17 Manfaat kubis untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

manfaat kubis
manfaat kubis
image from pixabay.com

Manfaat kubis untuk kesehatan dan juga informasi mengenai kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat lengkap meliputi vitamin, mineral, dan beberapa senyawa penting lainnya termasuk antioksidan. Kubis merupakan sayuran sehat yang memiliki kandungan nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Menurut database USDA melaporkan bahwa satu cangkir kubis mentah memiliki kandungan 38 kalori, 3 gram protein, 8 gram karbohidrat, 10% vitamin A, 195% vitamin K, dan 125% Vitamin C. Dari kandungan nutrisi tersebut tentu ada banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan dengan banyak mengkonsumsi kubis. Berikut kami sajikan mengenai daftar lengkap manfaat kubis untuk kesehatan:

1. Kaya akan kandungan antioksidan

Manfaat kubis untuk kesehatan yang pertama adalah sumber antioksidan yang baik. Secara umum kubis mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik sekali untuk mencegah berbagai macam penyakit. Antioksidan berguna menghambat kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas merupakan rangkaian molekul yang mengoksidasi tubuh. Radikal bebas sebenarnya merupakan produk sampingan yang ada di dalam tubuh akan tetapi kebanyakan dari radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel.

2. Membantu mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah yang tidak terkontrol dapat mengarah pada penyakit stroke. Anda perlu mengontrol tekanan darah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium seperti kubis. Kelebihan mengkonsumsi makanan yang kaya akan natrium secara langsung akan mempengaruhi ginjal sekaligus mengarah pada tingginya risiko hipertensi. Dengan mencukupi kebutuhan kalium dari makanan termasuk kubis maka efek buruk natrium tersebut bisa dikurangi.

3. Efek antiinflamasi

Banyak mengkonsumsi sayuran sebenarnya dapat membuat kita hidup lebih lama. Hal ini dikarenakan sayuran segar seperti kubis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk efek antiinflamasi. Kubis memiliki kandungan glukosinolate yang secara alami dapat mengatur sistem peradangan. Manfaat kubis untuk kesehatan ini bukan hanya engurangi peradangan tetapi juga bertindak sangat cepat dalam mengatasi berbagai macam peradangan. Kandungan vitamin K dalam kubis memainkan peran penting dalam respons peradangan. Ini merupakan salah satu fungsi dan manfaat vitamin K yang cukup penting bagi kesehatan kita.

4. Mengandung tinggi tembaga

Tembaga merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebenarnya mineral ini tidak banyak ditemukan di dalam tubuh kita akan tetapi peran tembaga cukup penting sekali. Tembaga banyak ditemukan dalam kubis, sehingga banyak mengkonsumsi kubis dapat membantu anda mencukupi kebutuhan tembaga. Kekurangan tembaga dapat menyebabkan cacat lahir, osteoporosis, anemia, jumlah sel darah putih yang rendah, peningkatan kadar kolesterol, dan masalah tiroid.

5. Membantu mencegah pendarahan

Jika anda mengalami cedera kandungan vitamin K yang terdapat dalam kubis akan membantu dalam mencegah pendarahan. Hal ini dikarenakan vitamin K berfungsi membekukan darah pada saat tubuh mengalami luka. Selain membantu pembekuan darah, di sisi lain vitamin K juga berguna mengencerkan darah di saat luka sudah mulai membaik. Jadi dengan mengkonsumsi kubis secara rutin akan membantu anda mengatur proses pembekuan darah yang seharusnya.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam kubis memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat. Diantara fungsi dan manfaat vitamin C yang penting untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu tubuh dalam melawan berbagai macam efek merugikan radikal bebas. Hal ini menjadikan banyak orang yang mengkonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Memiliki pencernaan yang sehat akan membantu anda terhindar dari berbagai macam masalah seperti sembelit dan perut buncit. Selain itu, bagi anda yang ingin memulai diet kesehatan pencernaan harus benar-benar anda perhatikan dengan baik. Kubis memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Di dalam 100 gram kubis segar memiliki kandungan sekitar 3,8 gram serat makanan. Selain meningkatkan kesehatanbpencernaan, serat juga berguna meningkatkan rasa kenyang dan menjaga kadar gula darah yang sehat.

8. Menurunkan resiko penyakit diabetes

Manfaat kubis untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah mencegah penyakit diabetes. Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit melaporkan bahwa 29,1 juta orang menderita diabetes di Amerika Serikat. Diabetes memang penyakit yang cukup banyak menimpa masyarakat bukan hanya di Amerika tetapi juga di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari gaya hidup yang kurang sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Kandungan vitamin k dalam kubis dapat meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin. Selain itu kubis juga meningkatkan kontrol metabolik pada pasien yang menderita diabetes.

9. Melindungi DNA

Manfaat kubis untuk kesehatan yang jarang diketahui orang adalah kemampuan nya dalam melindungi DNA dari kerusakan. Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi yang ditemukan dalam kubis lah yang bertanggung jawab dalam melindungi sekaligus meningkatkan kesehatan DNA anda. Senyawa yang ditemukan dalam kubis menghambat efek kerusakan pada enzim sulfat transferase ke DNA. Selain itu,kubis juga membantu menstabilkan DNA yang ditemukan di dalam sel darah putih.

10. Pengendalian terhadap stres

Penelitian menunjukkan bahwa kubis dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang stabil juga mengarah pada menurunnya risiko stres dan depresi pada seseorang. Kubis memiliki kandungan vitamin C yang juga berperan penting dalam mengendalikan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

11. Membantu menurunkan resiko kanker

Manfaat kubis untuk kesehatan yang mengagumkan adalah membantu mengurangi resiko penyakit kanker. Beberapa sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan juga kubis memang dianggap sebagai sayuran sehat karena mengandung tinggi antioksidan penting. Antioksidan merupakan senyawa yang berperan dalam mengurangi efek merusak dari radikal bebas. Selain itu, kubis juga memiliki kandungan glukosinolat yang memiliki sifat antikarsinogenik. Sifat ini pada gilirannya akan menghambat perkembangan kanker termasuk kanker usus besar dan kanker paru-paru.

12. Mengandung tinggi mangan

Mangan merupakan mineral yang biasanya ditemukan di beberapa organ kita seperti hati, pankreas, tulang, dan ginjal. Mineral ini sangat penting untuk perkembangan fungsi saraf dan otak, pembentukan jaringan ikat, serta fungsi hormon yang sehat. Kubis diperkaya dengan mangan sehingga membantu anda meningkatkan kesehatan kesemua organ di atas. Selain itu kandungan mangan dalam kubis juga berguna membantu mencegah atau meredakan radang sendi, osteoporosis, PMS, dan epilepsi.

13. Membantu mengurangi anemia

Anemia merupakan masalah kesehatan yang terkait dengan kurangnya asupan zat besi. Kubis memiliki kandungan lembaga yang membantu tubuh menyerap zat besi. Jadi mengkombinasikan antara makanan yang kaya zat besi dengan makanan yang mengandung tembaga seperti kubus perlu dilakukan untuk mencegah anemia.

14. Detoksifikasi tubuh

Kubis mengandung belerang yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. Selain itu karena kandungan tersebut kubis juga dapat mengeluarkan racun dari makanan dan juga lingkungan. Menumpuknya racun di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi kubis secara rutin akan membantu anda mengurangi paparan racun di dalam tubuh.

15. Membantu mengurangi Artritis

Artritis merupakan penyakit yang melibatkan radang sendi. Penyakit ini dapat menciptakan rasa nyeri pada persendian kita. Manfaat kubis untuk kesehatan ini didapat dari kandungan anti inflamasi yang dimilikinya sehingga membantu meringankan rasa sakit radang sendi. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology yang diterbitkan di Oxford Journals menemukan bahwa sayuran seperti kubis dapat memperlambat atau mencegah perkembangan reumatoid artritis.

16. Meningkatkan kesehatan rambut

Kubis memiliki kandungan tembaga yang berkontribusi terhadap kesehatan pigmentasi rambut anda. Hal ini dikarenakan tembaga mengandung melanin (pemancar warna ke kulit dan area lain di tubuh). Selain itu, mencukupi kebutuhan tembaga juga membantu mencegah penuaan dan menjaga sel-sel anda tetap sehat.

17. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat kubis untuk kesehatan yang terakhir adalah membantu meningkatkan kesehatan tulang. Nutrisi penting dalam kubis yang bertanggung jawab dalam meningkatkan kesehatan tulang adalah vitamin K. Saat bekerja sama dengan vitamin D, vitamin K membantu meningkatkan kepadatan tulang. Bagi anak-anak dan para lansia sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tulang dengan mencukupi kebutuhan kalsium, vitamin D, dan vitamin K.

Demikian tadi informasi mengenai manfaat kubis untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya semoga dapat menambah wawasan anda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →