6 Cara menghilangkan jerawat dengan madu secara alami

Kecantikan, Perawatan
cara menghilangkan jerawat dengan madu
image from flickr.com

Cara menghilangkan jerawat dengan madu yang mudah dan praktis sekaligus cara meraciknya dengan bahan-bahan alami lainnya. Sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit wajah bisa memicu penyumbatan di kelenjar minyak. Kondisi itu terus berlanjut bila terjadi infeksi bakteri dan akhirnya terjadi peradangan. Jerawat pun muncul dengan warna kemerahan dan memicu kulit mengeluarkan bintik-bintik atau komedo. Madu dipercaya memiliki sifat anti oksidan, anti bakteri dan anti radang. Sehingga Anda bisa menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan madu.

 

Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jerawat sangat dipercaya bisa melenyapkan jerawat hingga tuntas, sehingga kulit wajah akan nampak lebih cantik bercahaya. Madu sangat banyak jenisnya, tetapi yang dianggap paling ampuh dalam mengatasi jerawat berasal dari Selandia Baru. Madu manuka adalah sebutan bagi jenis madu asal negara tersebut. Kehebatannya itu karena madu tersebut mempunyai kemampuan tinggi sebagai penyembuh luka dan anti bakteri.

Madu memang sudah diandalkan untuk permasalahan kulit sejak dahulu kala. Oleh karena kandungan anti peradangan dan anti bakterinya sangat tinggi. Berbagai zat yang terkandung di dalam madu dapat mengatasi serangan jamur dan bakteri. Ketika Anda mengoleskan madu pada permukaan kulit maka bisa diandalkan sebagai pelindung, pelembab dan sekaligus sebagai nutrisi agar luka cepat sembuh.

Seperti diketahui jerawat mudah muncul kalau pori-pori kulit mengalami penyumbatan, sel kulit mati, produksi minyak yang berlebihan dan serangan bakteri. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengatasi derita jerawat adalah dengan melenyapkan infeksi bakterinya dan menghilangkan peradangannya. Selain itu juga obat yang digunakan harus bisa membantu kecepatan proses regenerasi sel dan mengurangi kadar minyak di kulit wajah.

Penelitian ilmiah menerangkan kalau madu manuka terbukti yang paling efektif guna mengobati luka ketimbang jenis madu lain. Memang peneliti belum bisa memastikan cara kerja madu, sehingga bisa mengatasi jerawat. Namun, sudah banyak orang yang membuktikan dirinya bisa sembuh dari jerawat dengan memakai madu sebagai maskernya.

Khasiat selain menyembuhkan jerawat, madu juga bisa mengobati luka bakar, baik karena paparan terik matahari, api dan sebagainya. Madu juga bisa diandalkan untuk pengobatan luka kronis di kaki, luka akibat operasi dan luka sayatan benda tajam. Bahan alami ini juga terbukti bisa mengurangi kadar nanah dan baunya pada luka, mempercepat waktu penyembuhan, mengurangi rasa nyeri, menghilangkan infeksi dan membersihkan luka.

Madu juga sangat efektif dalam meredakan batuk, kalau dikonsumsi sebelum tidur. Madu akan bekerja untuk meningkatkan produksi air liur, sehingga tercipta lendir pada saluran pernafasan. Kondisi ini menyebabkan saluran pernafasan menjadi basah dan batuk pun sembuh. Konsumsi madu rutin setiap hari juga efektif dalam menekan kadar kolesterol, gula darah dan berat badan khususnya bagi penderita diabetes melitus.

 

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Madu

Anda bisa meramu madu murni sebagai masker wajah agar bisa menyingkirkan jerawat. Bisa juga mencampurkan madu dengan berbagai bahan alami lainnya seperti lemon, gula, kunyit, kayu manis dan sebagainya. Dengan begitu, khasiatnya lebih hebat dalam menuntaskan permasalahan jerawat yang menjengkelkan. Nah, berikut ini resep sebagai cara menghilangkan jerawat dengan madu.

1. Madu murni

Manfaat masker madu untuk wajah sangat menakjubkan, salah satu diantaranya dapat menyingkirkan jerawat di wajah. Gunakan madu dengan takaran yang pas untuk dioleskan pada permukaan kulit wajah. Anda bisa memakai kapas atau jari untuk meratakan masker madu tersebut. Dengan begitu semua bagian yang ditumbuhi jerawat bisa terpapar khasiat madunya. Tunggulah sekitar 30 menit agar kandungan madu terserap dengan sempurna di dalam lapisan kulit.

Kalau mau membiarkan ramuan itu melekat di wajah selama tidur bisa mengaplikasikan perban pada muka. Sesudah itu bisa membasuhnya dengan air hangat. Tentunya tidak bisa sekali pakai langsung hilang jerawatnya. Anda harus rutin menerapkan cara ini setiap hari, agar jerawat bisa disingkirkan dan kulit wajah nampak semakin bersih dan berseri.

2. Perpaduan madu dan kunyit

Cara membuat masker madu untuk menyingkirkan jerawat dari wajah Anda cukup simpel. Campurkan satu sendok makan cairan madu dengan bubuk kunyit dengan takaran seperdelapan dari sendok teh. Bumbu dapur ini efektif dalam mengatasi kemerahan, rasa nyeri, membunuh bakteri karena mengandung antiseptik dan sebagai anti radang. Kalau sudah tercampur merata bisa menggunakannya sebagai masker dan mendiamkannya selama 25 menit. Sesudah itu bisa membasuhnya memakai air hangat, dan keringkan memakai handuk dengan menepuk-nepuknya secara perlahan.

3. Kombinasi madu dan kayu manis

Anda bisa mencampurkan madu sebanyak dua sendok dengan bubuk kayu manis dengan takaran satu sendok teh saja. Aduklah secara merata agar kedua bahan itu tercampur secara sempurna dan bertekstur seperti pasta. Setelah itu bisa digunakan sebagai masker wajah dan membiarkannya selama kurang lebih 20 menit. Kalau sudah bisa membersihkannya memakai air dan terapkan cara itu setiap hari.

4. Kombinasi madu dan lemon

Sebelum mengaplikasikan ramuan kecantikan ini, pastikan Anda sudah membersihkan muka dengan lembut. Lalu mengeringkan wajah dengan menepuk-nepuk saja memakai handuk kering. Untuk membuat ramuannya dengan memeras satu buah lemon. Kemudian air perasan lemonnya dicampur dengan madu dengan takaran dua sendok teh.

Pastikan kedua bahan ini sudah tercampur dengan sempurna, sebelum dioleskan pada kulit wajah. Setelah itu, bisa membiarkan ramuan menempel pada wajah sekitar 25 menit. Sesudah itu Anda bisa membasuh muka dengan air hangat dan mengeringkannya dengan handuk bersih. Anda disarankan hanya menerapkan cara ini sebanyak dua kali saja dalam seminggu.

Baca juga: 5 Cara menghilangkan jerawat dengan lemon secara alami

5. Campuran madu serta scrub gula

Cara pembuatan ramuan untuk jerawat ini dengan mencampurkan gula merah, gula pasir serta madu. Kalau sudah tercampur dengan merata baru bisa dipakai sebagai masker wajah. Agar kandungan ramuan ini terserap dengan sempurna ke dalam lapisan kulit wajah, maka lakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam. Langkah selanjutnya adalah membersihkan wajah memakai air hangat.

6. Ramuan madu dicampur aspirin

Selain bisa mengandalkan berbagai bahan tambahan di atas, Anda juga bisa memakai aspirin sebagai penghilang jerawat. Caranya dengan mencampur pil aspirin sebanyak 3-5 biji dengan satu sendok madu. Aspirin berfungsi sebagai anti radang, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri dan kemerahan pada kulit. Asam salisilat juga terkandung di dalam aspirin, sehingga membantu mengelupas kulit dan membersihkan pori-pori kulit.

Langkah pertama dengan menghaluskan aspirin, tambahkan sedikit air dan madu. Lalu bisa mengoleskannya pada kulit wajah dan membiarkannya selama 15 menit. Kalau sudah bisa membilasnya memakai air. Anda juga bisa mengolesi jerawatnya saja dan mendiamkannya melekat semalaman. Lalu baru keesokan harinya bisa membasuhnya dengan air.

Nah, itulah khasiat luar biasa dari madu untuk khususnya dalam mengatasi jerawat. Termasuk bagaimana meracik ramuan yang tepat agar memberikan khasiat yang maksimal. Dengan menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan madu secara tepat dan teratur, maka kesembuhan bisa segera dirasakan. Cara pengobatan jerawat ini relatif aman tanpa efek samping. Dengan catatan Anda selalu mematuhi takaran yang tepat dalam penggunaannya.