Makanan Awetan Nabati

makanan awetan nabati

makanan awetan nabati

Makanan Awetan Nabati – Makanan awetan adalah olahan bahan makanan yang mampu disimpan dalam jangka waktu lama. Nah, makanan awetan ini terdiri menjadi dua, yakni makanan awetan berbahan hewani dan nabati. Pada ulasan artikel kali ini kami akan khusus membahas mengenai makanan awetan nabati.

Makanan awetan dari bahan nabati biasanya berasal dari tanaman yang berupa akar, daun, dahan, batang, bunga, buah, dan lainnya. Tidak hanya itu, makanan awetan satu ini juga dapat berasal dari hasil bahan dasar tanaman itu sendiri.

Tujuan pengawetan makanan ini yaitu untuk meningkatkan daya tahan baik unsur kimia ataupun fisik pada tanaman sehingga makanan tersebut mampu tahan lebih lama. Dalam proses mengawetkannya juga perlu memperhatikan metode pengawetan bahan, bahan, kondisi bahan serta daya tarik bahan makanan.

Cara mengolah makanan awetan satu itu sangat mudah sekali. Syaratnya yaitu, Anda mau berpikir kreatif atau mencari referensi pengolahannya untuk mengombinasikan bumbunya.

Lantas, apa saja contoh makanan awetan nabati ini? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan awetan nabati yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Contoh Makanan Awetan Nabati yang Mudah Dibuat

makanan awetan nabati

1. Acar

Acar adalah makanan awetan nabati yang diolah dari bahan sayuran serta buah. Proses pembuatan makanan awetan satu ini, yakni dengan memasukkan seluruh bahan-bahan ke air rendaman asam cuka.

Selanjutnya, diamkan olahan tersebut selama beberapa jam atau hari. Umumnya, acar dimanfaatkan sebagai tambahan dalam makanan lain seperti nasi goreng.

Baca Juga: Kelompok Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani

makanan awetan nabati

2. Kimchi

Olahan makanan awetan nabati berikut asalnya dari negara Korea. Kimchi merupakan lauk tradisional di Korea yang dibuat dari asinan serta sayuran fermentasi. Umumnya, kimchi berisi sayuran kubis atau lobak Korea.

Namun, pengolahan makanan awetan ini juga dapat terbuat dari sayuran atau bahan tambahan lainnya, seperti ketumbar, seledri, terong, timun, jahe, bawang putih, sawi, peterseli, kentang, bawang merah, daun bawang, tomat dan kecambah.

makanan awetan nabati

3. Buah Kaleng

Contoh hidangan awetan dari bahan nabati selanjutnya yaitu buah kaleng. Anda dapat membuat buah kaleng di rumah sebagai menu berbuka puasa yang segar, lho. Anda dapat menggunakan buah-buahan seperti leci, mangga, apel, dan nanas. Proses pengawetannya yaitu dengan cara dimasukkan ke dalam kaleng kedap udara.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Protein Nabati

makanan awetan nabati

4. Asinan

Asinan adalah olahan yang diawetkan dengan metode direndam dalam larutan garam. Umumnya, produk asinan dari bahan nabati berisi satu jenis ataupun campuran dari beberapa bahan.

Beberapa contohnya yaitu asinan dari kubis, taoge, tahu, mangga mentah, apel, pala, papaya, nanas, serta bahan nabati lainnya. Asinan yang dikemas dengan baik mampu bertahan lama dibanding sebelum diolah.

5. Sayuran Beku

Apabila Anda sedang berbelanja ke supermarket, maka biasanya Anda akan menjumpai makanan dari nabati berupa sayuran beku yang terdiri atas wortel, kacang polong dan jagung. Makanan dari bahan nabati ini kerap dijadikan campuran mi sampai sebagai pendamping steak.

Baca Juga: Makanan Awetan Hewani

6. Aneka Keripik

Apakah Anda tahu bahwa bahan makanan nabati bisa diolah menjadi keripik yang mampu bertahan lama? Contohnya, yaitu kentang, singkong, pisang, ubi, dan lainnya.

Tidak itu, terdapat juga olahan keripik dengan bahan dasar buah semangka, mangga, apel, bahkan ada juga dengan bahan sayuran. Aneka inovasi dilakukan untuk mengolah beragam bahan menjadi olahan keripik.

7. Aneka Selai

Makanan dari bahan nabati yang mudah untuk diolah di rumah berikutnya yaitu selai. Selai adalah salah satu jenis makanan awetan dari sari buah maupun buah-buahan yang telah dihaluskan. Selanjutnya, olahan ini dapat ditambah gula lalu dimasak sampai mengental atau berbentuk setengah padat.

Selai kerap dikonsumsi masyarakat sebagai tambahan pada roti tawar. Biasanya, bahan yang dijadikan selai yaitu buah yang memiliki rasa sedikit masam dan tidak terlalu matang. Buah yang dijadikan selai contohnya seperti nanas, stroberi, aprikot, apel, anggur, dan pisang.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Vitamin E

Itulah beberapa makanan awetan nabati yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda.