16 Fungsi dan manfaat vitamin A untuk kesehatan dan kecantikan

Nutrisi
manfaat vitamin A
Ilustrasi manfaat vitamin A

Fungsi dan manfaat vitamin A untuk kesehatan, kecantikan, dan pencegahan penyakit yang sangat penting sekali untuk kehidpan manusia. Vitamin A atau juga disebut retinol merupakan nutrisi yang sangat penting untuk banyak fungsi di dalam tubuh manusia. Vitamin A merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak dan banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang memiliki warna mencolok. Namun, dalam banyak kasus asupan vitamin A berlebih bersifat kontradiktif terhadap kesehatan bahkan dapat menyebabkan keracunan.

 

Apa itu vitamin A?

Di berbagai label vitamin A biasanya disebutkan dengan nama-nama yang berbeda. Hal ini dikarenakan vitamin A memiliki banyak nama sehingga terkadang membingungkan bagi orang awam. Sementara dalam istilah medis beberapa nama tersebut biasanya diabaikan dan hanya mengacu kepada nama utama saja yaitu vitamin A, hal ini untuk memudahkan pasien untuk memahami.

Beberapa nama vitamin A diantaranya adalah retina, retinol, dan beta karoten. Vitamin A sebenarnya adalah istilah umum untuk sekelompok senyawa yang ditemukan secara alami di sumber makanan atau senyawa yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Sedangkan secara umum ada dua jenis vitamin A yaitu beta-karoten dan preformed.
Karotenoid vitamin A yang paling umum dikenal dan penting adalah betakaroten (pigmen tumbuhan yang kemudian diubah tubuh menjadi vitamin A). Sedangkan jenis vitamin A yang kedua adalah reformed vitamin yang terdiri dari retinol dan retinyl ester biasanya banyak ditemukan dalam makanan berbasis hewani termasuk daging, ikan, dan susu.

 

Manfaat viamin A untuk kesehatan

Fungsi vitamin A dalam bertindak sebagai antioksidan memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat vitamin A untuk kesehatan mari simak ulasannya berikut:

1. Meningkatkan penglihatan

Fungsi dan manfaat vitamin A untuk kesehatan yang sangat terkenal adalah membantu meningkatkan kesehatan mata. Selain membantu meningkatkan penglihatan, vitamin A juga dapat mencegah beberapa kerusakan yang dialami oleh mata. Vitamin A telah lama dipelajari dalam meningkatkan glaukoma dan mengurangi risiko degenerasi makula dengan tingkat keberhasilan yang cukup signifikan.

Banyak penelitian yang telah mengungkap mengenai manfaat vitamin A yang satu ini. Bahkan beberapa penelitian diantaranya telah menghabiskan banyak waktu dan dana untuk mengetahui peran vitamin A dalam meningkatkan kesehatan mata.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A ternyata memiliki kemampuan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang hampir sama dengan manfaat vitamin c untuk kesehatan. Vitamin e dapat mendukung sistem kekebalan tubuh kita berjalan dengan baik sehingga akan mencegah kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan infeksi masuk ke tubuh. Manfaat vitamin A ini didapat dengan cara menjaga membran mukosa yang kuat dan lembab sekaligus meningkatkan fungsi sel darah putih.

American Society for Microbiology menerbitkan sebuah laporan pada tahun 2005 tentang efek vitamin A dan sistem kekebalan tubuh, di mana dalam laporan tersebut banyak penelitian dan uji klinis yang diselidiki. Secara keseluruhan beberapa penelitian tersebut menunjukkan bahwa vitamin A dapat memiliki dampak multi-level pada kekebalan oleh beberapa tindakan seperti produksi antibodi, proliferasi limfositik, dan dengan mempertahankan integritas epitel mukosa di usus.

3. Meningkatkan integrasi kulit

Diantara fungsi dan manfaat vitamin A yang sangat penting adalah membantu meningkatkan integritas kulit dengan menghambat oksidasi molekul berbahaya. Beberapa komponen yang dimiliki vitamin A bekerja untuk menjaga tubuh kita bebas dari racun dan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Jenis kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas meliputi munculnya beberapa tanda-tanda penuaan termasuk garis halus dan kerutan di wajah. Vitamin A dapat memberikan kelembaban alami dan retensi kelembaban yang berperan penting dalam membuat kulit tetap lembut dan mencegahnya dari kekeringan.

Selain itu, manfaat vitamin A juga terbukti cukup efektif dalam meningkatkan kolagen, menstimulasi pertumbuhan pembuluh darah baru, dan membantu memudarkan bintik hitam akibat penuaan.

4. Meningkatkan kekuatan pulang

Ternyata vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap tumbuh dan kuat. Vitamin A berguna mempengaruhi produksi dan efisiensi osteoblas yang merupakan sel-sel pembangunan tulang di dalam tubuh kita. Jika kita tidak memenuhi kecukupan vitamin A maka tulang bisa mengalami keropos, rapuh, dan kehilangan kepadatannya. Proses ini sangat penting sekali terutama untuk mengatasi berbagai macam penyakit tulang seperti osteoporosis dan pencegahan radang sendi.

Perlu dicatat bahwa kelebihan vitamin A justru memiliki efek terbalik karena dapat mengakibatkan osteoklas (sel yang memecah tulang dan menurunkan kepadatan tulang). Untuk mencegah kelebihan vitamin A sebaiknya anda mendapatkan asupan vitamin A dari makanan bukan mengambilnya dari suplemen.

5. Menjaga otot

Otot merupakan organ yang sangat penting dan memainkan banyak fungsi di dalam tubuh kita. Otot melekat pada tulang melalui ligamen dan tendon. Untuk meningkatkan pertumbuhan otot anda juga harus memiliki tulang yang kuat. Selain protein ternyata vitamin A juga memiliki manfaat untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan otot kita. Vitamin A telah terbukti memberikan efek lubrikasi pada membran yang mengelilingi otot, tendon, ligamen, dan sendi untuk membantu menghindari masalah terkait gesekan.

6. Meningkatkan kesehatan gigi

Tidak banyak yang tahu jika di antara fungsi dan manfaat vitamin A yang cukup penting adalah membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan gigi. Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga gigi kita tetap kuat dan sehat dengan cara memproduksi dentin. Dentin merupakan sebuah lapisan keras pada gigi yang terletak langsung di bawah enamel. Dentin pada umumnya diproduksi sepanjang hidup kita. Hal ini berfungsi sebagai sistem penambal dimana enamel akan digunakan untuk mengatasi gigi berlubang.

7. Meningkatkan kesehatan saluran kemih

Manfaat dan fungsi vitamin yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan saluran kemih dengan cara melembabkan nya. Vitamin A juga berguna mencegah batu saluran kemih yang dapat mengakibatkan pembentukan batu ginjal. Jadi asupan vitamin A yang cukup ternyata sangat baik sekali dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan ginjal.

8. Mengurangi risiko kanker

Manfaat vitamin A telah lama diteliti sebagai agen pencegahan penyakit kanker. Peran vitamin A dalam mencegah kanker dilakukan dengan cara mengurangi kerusakan akibat efek radikal bebas yang dapat merusak DNA. Beberapa jenis kanker yang berpotensi dapat dicegah dengan mencukupi asupan vitamin A diantaranya adalah kanker payudara, kanker usus besar, dan leukemia (kanker darah). Dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Science Daily mengeksplorasi vitamin A sebagai alat untuk melawan kanker usus besar.

Kanker usus besar terkenal karena ketahanannya terhadap berbagai macam pengobatan konvensional sehingga menjadikannya salah satu penyebab utama kematian akibat kanker di seluruh dunia. Para peneliti mengungkapkan bahwa vitamin A dapat digunakan untuk mengaktifkan kembali protein yang hilang yang akan digunakan untuk menyingkirkan sel-sel kanker dan metastasis mereka.

9. Membantu menyembuhkan luka

Sel-sel jaringan terus menerus berganti dan digantikan oleh sel-sel kulit yang baru yang lebih segar. Ini bukan hanya sekedar proses biologis yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit tetapi juga merupakan komponen penting dalam membantu proses penyembuhan luka. Sehingga vitamin A bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Komponen vitamin A yang disebut asam retinoat sangat berguna sebagai faktor pertumbuhan sel epitel. Pada dasarnya hal ini akan mengaktifkan gen yang mengubah sel kulit menjadi sel epidermis matang, sehingga mempercepat laju pergantian sel kulit baru.

10. Mencegah campak

Campak telah lama dikaitkan dengan kekurangan vitamin A. Asupan vitamin A yang cukup telah dikaitkan dapat mengurangi diare, pneumonia dan efek samping demam campak. Dalam studi klinis pengobatan campak juga melibatkan vitamin A yang secara signifikan mengurangi tingkat morbiditas pada anak-anak.

11. Meningkatkan kesehatan jantung

Ternyata kolesterol yang tinggi bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Jadi, disamping menjaga pola makan, mencukupi kebutuhan vitamin A merupakan langkah yang penting dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang seimbang dalam tubuh dapat membantu mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. The American Heart Association telah merekomendasikan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan termasuk vitamin A untuk pencegahan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

12. Meningatkan kesuburan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry menemukan bahwa vitamin A berguna mengaktifkan reseptor nuklir TR4 yang bertanggung jawab dalam memproduksi sel sperma embrio, pengaturan lipid, pengaturan produksi hemoglobin, dan pengembangan sistem saraf pusat. Jadi bisa dikatakan salah satu manfaat dan fungsi vitamin A yang penting adalah meningkatkan kesuburan.

13. Transkripsi gen

Asam retinoat yang merupakan komponen vitamin A sangat penting untuk regulasi transkripsi gen. Bukti terbaru menunjukkan bahwa reseptor nuklir juga dapat membantu menemukan target obat untuk proses penyakit manusia.

14. Meningkatkan fungsi kognitif

Para peneliti dari Harvard Medical School menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi suplemen beta karoten selama setidaknya 15 tahun memiliki resiko lebih kecil mengalami penurunan kognitif. Beta karoten merupakan nutrisi yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A. Penelitian lain juga menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda pada wanita. Penelitian terpisah yang diterbitkan oleh Journal of Alzheimer’s Disease menemukan bahwa kekurangan vitamin A secara khusus kebanyakan dialami oleh pasien alzheimer.

15. Mengurangi tingkat peradangan

Sifat antioksidan yang dimiliki vitamin A bukan hanya dapat mencegah penurunan kognitif tetapi juga berguna mengurangi peradangan. Retina pada vitamin A berguna menetralisir radikal bebas dan mencegahnya terlalu aktif. Jika radikal bebas bisa terkontrol dengan baik maka akan mencegahnya dari merusak sel yang dapat menyebabkan peradangan. Jadi mencukupi asupan vitamin A sangat penting sekali dalam mencegah dan mengurangi tingkat peradangan.