Cara Membuat Masker Madu

7 Cara membuat masker madu untuk wajah yang mudah dan praktis

Cara Membuat Masker Madu
image from flickr.com

Cara membuat masker madu untuk wajah dan kecantikan kulit lainnya akan membuatnya tampak lebih sehat, cantik, dan terawat secara alami dan tentunya aman, karena menggunakan kombinasi bahan-bahan alami. Wanita mana yang tak ingin kulitnya terlihat makin halus, cerah dan terawat? Dipastikan jika hampir semua wanita menginginkan hal ini. Tak hanya wanita, beberapa pria pun juga ingin lho memiliki kulit wajah yang halus, cerah serta terawat. Alasannya tak lain karena kulit yang terawat bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Maka tidak heran, banyak dari mereka yang rela mengeluarkan banyak uang untuk berbagai perawatan kecantikan.

Sebenarnya Agar bisa tampil cantik dan menarik tidak perlu mahal. Anda bisa melakukan berbagai macam perawatan kecantikan ini sendiri di rumah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan cara membuat masker madu untuk kulit wajah. Perawatan menggunakan madu ini sebagai masker wajah sudah banyak di teliti oleh para ilmuan dan ahli kesehatan dimana bisa digunakan untuk menghaluskan dan mencerahkan wajah. selain itu juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah – masalah di wajah.

Masker dari madu ini mengandung beberapa senyawa yang mana terdiri dari enzim, antioksidan, dan anti bakteri yang bisa membantu dalam memaksimalkan dalam membersihkan kulit wajah. Selain itu, madu juga mempunyai zat pelembab alami yang sangat bagus untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Madu berkhasiat dalam mengurangi kelebihan minyak pada kulit dan akan membuat kulit tampak kencang. Berbagai jenis kulit bisa menggunakan masker madu ini. Masker wajah ini bisa digunakan 2 – 3 kali dalam seminggu. Dan untuk hasil yang maksimal, anda harus menggunakannya secara teratur.

 

Cara membuat masker madu untuk wajah 

Di dalam pembuatan masker wajah dengan menggunakan madu, anda juga bisa mengombinasikannya dengan berbagai bahan – bahan alami. Berikut ini adalah beberapa panduan mengenai cara membuat masker madu.

 

1. Masker madu dengan lidah buaya

Masker ini berkhasiat untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. Selain itu juga bisa digunakan untuk rambut dan kulit kepala dimana bisa digunakan untuk menyuburkan rambut. Cara membuatnya adalah sebagai berikut ini :

  • Campurkan satu sendok makan madu dengan dua sendok makan gel lidah buaya. Aduklah hingga semua tercampur rata.
  • Aplikasikan ramuan masker ini pada seluruh bagian wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah 10 menit, bilas dengan air hangat.
  • Selain dicampur dengan lidah buaya, anda juga bisa mencampurkannya dengan yogurt dan tea tree oil atau dengan air mawar yang bisa di peroleh di berbagai tempat.

 

2. Masker madu dan kayu manis

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan madu dan kayu manis, bukan? Namun ternyata ramuan ini juga mempunyai khasiat untuk mengencangkan kulit, loh. Anda juga bisa mencampur ramuan ini dengan tepung beras dan kunyit. Cara pembuatannya berikut ini

  • Siapkan satu sendok makan madu, 3 sendok teh tepung beras, 2 sendok teh bubuk kayu manis, dan 1 sendok teh kunyit.
  • Campur semua bahan – bahan tersebut. Aduklah sampai mengental.
  • Gunakan campuran masker ini ke seluruh bagian kulit wajah dan leher kecuali pada daerah mata dan mulut.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit atau sampai masker mengering. Setelah itu, bilaslah menggunakan air hangat.
  • Setelah menggunakan masker, jangan lupa untuk menggunakan pelembab ya

 

3. Masker wajah madu dan garam

Jenis masker dari madu dan garam ini sangat cocok untuk kulit berminyak saja dan berjerawat. Pemilik kulit kering tidak dianjurkan untuk menggunakannya karena akan menambah kulit semakin kering. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menggunakannya sebanyak dua kali dalam satu minggu. Cara mengatasi wajah berminyak  dengan madu sebagai berikut ini :

  • Cairkanlah satu sendok teh air garam dan 1 sendok teh air hangat. Setelah itu, campurkan dengan 3 sendok teh madu. Aduk hingga merata.
  • Aplikasikan masker tersebut dengan merata ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit, bersihkan masker dengan menggunakan handuk yang sudah di celupkan ke air hangat.
  • Cuci muka dengan menggunakan sabun untuk menghilangkan sisa – sisa masker yang menempel pada kulit wajah

 

4. Masker madu murni

Untuk para pengguna masker madu yang baru pertama kali, sebaiknya menggunakan masker madu murni terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakan yang lainya. Hal ini karena masker ini tanpa dicampur dengan apa pun dan cocok untuk semua jenis kulit. Cara membuatnya sebagai berikut ini, yaitu :

  • cucilah muka dengan menggunakan air hangat supaya pori – pori kulit anda terbuka.
  • oleskan madu ke seluruh bagian wajah anda secara tipis – tipis dan kemudian diamkanlah selama 10 menit.
  • bilas wajah anda dengan air hangat sampai bersih dan keringkanlah dengan handuk basah

 

5. Masker madu dan putih telur

Perpaduan madu dan putih telur sebagai bahan masker ini mempunyai khasiat untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Dengan begitu, kulit wajah anda akan nampak bersih dan cerah secara alami. Berikut ini adalah cara membuatnya

  • campurkan satu sendok makan madu dengan 1 butir putih telur . Aduklah hingga tercampur rata.
  • aplikasikan masker tersebut ke seluruh bagian kulit wajah anda dan ratakanlah. Tunggu sampai masker mengering.
  • setelah mengering, cuci hingga bersih wajah anda dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan menggunakan handuk

Baca juga: 10 Cara membuat masker putih telur untuk wajah dan rambut Anda

6. Masker madu dengan lemon

Memang sudah tidek bisa dipungkiri lagi bahwa lemon ini mempunyai khasiat dalam menjaga kecantikan kulit wajah. Kandungan Ph alami di dalam buah lemon dapat membantu di dalam mencerahkan rona kulit wajah dan juga bisa menyamarkan noda dan flek hitam pada wajah. Caranya adalah dengan mencampur madu dan perasan air lemon dan mengaplikasikannya pada seluruh bagian wajah anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menitan dan bilas wajah anda menggunakan air dingin lalu keringkan dengan menggunakan handuk kering

 

7. Masker madu, minyak zaitun dan beras

Perpaduan antara madu, minyak zaitun dan beras mempunyai khasiat untuk memutihkan kulit wajah. Berikut ini ada berbagai macam cara untuk membuat masker wajah tersebut yaitu :

  • rendamlah beras pada sore hari sampai beras benar – benar berubah menjadi lunak. Tumbuk beras sampai halus dan kemudian jemur sampai kering sehingga menjadi tepung beras.
  • ambil 2 sendok makan tepung beras dan campur dengan 2 sendok makan madu. Aduklah sampai menjadi adonan mirip dengan pasta. Campurkan sedikit minyak zaitun di dalamnya agar adonan masker tidak terlalu lengket.
  • setelah jadi, aplikasikan pada wajah. Tunggu sampai masker mengering dan bilas dengan sabun dan air bersih

Nah, bagaimana? Cukup mudah bukan membuat masker madu untuk wajah ini. Yuk, kalau sudah tahu manfaat dan khasiatnya segera saja di praktikan sendiri di rumah ya. Jangan lupa untuk menggunakannya secara teratur agar hasilnya maksimal.