12 Fungsi dan Manfaat vitamin K untuk kesehatan

manfaat vitamin K untuk kesehatan
manfaat vitamin K untuk kesehatan
Ilustrasi sumberVitamin K 

Fungsi dan manfaat vitamin K untuk kesehatan tubuh yang sangat penting sekali di mana salah satu diantaranya adalah membantu mencegah penyakit jantung dan pendarahan. Vitamin K merupakan nutrisi yang sangat penting sekali untuk okulasi yang juga dikenal sebagai pembekuan darah hal ini dapat mencegah pendarahan pada saat anda terluka atau kondisi tertentu seperti proses persalinan. Anda dapat meningkatkan asupan vitamin K dari makanan yang anda konsumsi termasuk beberapa jenis sayur berdaun hijau, daging, keju, dan telur.

Pendarahan berlebihan merupakan salah satu dampak dari kekurangan asupan vitamin K. Yang perlu anda perhatikan adalah pendarahan bisa terjadi pada saat luka atau tanpa luka sekalipun. Contoh yang sangat mudah anda dapat mengalami pendarahan pada saat memar sederhana, bahkan gumpalan kecil darah di bawah kuku juga beresiko meningkatkan pendarahan saat tubuh mengalami kekurangan vitamin K. Beberapa fungsi dan manfaat vitamin K diantaranya:

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Diantara fungsi dan manfaat vitamin K untuk kesehatan yang paling penting adalah menjaga kekuatan tulang anda. Menjaga kekuatan tulang merupakan hal yang sangat penting untuk mencegahnya dari osteoporosis. Tulang membutuhkan asupan kalsium yang cukup dari makanan yang kita konsumsi. Vitamin K berguna mengikat kalsium sehingga dapat mempermudah tulang dalam mendapatkan nutrisi tersebut. Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita yang memasuki masa menopause menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kadar vitamin K tinggi memiliki resiko yang lebih rendah mengalami patah tulang.

2. Mencegah penyakit jantung

Selain membantu meningkatkan kekuatan tulang, mencukupi asupan vitamin K juga membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Mengkonsumsi makanan yang mengandung setidaknya 10 mg vitamin K setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga 9%. Jika kesulitan mendapatkan asupan vitamin K dari makanan yang anda konsumsi, anda bisa mengambil suplemen vitamin K dengan resep dokter. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin K secara rutin memiliki kesempatan 52% lebih rendah mengalami masalah arteri. Manfaat vitamin K ini dikarenakan kemampuannya dalam mengikat kalsium pada tulang sehingga mencegah penempelan kalsium pada dinding arteri.

3. Meningkatkan kekuatan gigi

Manfaat vitamin K untuk gigi sama dengan cara yang dilakukannya dalam meningkatkan kekuatan tulang. Vitamin K dapat mengaktifkan osteokalsin yang mengikat kalsium pada gigi sehingga meningkatkan perkembangan dan kekuatan gigi. Saat anda mengalami beberapa masalah gigi suplemen vitamin K bisa membantu anda meringankan rasa sakit tersebut. Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan pengendapan kalsium terutama di pembuluh darah.

4. Mengurangi peradangan

Fungsi dan manfaat vitamin K untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah membantu mengurangi peradangan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin K terbukti mempengaruhi biomarker yang mengendalikan peradangan. Meskipun kemampuan vitamin K dalam mempengaruhi biomarker masih belum begitu jelas, akan tetapi penelitian ini mengasumsikan bahwa vitamin K merupakan ekspresi gen yang terkait dengan sitokin individu. Dengan kadar vitamin K yang rendah pada tubuh seseorang maka tingkat estrogen akan meningkat. Hal ini pada gilirannya akan menghasilkan tulang keropos dan peningkatan peradangan.

5. Perlawanan terhadap kondisi autoimun

Mencukupi asupan vitamin K dari makanan terbukti dapat melawan kondisi autoimun yang memiliki efek sama seperti multiple sclerosis orang yang mengalami reumatoid artritis dapat merasakan manfaat mengkonsumsi vitamin K. Selain dari makanan, suplemen vitamin K juga bisa digunakan untuk membalikkan efek dari respon autoimun sehingga dapat mencegah sejumlah penyakit.

6. Meningkatkan respirasi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin K terlibat dalam transportasi elektron di mitokondria. Hal ini juga membuat vitamin K mampu meningkatkan aktivitas dan fungsi mitokondria dengan menciptakan energi yang dibutuhkan. Proses ini pada gilirannya akan memfasilitasi respirasi dan produksi energi. Jadi, saat anda mengalami lemah asupan vitamin K dapat meningkatkan respirasi seluler untuk memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Mencegah penyakit kanker

Ternyata asupan vitamin K yang cukup dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan kanker prostat. Mengkonsumsi suplemen vitamin K dengan dosis cukup setiap hari akan mengurangi risiko kanker prostat hingga 63%. Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin K dapat mengurangi perkembangan kanker paru-paru dengan cara menghancurkan sel kanker yang muncul di paru-paru. Selain itu, menurut penelitian orang-orang yang mengalami masalah dengan kanker hati dapat meningkatkan kelangsungan hidup saat mengambil suplemen vitamin K.

8. Meningkatkan perkembangan otak

Manfaat vitamin K untuk kesehatan sangat membantu beberapa lansia dalam meningkatkan kemampuan otak mereka. Menurut penelitian salah satu penyebab timbulnya penyakit alzheimer pada seseorang adalah karena rendahnya asupan vitamin K.

9. Mengurangi gejala PMS

Vitamin K dapat membantu pembekuan darah sehingga dapat mengurangi resiko pendarahan saat menstruasi. Pendarahan yang berlebihan menyebabkan anda lebih mungkin mengalami kram. Sehingga bagi wanita yang pada masa menstruasi dianjurkan mencukupi kebutuhan vitamin K dari makanan yang mereka konsumsi.

10. Membantu proses pembekuan darah

Pembekuan darah yang benar dapat membantu anda terhindar dari pendarahan saat terjadi luka. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya manfaat vitamin K untuk kesehatan tubuh anda. Vitamin K dapat membantu proses pembekuan darah dengan cara mengaktifkan empat protein penting yang berfungsi sebagai pembeku darah saat terjadi luka. Selain dapat mencegah pendarahan, vitamin K juga mengurangi penyakit hemoragik pada bayi yang baru lahir. Penyakit ini dikenal dengan istilah HDN di mana bayi mengalami proses pembekuan darah tidak pada kondisi yang normal dapat.

11. Menurunkan resistensi insulin

Memenuhi asupan vitamin K setiap hari sekitar 4 minggu dapat meningkatkan sensitifitas insulin pada pria muda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saat diberikan suplemen vitamin K resistensi insulin dapat menurun pada pria yang lebih tua.

12. Dapat mencegah dampak negatif minyak nabati

Minyak nabati kadangkala bertindak sebagai antikoagulan. Mereka menghambat aktivitas yang sebagian dikuasai oleh vitamin K. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, diabetes, dan masalah pada ginjal. Dalam kasus tertentu kondisi ini dapat membahayakan kesehatan tulang bahkan mengarah pada gangguan jiwa. Untungnya, mengkonsumsi suplemen vitamin K dapat mengurangi efek samping terkait kondisi tersebut.

Demikian tadi informasi mengenai fungsi dan manfaat vitamin K untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →