Cara Meredakan Sakit Gigi

cara meredakan sakit gigi

cara meredakan sakit gigi

Cara Meredakan Sakit Gigi – Sakit gigi merupakan rasa nyeri yang dirasakan di dalam ataupun di sekitar gigi. Intensitas nyeri yang dialami bisa berkisar dari ringan sampai parah. Anda dapat mengalami nyeri tajam yang terjadi secara terus menerus ataupun hilang lalu muncul lagi tidak menentu.

Kondisi ini dapat diakibatkan oleh banyak faktor, mulai dari gusi bengkak, tumbuh gigi, gigi berlubang, gigi retak/patah, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), tambalan gigi lama yang rusak dan lain sebagainya. Gejala dari sakit gigi ini tidak hanya sekedar nyeri saja.

Terkadang, kondisi ini disertai dengan berbagai gejala lain yang tidak kalah menyiksa. Hal ini karena area rahang serta gusi yang berdekatan dengan gigi yang terinfeksi terjadi pembengkakan. Umumnya, Anda akan kesulitan untuk membuka mulut lebar-lebar.

Alhasil, proses mengunyah serta mengginggit makanan menjadi dua hal yang susah dilakukan. Sakit gigi juga bisa menyebabkan gigi Anda begitu sensitif terhadap hidangan manis serta suhu panas ataupun dingin. Apabila tidak hati-hati dalam memilih minuman serta makanan yang dikonsumsi, gigi Anda akan terasa semakin nyut-nyutan.

Bahkan, gejala sakit gigi juga kerap diikuti dengan demam, pusing, sakit telinga, sakit leher, serta bau mulut. Segala gejala inilah yang menyebabkan rasa sakit semakin menyiksa sampai mengganggu kegiatan Anda sehari-hari.

Lantas, bagaimana cara meredakan sakit gigi? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai cara meredakan sakit gigi yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi

Berbagai Cara Meredakan Sakit Gigi yang Bisa Anda Lakukan!

Sejumlah cara meredakan sakit gigi di bawah ini mungkin dapat dijadikan pertolongan darurat sebelum Anda pergi ke dokter. Berikut ini adalah cara mudah serta sederhana yang dapat Anda lakukan guna meredakan sakit gigi untuk sementara waktu:

cara meredakan sakit gigi

1. Kompres Pakai Es Batu

Umumnya, sakit gigi disertai dengan pipi bengkak. Untuk meredakan keadaan tersebut, Anda dapat mengompres pipi yang bengkak dengan memakai es batu. Metode meredakan sakit gigi satu ini termasuk yang paling mudah serta sederhana.

Tidak hanya meredakan bengkak, mengompres dengan es batu juga membantu untuk mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi. Caranya mengompresnya yaitu dengan membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil.

Kemudian, Anda dapat menempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Ulangi metode ini paling tidak tiga kali dalam sehari atau hingga bengkak di pipi Anda mereda.

Baca Juga: Analtram Obat untuk Sakit Apa?

cara meredakan sakit gigi

2. Kumur dengan Air Garam

Semenjak dahulu, berkumur menggunakan air larutan garam adalah cara menyembuhkan sakit gigi yang paling populer. Air garam dipercaya dapat membantu meredakan rasa sakit serta peradangan di gusi dan gigi.

Sebelum berkumur menggunakan air garam, ada baiknya Anda melakukan flossing gigi terlebih dahulu guna membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. Berikutnya, siapkan 1 hingga 2 sendok makan garam dapur, kemudian larutkan ke dalam segelas air hangat.

Pakai larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, sesudah itu buang. Perlu diingat, air larutan garam ini tidak untuk ditelan. Jadi, Anda harus memuntahkan air larutan garam sesudah berkumur.

cara meredakan sakit gigi

3. Obat Pereda Nyeri

Cara mengatasi sakit gigi lainnya yang dapat Anda lakukan di rumah yaitu mengonsumsi obat pereda nyeri. Terdapat berbagai obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter. Pastikan juga Anda membaca petunjuk penggunaan obat yang tertera pada label kemasan dengan cermat.

Perlu diingat, apabila nyeri di gigi Anda tidak juga membaik, maka jangan ragu untuk segera pergi ke dokter. Hal ini dilakukan supaya Anda memperoleh pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Cara Menurunkan Sel Darah Putih

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Mengatasi sakit gigi juga dapat dilakukan dengan memakai bahan-bahan alami yang tersedia di dapur rumah Anda. Tetapi, bahan-bahan alami tidak senantiasa aman. Oleh karena itu, pemakaiannya harus dilakukan secara hati-hati dan teliti.

Tidak hanya itu, ingat juga bahwa bahan-bahan alami tersebut tidak sebagai obat penyembuh, namun hanya sebagai pertolongan darurat. Cara terbaik untuk menyembuhkan sakit gigi yang tengah Anda alami, yaitu berkonsultasi ke dokter. Berikut 3 metode mengatasi sakit gigi dengan bahan-bahan alami yang paling populer:

1. Kunyah Bawang Putih

Ternyata, rempah satu ini merupakan salah satu metode mengatasi sakit gigi yang dapat Anda coba di rumah. Bawang putih memiliki sifaf antiseptik serta antibiotik alami yang mampu membantu melawan infeksi. Senyawa allicin yang terdapat di dalam bawang putih juga mampu membantu meredakan rasa nyeri di gigi Anda.

Anda perlu menyiapkan satu siung bawang putih yang telah dikupas kemudian potong menjadi dua bagian. Selanjutnya, taruh potongan bawang putih mentah tadi di bagian gigi yang sakit. Anda juga dapat mengunyah bawang putih langsung selama beberapa menit.

Baca Juga: Buah untuk Menurunkan Kolesterol

2. Daun Jambu Biji

Riset mengungkapkan bahwa daun jambu biji mempunyai sifat anti radang yang mampu membantu mengobati luka. Selain itu, daun jambu biji juga mempunyai sifat antimikroba yang bisa membantu melindungi kesehatan gigi serta mulut Anda.

Cara mengatasi sakit gigi memakai daun jambu biji sangat mudah. Anda dapat secara langsung mengunyah daun jambu biji segar. Namun, Anda harus memastikan telah mencuci bersih daun jambu biji sebelum mengonsumsinya.

Apabila tidak ingin mengunyah daun jambu biji mentah, maka Anda dapat mencoba menambahkan daun jambu biji yang telah dihancurkan ke dalam air mendidih. Sesudah menghangat, Anda dapat memanfaatkan larutan tersebut sebagai obat kumur.

cara meredakan sakit gigi

3. Minyak Cengkih

Secara efektif, minyak cengkih terbukti dapat mengatasi peradangan serta rasa sakit untuk sementara waktu. Hal ini karena cengkih memiliki kandungan senyawa eugenol, yang bermanfaat sebagai antiseptik alami.

Anda dapat menggunakan cengkih sebagai obat kumur dengan berbagai cara. Pertama, Anda dapat menempelkan kapas yang telah diberi atau direndam minyak cengkih ke bagian gigi yang sakit.

Kedua, Anda juga dapat mencampurkan satu tetes minyak cengkih ke dalam segelas air hangat, kemudian Anda dapat menggunakannya sebagai obat kumur. Lakukan metode ini beberapa kali per hari.

Baca Juga: Cara Membersihkan Paru-Paru

cara meredakan sakit gigi

Kapan Harus Konsultasi ke Dokter?

Walaupun sakit gigi bukanlah penyakit yang akan mengancam nyawa, namun Anda tidak boleh menyepelekan kondisi ini. Dalam sejumlah kasus, sakit gigi dapat menjadi tanda dari kondisi serius yang memerlukan penanganan medis segera.

Jika sakit yang Anda alami semakin parah, maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Apapun penyebabnya, Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter apabila rasa sakit yang timbul lebih dari dua hari serta diikuti dengan sesak napas, demam, warna merah yang tidak wajar pada gusi, sakit luar biasa saat membuka mulut, serta keluarnya cairan yang beraroma tidak sedap.

Baca Juga: 12 Tanda Sakit Jantung

Cara penyembuhan yang dilakukan dokter tergantung dari penyebab sakit gigi yang Anda derita. Contohnya, dokter mungkin akan melakukan penambalan apabila gigi Anda berlubang maupun perawatan saluran akar gigi apabila lubangnya telah mencapai pulpa (mengenai syaraf gigi).

Dokter kemungkinan juga akan melakukan prosedur cabut gigi apabila hal tersebut memang satu-satunya jalan terbaik.

Itulah beberapa cara meredakan sakit gigi yang dapat Anda coba di rumah. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.