5 Cara menghilangkan jerawat dengan lemon secara alami

cara menghilangkan jerawat dengan lemon
cara menghilangkan jerawat dengan lemon
image from www.pexels.com

Cara menghilangkan jerawat dengan lemon yang mudah dan bekerja cukup efektif dengan mengkombinasikannya dengan bahan-bahan lain seperti madu, putih telur, dan air mawar. Jerawat merupakan penyakit kulit yang terjadi akibat penyumbatan pori-pori kulit wajah, sehingga menyebabkan bakteri menumpuk dan memicu munculnya jerawat. Diperkirakan sekitar 80% orang pada kelompok usia 11 sampai 30 tahun mengalami jerawatan dalam hidup mereka.

Bahkan terkadang jerawat juga dapat mempengaruhi orang di usia 40 hingga 50an. Sebenarnya jerawat bukan kondisi kulit wajah yang berbahaya, tetapi tentu saja akan membuat orang yang mengalaminya merasa risih. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga meradang sehingga menyebabkan sakit pada bagian wajah.

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara efektif, salah satu bahan tersebut adalah lemon. Menghilangkan jerawat dengan lemon bukan hanya murah, tetapi juga bekerja cukup efektif dan pastinya aman. Selain itu, Anda bisa menyiapkan nya sendiri di rumah.

 

Manfaat lemon untuk menghilangkan jerawat

Bagaimana lemon dapat menghilangkan jerawat di wajah anda?. Lemon memiliki beberapa nutrisi penting yang memiliki sifat pencegahan sekaligus mengatasi jerawat. Berikut beberapa manfaat dari lemon sehingga cukup efektif digunakan sebagai bahan penghilang jerawat.

Efek pengelupasan kulit: Lemon dan buah jeruk mengandung asam sitrat yang membantu proses pengelupasan kulit yang terkena jerawat. Pengelupasan kulit ini merupakan langkah penting untuk menghilangkan jerawat dari wajah anda. Penggunaan lemon secara topikal mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran sekaligus membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Penyumbatan pada pori-pori merupakan penyebab utama munculnya jerawat di wajah.

Membunuh bakteri: Air lemon bersifat antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah. Lemon juga mengandung asam askorbat dan phytoncides yang bermanfaat membunuh serta menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Mengurangi peradangan: lemon memiliki sifat penyembuhan alami yang mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit wajah yang terkena jerawat. Kemampuannya ini menjadikan lemon sebagai obat jerawat yang cukup ampuh. Salah satu cara menghilangkan jerawat dengan lemon adalah menerapkannya secara topikal yang insya Allah akan kita bahas.

Memutihkan kulit wajah: selain menghilangkan jerawat, lemon juga mengandung vitamin C yang bertindak sebagai pemutih kulit. Kemampuannya tersebut dapat membantu menghilangkan bekas jerawat seperti flek hitam. Sifat pemutihnya juga bekerja dengan cara menyamarkan flek hitam sehingga membuatnya menjadi tidak terlihat.

Mengeringkan jerawat: lemon mengandung asam L-Ascorbic yang bertindak sebagai astringent alami. Penggunaan lemon secara topikal pada kulit wajah dapat mengeringkan jerawat sekaligus mengobatinya secara cepat.

Melawan radikal bebas: Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi kerusakan radikal bebas pada kulit wajah. Dari kemampuannya tersebut, membuat lemon bermanfaat mengurangi jerawat secara alami. Selain itu, kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat mengencangkan kulit wajah secara alami sekaligus meremajakannya.

 

Cara menghilangkan jerawat dengan lemon

Untuk menghilangkan jerawat dengan lemon ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Beberapa diantaranya adalah mencampurkan lemon dengan bahan-bahan lainnya. Beberapa bahan tersebut seperti madu, yoghurt, air mawar dan telur. Hal ini bertujuan untuk memperkuat efek penghilang jerawat yang dimiliki lemon. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan lemon secara alami yang perlu Anda ketahui:

 

1. Air lemon

Air lemon berguna menghilangkan kotoran dan pori-pori kulit yang tersumbat akibat kulit mati. Penerapan air lemon untuk menghilangkan jerawat dianggap sebagai metode paling mudah yang bisa dilakukan sekaligus bekerja cukup efektif. Sehingga anda perlu mencobanya. Berikut langkah yang ahrus anda lakukan:

  • Siapkan 1 buah lemon berukuran sedang setelah itu belah menjadi dua bagian.
  • Ambil airnya kemudian gunakan pada wajah anda dan biarkan selama 5 menit.
  • Bersihkan wajah anda dengan air sampai tidak ada lemon yang tersisa.
  • Lakukan paling tidak dua kali dalam seminggu untuk membantu Anda menghilangkan jerawat di wajah.

 

2. Jus lemon dan air mawar

Sifat astringent yang dimiliki air mawar dapat menghilangkan kelebihan minyak di kulit wajah anda. Kemampuannya ini berguna mencegah munculnya jerawat. Sedangkan sifat antiperadangan nya akan mengurangi kemerahan pada jerawat. Tidak berhenti sampai di situ, air mawar juga bermanfaat menghidrasi kulit sehingga mengurangi iritasi yang disebabkan oleh jerawat. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan lemon dan air mawar:

  • Pertama bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan sabun khusus wajah.
  • Setelah itu, tepuk sampai kering dengan handuk.
  • Ambil satu sendok makan jus lemon dan air mawar kemudian masukkan ke dalam mangkuk dan aduk hingga merata.
  • Masukkan bola kapas ke dalam mangkuk yang berisi cairan lemon dan air mawar tadi, kemudian terapkan pada wajah anda.
  • Biarkan selama 10 menit agar cairan bisa meresap pada jerawat

 

3. Lemon dan madu

Sifat antibakteri yang dimiliki madu berguna membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan sifat antioksidannya mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit wajah. Madu juga memiliki sifat penyembuhan luka yang sangat baik. Bahkan madu sering digunakan sebagai obat topikal untuk luka bakar. Sehingga penggunaan madu untuk menghilangkan jerawat bersama lemon patut dicoba. Cara penerapannya:

  • Masukkan satu sendok makan jus lemon dan 1 sendok makan madu ke dalam mangkuk.
  • Aduk kedua bahan tadi hingga menyatu sempurna.
  • Oleskan pada area wajah yang terkena jerawat dengan ujung jari.
  • Biarkan tetap di wajah anda selama 5 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

Catatan: Sebaiknya gunakan madu manuka yang telah terbukti sebagai obat yang mujarab untuk beberapa masalah kulit seperti jerawat.

 

4. Lemon dan mentimun

Kita semua tahu bahwa mentimun adalah bahan yang menawarkan banyak manfaat untuk perawatan kulit termasuk jerawat. Mentimun sarat akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, kalium dan air. Vitamin A bertindak sebagai antioksidan yang terbukti dapat menangkal efek merugikan radikal bebas. Sedangkan kadar Kalium yang tinggi dalam mentimun mampu mencegah munculnya jerawat di wajah. Selain itu, mentimun juga berfungsi sebagai toner yang baik untuk membuka pori-pori kulit sehingga membuat pembuangan kotoran bisa berjalan maksimal. Berikut menghilangkan jerawat dengan lemon dan mentimun:

  • Pertama ambil mentimun berukuran sedang setelah itu kupas dan potong menjadi kecil-kecil.
  • Masukkan ke dalam blender setelah itu tambahkan dengan satu sendok makan jus lemon.
  • Oleskan campuran tadi pada area wajah yang terdapat jerawat dan bilas setelah 20 menit.
  • Gunakan ramuan ini dua kali dalam seminggu untuk membantu menghilangkan jerawat di wajah.

Artikel lainnya: 5 Cara menghilangkan jerawat dengan tomat secara alami

 

5. Lemon dan putih telur

Putih telur memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah, di antaranya adalah mengencangkan kulit wajah dan menghilangkan jerawat secara alami. Selain itu, putih telur juga dapat bertindak sebagai pembersih alami kulit dengan cara menarik kotoran.Putih telur juga diketahui mampu menarik kelebihan minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Cara menggunakan putih telur dan lemon sebagai obat penghilang jerawat:

  • Ambil 1 butir telur kemudian pisahkan dengan kuningnya.
  • Tambahkan dengan 2 sendok makan lemon ke dalam putih telur tersebut kemudian kocok hingga teksturnya lebih encer.
  • Sebelum menerapkan ramuan ini, bersihkan wajah anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, oleskan putih telur dan lemon pada area yang terdapat jerawat selama 7 menit. Setelah selesai Anda bisa membilasnya sampai bersih.

Bagaimana, cara menghilangkan jerawat dengan lemon sangat mudah kan?. Anda bisa menerapkannya secara rutin di rumah untuk membantu menyingkirkan jerawat yang mengganggu.