Manfaat masker tomat untuk wajah

13 Manfaat masker tomat untuk wajah yang cukup menakjubkan

Masker wajah
Manfaat masker tomat untuk wajah
image from pixabay.com

Manfaat masker tomat untuk wajah yang cukup menakjubkan serta bagaimana cara menggunakannya untuk mengatasi berbagai macam masalah kecantikan kulit. Salah satu bahan dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah yang alami adalah tomat. Tomat sangat berguna untuk mengatasi banyak masalah kulit wajah karena mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan antioksidan dalam tomat juga berperan penting dalam berbagai macam fungsi tubuh kita, sedangkan kandungan vitamin C dalam tomat sangat mendominasi manfaatnya untuk wajah.

Para wanita mulai beralih dari produk berbahan kimia menggunakan bahan alami untuk perawatan wajah mereka. Hal ini bukannya tanpa sebab, penggunaan bahan kimia dalam jangka panjang ternyata memang berdampak buruk bagi kesehatan apalagi saat diterapkan pada kulit wajah. Di antara kulit bagian tubuh lainnya wajah merupakan salah satu yang paling sensitif.

 

Manfaat masker tomat untuk wajah

Bahan yang cukup berpotensi besar digunakan sebagai masker wajah untuk merawat kulit adalah tomat. Tomat bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya agar manfaatnya jauh lebih terasa. Berikut daftar selengkapnya mengenai manfaat masker tomat untuk wajah yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Meningkatkan cahaya alami kulit Anda

Tertarik ingin memiliki kulit yang putih dan bercahaya? sebaiknya jangan lupakan penggunaaan masker tomat. Tomat mengandung vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan kecerahan kulit anda. Vitamin C sudah sering digunakan sebagai bahan utama produk kecantikan yang di antara salah satu fungsinya adalah memutihkan wajah secara alami. Hal ini juga lah yang mendasari tomat sangat baik untuk kulit wajah anda.

Penggunaan tomat sebagai bahan pemutih wajah sangat direkomendasikan dibandingkan menggunakan produk pemutih wajah lainnya. Hal ini dikarenakan tomat dapat bekerja cukup efektif dan tentunya sangat minim efek samping. Belum lagi saat menggunakan tomat Anda juga akan mendapatkan kulit yang lebih sehat.

Cara menggunakannya: Ambil 1 buah tomat berukuran besar lalu haluskan dengan cara memasukkannya ke dalam blender. Saat tomat sudah mulai halus terapkan ke kulit wajah anda secara merata. Diamkan sekurang-kurangnya 30 menit untuk membuat kulit wajah menyerap nutrisi dari tomat tersebut.

2. Mencegah penuaan pada kulit wajah

Cara yang paling efektif untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan adalah dengan menerapkan masker tomat secara rutin. Hal ini dikarenakan tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen. Senyawa ini sangat penting sekali dalam melindungi kulit wajah kita dari polusi dan juga oksidasi. Menerapkan masker tomat secara rutin akan membuat kulit anda tampak lebih muda dan pastinya cantik alami. Manfaat masker tomat untuk wajah ini bisa didapat hanya dengan rutin menggunakan masker tomat paling tidak 1 sampai 2 kali seminggu.

3. Tomat mampu membersihkan kulit wajah anda

Debu dan polutan dapat merusak kesehatan kulit wajah. Ini sering menjadi masalah paling utama bagi kebanyakan wanita. Wajah yang kotor akan menempatkannya pada risiko yang tinggi untuk mengalami jerawat. Selain dapat menyebabkan jerawat, wajah yang kotor tentunya akan membuat cahaya alami dari kulit tertutupi. Hal ini pastinya tidak anda inginkan. Untungnya tomat hadir sebagai pembersih alami yang dapat menghilangkan kotoran dan debu dengan cepat dan aman.

Cara memanfaatkan masker tomat untuk membersihkan wajah anda. Langkah pertama haluskan tomat yang sudah masak hingga teksturnya benar-benar menyerupai pasta. Setelah itu, balurkan ke seluruh wajah hingga merata sampai semuanya tertutupi. Tunggu beberapa menit untuk membuat tomat menyerap semua kotoran di wajah anda. Setelah selesai, bersihkan dengan cara membilas wajah dengan air sampai tidak ada masker tomat yang tersisa.

4. Mengangkat sel kulit mati di wajah

Sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit wajah dapat menjadi masalah tersendiri. Selain dapat menyumbat pori-pori, hadirnya sel kulit mati tersebut juga bisa memicu jerawat. Oleh sebab itu melakukan proses pengangkatan sel kulit mati sangat penting sekali. Diantara bahan alami yang bisa dimanfaatkan adalah tomat. Masker tomat bekerja sangat efektif dalam menghapus sel-sel kulit mati yang menempel. Penggunaan tomat juga relatif lebih aman karena bahan ini sangat lembut sekali sehingga bisa menghindari iritasi pada kulit wajah Anda.

Cara mengangkat sel kulit mati di wajah dengan tomat sangat cepat dan kurang dari 30 menit. Pertama gunakan tomat yang sudah dihaluskan terlebih dahulu sebagai masker wajah dengan cara menerapkannya secara merata pada permukaan kulit. Gosok dengan lembut untuk mengelupaskan sel kulit mati yang masih menempel. Lakukan selama setidaknya 5 menit kemudian diamkan sekitar 20 menit. Langkah terakhir bilas wajah anda sampai bersih maka sel kulit mati akan hilang bersama dengan air bilasan tersebut.

5. Membuat kulit wajah anda lebih kencang

Kandungan vitamin C dalam masker tomat berperan penting dalam membantu mengencangkan kulit wajah secara alami. Vitamin C merupakan nutrisi utama yang berguna meningkatkan produksi kolagen. Kolagen ini adalah protein yang menyusun kebanyakan sel tubuh kita termasuk kulit. Jika produksi kolagen berjalan dengan baik maka kesehatan kulit akan terjaga.

Untuk memiliki kulit wajah yang kencang dan elastis mencukupi kebutuhan vitamin C sangatlah penting sekali. Manfaat masker tomat untuk wajah ini bisa dirasakan terutama saat menggunakannya secara rutin dan harus konsisten. Gunakan masker tomat paling tidak satu minggu sekali agar kulit anda bisa ternutrisi dengan baik dari kandungan vitamin C dalam tomat.

6. Mencegah munculnya kerutan di wajah

Salah satu tanda-tanda penuaan yang paling umum adalah munculnya kerutan di wajah. Tanda-tanda penuaan ini bisa disebabkan oleh banyak hal tapi yang paling sering adalah polusi, radikal bebas dan sinar matahari. Anda bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan lebih awal yaitu dengan menggunakan masker tomat. Tomat mengandung banyak senyawa antioksidan seperti likopen dan vitamin C, di mana keduanya sangat penting sekali dalam melindungi kulit wajah dari efek merusak radikal bebas. Dengan penerapan masker tomat secara rutin maka kerutan di wajah bisa diminimalisir.

7. Tomat mampu menghilangkan jerawat

Salah satu masker wajah yang cukup efektif untuk menghilangkan jerawat di wajah adalah tomat. Tomat berperan penting dalam membersihkan wajah anda sekaligus mengurangi peradangan pada jerawat. Manfaat masker tomat untuk wajah yang satu ini bisa didapat hanya dengan menerapkannya ke seluruh area wajah yang terdapat jerawat secara rutin. Anda bisa menambahkan campuran bahan lainnya agar hasilnya bisa lebih maksimal. Beberapa bahan yang bisa dijadikan campuran diantaranya adalah minyak zaitun, minyak kelapa, atau mentimun.

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat dan minyak zaitun: Pertama campurkan satu buah tomat halus dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk keduanya sampai merata lalu aplikasikan ke wajah yang terdapat jerawat. Diamkan sekitar 20 menit kemudian Anda bisa membersihkannya hingga tidak ada masker tomat yang menempel di wajah.

8. Tomat sebagai pelembab alami kulit

Ingin memiliki wajah yang lembab secara alami? Tidak ada salahnya dengan menggunakan tomat sebagai bahan perawatan. Untuk melakukannya Anda membutuhkan bahan lainnya yaitu lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk wajah sangat banyak sekali sehingga saat kombinasikan dengan tomat maka khasiatnya akan jauh lebih maksimal. Masker wajah dari tomat dan lidah buaya bukan hanya melembabkan kulit, tetapi juga sangat efektif dalam menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit wajah, dan membersihkannya secara alami.

Keduanya merupakan paket yang sangat sempurna untuk kecantikan kulit wajah anda. Cara menggunakan masker tomat dan lidah buaya untuk melembabkan kulit sangat mudah. Pertama haluskan tomat dan lidah buaya dengan cara memasukkannya ke dalam blender. Nyalakan blender hingga kedua bahan tadi menyatu dan berbentuk seperti pasta. Gunakan sebagai masker wajah selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah selesai bilas hingga bersih.

9. Melindungi kulit wajah dari sengatan matahari

Berada di luar ruangan dalam waktu yang lama akan berdampak kurang baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari berlebih dapat membakar kulit wajah anda. Untuk menghindari hal ini anda bisa menggunakan masker tomat. Tomat diperkaya dengan antioksidan penting seperti likopen yang memiliki kemampuan dalam melindungi kulit wajah anda dari kerusakan akibat sinar UV berlebih.

Caranya balurkan pasta tomat ke seluruh area wajah anda yang terdapat kemerahan akibat sengatan sinar matahari berlebih. Ini akan mencegah munculnya gosong atau kulit wajah yang menghitam akibat terbakar sinar matahari.

10. Mengontrol kelebihan minyak di wajah

Memiliki wajah berminyak akan membuatnya mudah kotor dan berjerawat. Selain itu, wajah yang berminyak juga akan mengganggu penampilan karena kulit akan terlihat lebih mengkilap. Untuk menghilangkan kelebihan minyak, Anda bisa menggunakan masker tomat secara rutin. Hal ini dikarenakan salah satu manfaat masker tomat untuk wajah adalah menyerap minyak berlebih tersebut.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan tomat cukup dengan menempelkan irisan tomat ke seluruh area wajah. Biarkan selama setengah jam atau sampai masker tomat menyerap semua minyak di wajah anda. Metode ini bisa dengan cepat menghapus kelebihan minyak yang tidak diinginkan sekaligus membuat wajah tampak lebih lembab alami.

11. Singkirkan komedo dari wajah anda

Tomat memiliki kemampuan detoks yang sangat baik di mana hal ini berguna menghisap racun dari dalam pori-pori. Kemampuannya tersebut akan membantu menghilangkan kotoran, polusi, dan juga racun yang berada di permukaan kulit wajah anda. Dari kemampuannya tersebut membuat masker tomat sangat ideal digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan komedo. Komedo bisa terjadi akibat kotoran atau minyak berlebih.

12. Menyamarkan flek hitam bekas jerawat

Munculnya bercak hitam di kulit wajah yang diakibatkan oleh bekas jerawat akan membuat kulit tampak kotor. Selan bekas jerawat, sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan flek hitam di wajah termasuk paparan sinar matahari dan penuaan. Semua flek hitam tersebut bisa disamarkan hanya menggunakan masker tomat.

Kandungan vitamin C dalam tomat berperan penting dalam mencerahkan kulit sehingga mengurangi noda hitam tersebut. Penggunaan masker tomat untuk menghilangkan flek hitam di wajah harus dilakukan secara rutin. Jadi, anda tidak bisa serta merta menghilangkannya hanya dalam dua atau tiga kali pemakaian.

13. Masker tomat untuk megecilkan pori-pori kulit wajah

Pori-pori yang membesar akan memudahkan kotoran untuk masuk sehingga menyebabkan masalah pada kulit wajah. Hal ini bisa dicegah dengan menggunakan masker tomat secara rutin. Masker tomat mampu mengencangkan kulit wajah sekaligus mengecilkan pori-pori yang membesar.

Cara mengecilkan pori-pori kulit wajah menggunakan tomat yang pertama adalah dengan menghaluskan nya terlebih dahulu, kemudian menambahkannya dengan madu. Terapkan ke seluruh permukaan kulit sebagai masker wajah lalu diamkan hingga kandungan nutrisi dalam tomat bekerja dengan baik. Jika dirasa cukup, bersihkan masker tomat dari wajah anda sehingga tidak ada yang tersisa.

Ternyata manfaat masker tomat untuk wajah sangat banyak sekali. Jadi dari ke semua manfaatnya tersebut mana yang paling mengagumkan menurut anda?