sebagian orang yang intoleransi histamin akan sangat terganggu. Pemberian vitamin C dalam dosis yang tepat ternyata dapat menurunkan jumlah histamin dalam darah. Hal ini sangat penting sekali terutama bagi anda yang mengalami intoleransi terhadap histamin.

14. Menjaga keamanan usus

Fungsi dan manfaat vitamin C yang selanjutnya adalah menjaga usus anda tetap aman. Asupan vitamin C sangat penting sekali jika anda mengalami intoleransi aspirin atau tidak dapat mentoleransi obat-obatan non steroid dan anti inflamasi. Saat usus tidak dapat mentolerir obat tertentu maka anda mungkin akan mengalami masalah pada kesehatan usus. Jadi memenuhi kebutuhan vitamin C sangat penting sekali terutama bagi mereka yang memiliki penyakit kronis dan harus mengambil berbagai macam jenis obat. Eksperimen pada tikus juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat menyelamatkan kerusakan usus yang disebabkan oleh iradiasi.

15. Memulai fungsi mitokondria

Mitokondria adalah organel penting dalam sel karena merupakan tempat untuk respirasi. Ini merupakan proses yang menyediakan semua jaringan tubuh dengan energi untuk berfungsi dengan baik. Pada dasarnya setiap sel didalam tubuh kita memiliki mitokondria akan tetapi kadang beberapa di antaranya lebih banyak diantara yang lain. Peran vitamin C sangat penting sekali karena terlibat dalam stimulasi fungsi mitokondria tersebut. Vitamin C meningkatkan fungsi organel-organel ini dengan mengurangi pembentukan ROS dan menstimulasi aktivitas manganese superoxide dismutase dan glutathione peroxidase.

16. Meningkatkan pemulihan setelah lelah bekerja

Vitamin C sebenarnya menurunkan stres oksidatif pada sel-sel di dalam tubuh sekaligus meningkatkan kinerja fisik. Namun, sebenarnya efek vitamin C ini hanya terlihat pada mereka yang mengalami kekurangan vitamin C dalam darah mereka. Saat vitamin C diambil dengan dosis yang tepat setelah olahraga, mampu mengurangi tingkat radikal bebas dalam tubuh yang juga mengurangi stres oksidatif.

Selain itu vitamin C juga mengurangi kerusakan otot yang disebabkan oleh latihan berat kelelahan dan disfungsi kekebalan tubuh. Namun penting untuk dicatat tidak dianjurkan sama sekali untuk mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi selama latihan. Jadi sebaiknya anda tidak mendapatkan vitamin C dari suplemen.

17. Membantu menurunkan berat badan

Mungkin selama ini anda hanya mengenal beberapa nutrisi yang dapat menurunkan berat badan seperti serat. Padahal ternyata vitamin C juga berguna membantu menstabilkan berat badan anda. Manfaat vitamin C untuk kesehatan ini dikarenakan asupan vitamin C yang cukup ternyata membantu anda mengurangi asupan kalori. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang meningkatkan asupan vitamin C mampu membakar 30% lemak lebih banyak dibandingkan mereka yang mengalami defisit vitamin C (setelah melakukan olahraga sedang). Itu artinya vitamin C memiliki peran dalam membantu menurunkan berat badan anda.

18. Mengurangi glukosa darah pada penderita diabetes

Dalam sebuah eksperimen mengungkap bahwa saat tikus diberi asupan tinggi lemak selama sekitar 2 minggu, setelah diberikan vitamin C maka kadar glukosa dan insulin menjadi berkurang. Ini memberi bukti kepada kita bahwa vitamin C ternyata menjadi nutrisi yang sangat ideal bagi penderita diabetes dan bagi mereka yang beresiko tinggi mengalami penyakit diabetes. Dengan kadar gula darah yang terkontrol bagi penderita diabetes dapat mengurangi kemungkinan kebutaan sekaligus mengurangi kolesterol.

19. Mencegah pertumbuhan kanker

Mengkonsumsi makanan yang diperkaya vitamin C seperti buah jeruk, jambu biji, buah strawberry, dan buah pepaya dapat membantu anda terhindar dari penyakit kanker. Vitamin C adalah antioksidan penting yang berguna mencegah efek merusak radikal bebas yang dapat mempengaruhi sel dan DNA. Beberapa jenis kanker dapat dikurangi dengan rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C.

20. Menjaga kekuatan tulang

Jika anda menyangka bahwa meningkatkan kesehatan tulang hanya merupakan manfaat vitamin D saja maka anda salah. Untuk meningkatkan kesehatan tulang selain memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D anda juga diharuskan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Fakta menunjukkan pemberian asupan vitamin C terhadap hewan dapat membantu mencegah pengeroposan tulang.

21. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen merupakan protein yang sangat penting sekali dan ditemukan pada semua sel di tubuh kita. Salah satu manfaat kolagen adalah meningkatkan elastisitas kulit dan menjaga jaringan sel tetap sehat. Vitamin C adalah nutrisi yang sangat penting sekali untuk meningkatkan produksi kolagen tubuh. Jadi dengan meningkatkan asupan vitamin C maka tubuh anda akan mendapatkan kolagen yang diperlukan untuk berbagai macam proses penting.

22. Mencegah stroke

Penelitian yang dilakukan pada hewan pengerat dan primata menunjukkan bahwa vitamin C dapat membebaskan bagian otak yang telah dicabut dari darah selama stroke. Dengan demikian vitamin setelah dikaitkan dengan pengurangan resiko penyakit stroke. Untuk itu saat anda memiliki gejala stroke ringan sebaiknya tingkatkan asupan vitamin C harian anda.

23. Mencegah tubuh mengalami defisiensi vitamin E

Mencukupi kebutuhan vitamin C ternyata secara tidak langsung membantu anda dalam mempertahankan kadar vitamin E dalam tubuh. Jadi mencukupi vitamin C juga sekaligus membantu anda dalam mempertahankan kadar vitamin E. Vitamin E sangat penting sekali untuk kesehatan terutama untuk kulit.

24. Mengurangi racun di dalam tubuh

Diantara fungsi vitamin C yang utama adalah meningkatkan produksi sel darah putih yang bertindak sebagai agen kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada manusia menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi polutan organik dalam tubuh manusia.

25. Menjaga kesehatan kulit anda

Bagi anda yang ingin memiliki kulit sehat alamat cara yang paling mudah adalah meningkatkan asupan vitamin C. Vitamin C berfungsi meningkatkan kecerahan kulit menjaga elastisitasnya sekaligus membuatnya tampak sehat secara alami. Salah satu komponen penting yang mendominasi manfaat vitamin C untuk kecantikan adalah kemampuannya dalam menciptakan kolagen. Kolagen sangat penting dalam meremajakan kulit anda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →