Buah untuk Menurunkan Kolesterol

Posted on

buah untuk menurunkan kolesterol

Buah untuk Menurunkan Kolesterol – Apakah Anda penderita kolesterol? Kolesterol adalah salah satu unsur yang penting sebagai proses metabolisme. Namun, apabila kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Perlu Anda ketahui, kolesterol yang tinggi menyebabkan tumpukan lemak mengeras di dalam saluran pembuluh darah. Tumpukan lemak tersebut dapat menghambat aliran darah di dalam tubuh. Hal itu dapat mengakibatkan timbulnya penyakit jantung serta stroke.

Kolesterol tinggi diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu obesitas, kurang olahraga, stress, merokok serta mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh serta kolesterol tinggi seperti otak, kuning telur, jeroan, margarin, cumi-cumi, atau santan.

Kolesterol tinggi dapat dihindari dengan sejumlah metode yakni olahraga teratur, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, menjaga berat badan, hindari merokok dan stres. Tetapi, apabila Anda sudah terlanjur mengidap kolesterol tinggi, ada baiknya Anda segera mengubah pola hidup.

buah untuk menurunkan kolesterol

Biasanya, para pengidap kolesterol tinggi akan minum obat kimia guna menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bagi Anda yang tidak ingin minum obat kimia, maka Anda dapat mengonsumsi buah-buahan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Ternyata, terdapat beberapa jenis buah-buahan yang mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol yaitu buah yang memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh.

Tidak hanya melancarkan pencernaan, beberapa macam buah juga mampu menurunkan kolesterol tinggi. موقع قمار Dengan syarat, Anda mengonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin. العاب تجيب فلوس

Lantas, apa saja buah-buahan tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai buah untuk menurunkan kolesterol yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Jenis Buah untuk Menurunkan Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui!

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang banyak memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Melansir Mayo Clinic, studi membuktikan bahwa mengonsumsi buah alpukat setiap hari terbukti mampu menaikkan kadar kolesterol baik (LDL).

Kadar kolesterol baik yang tinggi pada buah alpukat ini dapat membantu mengontrol kadar kolesterol total pada seseorang yang obesitas atau memiliki berat badan berlebih.

Mulai sekarang, Anda dapat mengganti asupan berlemak jenuh seperti daging dengan makanan berasam lemak tak jenuh tunggal seperti alpukat ini.

Baca Juga: Manfaat Buah

2. Cranberry

Buah cranberry selama ini diketahui sebagai makanan yang sangat ampuh untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih. Sebuah riset terbaru membuktikan bahwa secara rutin mengonsumsi cranberry ternyata juga dapat mengontrol kadar kolesterol tetap stabil.

Dilansir dari Healthy, riset tersebut melibatkan 19 pengidap kolesterol tinggi yang rutin mengonsumsi tiga porsi jus cranberry sehari selama tiga bulan. Hasilnya, risiko penyakit jantung berkurang serta kadar kolesterol mereka menurun hingga 40 persen.

Pastikan untuk memilih buah yang segar apabila Anda hendak mengonsumsi buah yang mampu menurunkan kolesterol tinggi seperti cranberry. Jika hendak mengonsumsi cranberry dalam bentuk jus, Anda juga perlu memilih yang tidak diberi tambahan gula.

3. Grapefruit

Grapefruit atau jeruk limau gedang merupakan salah satu buah yang mampu menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Sebuah studi di Israel melibatkan 57 pria serta wanita yang baru melakukan operasi jantung.

Para responden tersebut memiliki kadar kolesterol yang tinggi serta tidak ada efek apapun ketika diberi obat statin guna menurunkan kolesterol. Sesudah mengonsumsi grapefruit setiap hari, kadar trigliseridanya menurun lebih dari 17 persen serta kadar kolesterol total mereka menurun sekitar 15 persen.

Hal yang harus diketahui, para penderita kolesterol yang hendak menurunkan kolesterol tinggi secara alami dengan grapefruit harus berkonsultasi ke dokter. Sebab, buah ini bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu.

Baca Juga: Manfaat Buah Ciplukan

4. Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang banyak memiliki kandungan likopen. Likopen merupakan antioksidan yang asalnya dari golongan kartenoid. Jenis antioksidan ini dapat menghindari oksidasi kolesterol jahat (LDL). Oksidasi kolesterol jahat merupakan penyebab pembentukan plak di pembuluh darah jantung.

5. Apel

Apel masuk dalam ketegori buah yang mampu menurunkan kolesterol karena memiliki kandungan antioksidan yang istimewa. Antioksidan yang terkandung pada apel hampir sama dengan obat penurun kolesterol jenis statin. Antioksidan ini dapat menstrimulasi hati guna membersihkan kolesterol jahat (LDL) dari darah.

Selain itu, antioksidan yang terkandung pada apel juga mencegah pemecahan kolesterol berbahaya. Konsumsi paling tidak satu buah apel setiap hari supaya kadar kolesterol terkontrol dan kesehatan prima.

Baca Juga: Manfaat Buah Lengkeng

buah untuk menurunkan kolesterol

6. Buah Pir

Pir merupakan buah dengan citarasa manis, renyah, dan banyak memiliki kandungan serat. Melansir AARP, buah pir kaya dengan kandungan senyawa pektin. Pektin tergolong bahan alami yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Sebelum kolesterol ini terserap oleh badan kita, pektin mengikat zat berbahaya ini serta mengeluarkannya dari tubuh. Salah satu yang menjadikan buah pir spesial, yaitu buah ini memiliki lebih banyak kandungan pektin daripada apel, pisang, jeruk, dan persik.

buah untuk menurunkan kolesterol

7. Stroberi, Rasberry, Blackberry

Berbagai macam beri seperti blackberry, rasberry, stroberi, serta blueberry masuk ke dalam kategori buah yang mampu menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Buah ini juga memiliki kandungan antioksidan polifenol yang mampu membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Sebuah riset dari Finlandia membuktikan bahwa mengonsumsi buah beri dipercaya mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) para pengidap kolesterol tinggi. Para peneliti yang melibatkan 72 pria dan wanita berumur paruh baya yang mengonsumsi 150 gram buah beri setiap hari selama delapan minggu.

Hasilnya, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol buruk (LDL) penderita tersebut dapat berkurang. Buah beri mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Sebab, asupan ini memiliki kandungan antioksidan jenis polifenol.

Baca Juga: Buah untuk Sembelit

buah untuk menurunkan kolesterol

8. Buah Plum

Buah yang mampu menurunkan kolesterol tinggi secara alami berikutnya yaitu buah plum. Riset membuktikan bahwa rutin mengonsumsi tiga hingga enam buah plum setiap pagi selama delapan minggu dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol darah.

Selain kolesterol darah, mengonsumsi buah plum juga mampu mengendalikan tekanan darah. Untuk memperoleh khasiat buah bagi kesehatan secara maksimal, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi buah atau sayur sebanyak 400 gram per hari.

Mengonsumsi buah atau sayur dapat dibagi menjadi lima porsi sehari, masing-masing sekitar segenggam atau sebanyak 80 gram. العاب وجوائز مالية حقيقية

Itulah beberapa jenis buah untuk menurunkan kolesterol yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.