10 Cara mengusir laba-laba secara alami dari rumah kita

Tips
Cara mengusir laba-laba
image from www.pexels.com

Cara mengusir laba-laba secara alami dari rumah kita menggunakan bahan-bahan tradisional, di mana bahan-bahan tersebut aman dan juga memiliki tingkat keefektifan yang cukup baik dalam mengusir serangga tersebut. Tinggal bersama laba-laba di rumah tentu sangat menakutkan terutama bagi anak-anak. Meskipun beberapa laba-laba yang tinggal di rumah kita kadang tidak beracun akan tetapi tetap saja yang namanya laba-laba cukup mengganggu.

Sebenarnya di rumah kita laba-laba memiliki manfaat diantaranya adalah mengusir lalat dan serangga lainnya. Aakan tetapi terkadang laba-laba itu sendiri juga menimbulkan masalah seperti sarang yang dibuatnya akan membuat tampilan rumah menjadi terkesan kotor dan tanpa penghuni. Belum lagi, jika anda memiliki anak atau balita tentu anda harus menjaga agar laba-laba tidak mendekati mereka. Karena kita tidak pernah tahu mengenai jenis laba-laba yang berada di rumah kita Apakah beracun atau tidak.

Pada musim musim tertentu seperti musim hujan dan musim dingin laba-laba biasanya akan mencari tempat bersembunyi yang aman, dan tempat tersebut adalah rumah kita. Nah, untuk mencegah sekaligus mengusir laba-laba dari rumah kita Anda perlu beberapa cara. Berikut kami sajikan untuk Anda cara mengusir laba-laba secara alami dan cepat dari rumah:

 

Cara Mengusir Laba-laba dari rumah

1. Cuka

Cara mengusir laba-laba yang pertama adalah menggunakan cuka. Campurkan 1 cangkir cuka putih dengan 2 cangkir air, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan ramuan ini di sekitar rumah Anda termasuk titik-titik yang sering menjadi sarang laba-laba seperti jendela, pintu, dan ventilasi.

2. Sabun piring cair

Sabun cuci piring bisa dimanfaatkan untuk mengusir laba-laba di rumah anda. Caranya: campurkan sabun cuci piring dengan air setelah itu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan sabun piring ini ke sarang laba-laba atau tempat yang biasa digunakannya untuk bersembunyi. Laba-laba tidak menyukai sabun pencuci piring sehingga saat Anda menyemprotkan nya maka dia akan segera pergi.

3. Minyak pohon teh

Minyak pohbun teh bukan hanya berguna mengusir nyamuk dari rumah anda tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat pengusir laba-laba. Caranya: campurkan minyak pohon teh dengan cuka putih setelah itu semprotkan pada lemari pakaian yang biasanya digunakan sebagai sarang laba-laba. Aroma minyak pohon teh merupakan sesuatu yang sangat dibenci oleh laba-laba sehingga dia tidak akan kembali ke tempat tersebut.

4. Minyak lavender

Seperti halnya minyak pohon teh, minyak lavender juga merupakan obat yang cukup mujarab untuk mengusir laba-laba dari sarangnya. Meskipun minyak lavender memiliki aroma yang menenangkan, akan tetapi bagi laba-laba minyak ini merupakan musuh yang menakutkan. Untuk memanfaatkan minyak lavender Anda bisa membuatnya menjadi obat semprot dengan cara yang sama seperti di atas.

5. Minyak daun mint

Minyak daun mint juga bisa digunakan untuk mengusir laba-laba dari rumah kita dengan cepat dan cukup ampuh. Minyak daun mint bisa bekerja cukup efektif pada laba-laba yang berbisa ataupun tidak. Minyak ini merupakan insektisida alami, saat Anda menyemprotkan nya pada laba-laba maka dia akan segera pergi meninggalkan sarangnya.

6. Semprotan bawang putih

Cara mengusir laba-laba secara alami dengan bawang putih adalah: campurkan jus bawang putih dengan air kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan ini pada sudut-sudut rumah Anda yang disinyalir menjadi tempat berkumpulnya laba-laba. Aroma dari bawang putih akan membuat laba-laba pergi, karena tidak menyukainya.

7. Lada hitam

Bahan selanjutnya yang tidak kalah penting untuk menyingkirkan laba-laba dari rumah adalah lada hitam. Lada hitam yang pedas bisa membuat laba-laba cukup terganggu. Caranya: giling lada hitam untuk dibuat menjadi bubuk. Campur bubuk tersebut dengan air kemudian semprotkan pada laba-laba. Catatan: sebaiknya Anda menjauhkan semprotan ini dari jangkauan anak-anak karena dapat menyakiti mata mereka atau bagian tubuh lainnya.

8. Lilin aroma terapi

Lilin aromaterapi memiliki aroma yang kita sukai akan tetapi bisa menjadi penolak laba-laba untuk datang ke rumah kita. Rutin menyalakan lilin aromaterapi di rumah akan membuat laba-laba tidak menyukainya dan akan segera pergi meninggalkan sarangnya. Cara ini cukup praktis dan mudah untuk mengusir laba-laba tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya.

9. Lemon

Lemon masih menjadi salah satu bahan alami yang cukup ampuh untuk mengusir laba-laba dan berbagai jenis serangga lainnya. Menyemprotkan lemon pada bagian-bagian tertentu di sudut rumah kita akan membuat laba-laba geram dan akan segera pergi meninggalkan rumah kita. Caranya campurkan lemon dengan air kemudian gunakan untuk menyemprot laba-laba. Selain buah lemon, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa produk yang berbahan lemon seperti sabun pencuci tangan, pembersih lantai, dan lain-lain dengan cara yang sama.

10. Semprotan garam

Garam merupakan bahan yang beracun bagi laba-laba, sehingga kita bisa memanfaatkannya untuk mengusir laba-laba dari rumah. Selain itu, garam juga merupakan bahan alami sehingga aman untuk digunakan. Caranya campur garam dengan air kemudian gunakan untuk menyemprot laba-laba. Atau Anda juga bisa menaburkan garam ke tempat-tempat yang menjadi sarang laba-laba.

Demikian tadi informasi yang bisa saya bagikan seputar cara mengusir laba-laba dari rumah, semoga tips di atas bisa berguna untuk anda.