Manfaat Masker Aloe Vera, Beserta Efek Sampingnya Awas Hati-hati..!!

Posted on

 

Manfaat Masker Aloe Vera-Lidah buaya yaitu tanaman serbaguna dan bisa kita olah menjadi berbagai produk skin care ataupun kosmetik. Apakah anda sedang mencari cara natural untuk merawat kulit wajah dan tubuh? masker lidah buaya mungkin dapat jadi solusinya.

Masker natural ini ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai dilema kulit yang tentunya sayang jika dilewatkan. Apa saja manfaatnya?

Berbagai Macam Gizi yang Ada Dalam Lidah Buaya

Lidah buaya yaitu jenis tanaman berduri dan memiliki warna hijau dan terdapat bercak kekuningan dan bentuk agak meruncing pada bagian ujung. Daun lidah buaya tidak memiliki tulang, sementara dagingnya tebal dan banyak mengandung gel atau getah.

Bagian tanaman yang umum diolah sebagai obat herbal atau produk kecantikan yakni daging dan getahnya. Penelitian mengatakan bahwa lidah buaya kaya akan senyawa dan gizi penting yang baik untuk tubuh.

Lidah buaya sering dihasilkan bahan baku masker wajah natural karena kaya akan gizi berupa:

  1. Vitamin A, C, B12, E,
  2. Asam folat,
  3. Kolin, serta berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan natrium.

Aloe vera memiliki kandungan enzim yang berguna mengurangi peradangan pada kulit serta mengatasi gula dan lemak dalam tubuh. Tidak hanya itu,  lidah buaya juga memiliki 7 dari 8 asam amino esensial yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat lidah buaya tidak hanya sampai disini saja. Penelitian juga menemukan bahwa lidah buaya yakni salah satu tanaman yang memiliki sifat antiradang, antiseptik, antivirus, antibakteri, dan analgesik.

Baca juga  Bedak Pixy Untuk Kulit Sawo Matang Dan Berminyak

Manfaat Masker Aloe Vera

Manfaat Masker Aloe Vera

Kandungan gizi lidah buaya sering sekali dimanfaatkan sebagai masker wajah. Tujuan penggunaan masker yaitu untuk merawat dan mengobati berbagai dilema kulit serta rambut.

Gel aloe vera memberi manfaat untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara natural. Ini juga alasan mengapa masker lidah buaya sering dihasilkan salep natural untuk mengobati luka bakar serta mengatasi dilema kulit berkaitan dengan paparan sinar matahari.

Sejumlah studi menemukan bahwa lidah buaya bisa mengatasi jerawat, ruam, dan iritasi kulit. Tak hanya itu, penggunaan gel tanaman ini diyakini bisa mengatasi gatal imbas gigitan serangga dan alergi, bekas luka, sampai gejala psoriasis.

Apabila anda memiliki rambut yang kusut ataupun rontok anda bisa mengoleskan masker lidah buaya pada kulit kepala. Kandungan enzim pada lidah buaya bisa mengangkat sel kulit mati dan memberikan gizi ke akar rambut sehingga rambut tumbuh lebih kuat dan halus.

Sedangkan gel lidah buaya sendiri sangat banyak manfaatnya, perlu diingat bahwa penelitian berkaitan manfaat masker aloe vera masih perlu diteliti lebih lanjut. Sebagian studi sampai sekarang masih tergolong kecil dan belum memberikan banyak bukti yang kuat.

Karena itu, jangan asal-asalan ketika memakai masker lidah buaya tanpa memahami manfaat dan resikonya. Pemilik kulit sensitif atau riwayat alergi secara khusus, rentan mengalami efek samping penggunaan lidah buaya sehingga wajib ekstra lebih hati-hati.

Panduan membuat masker lidah buaya

Untuk membeli masker ini tidak perlu menguras kantong karena harganya sangat terjangkau dipasaran, anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih murah, bahan-bahan yang dipakai juga lebih terjamin keasliannya.

Cara membuat masker lidah buaya rumahan yakni sebagai berikut :

Baca juga  Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick

1. Masker lidah buaya murni

Bentuk masker aloe vera ini terbilang simpel. Fungsi utamanya untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat, kenyal, dan bendung dari unsur-unsur lingkungan yang bisa menyebabkan kerusakan.

Manfaat Masker Aloe Vera

Berikut cara membuat dan mengaplikasikan masker aloe vera murni :

  1. Siapkan lidah buaya dan cuci sampai benar-benar bersih
  2. Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih jernih
  3. Cukup oleskan daging lidah buaya secara merata pada permukaan kulit
  4. Tunggu sebagian menit supaya gel lidah buaya menyerap ke kulit
  5. Cuci wajah anda sampai bersih

Pakailah masker setidaknya dua kali dalam seminggu sebelum tidur atau pada saat anda sedang bersantai.
Anda juga bisa memakai masker ini untuk merawat rambut. Jangan lupa oleskan lidah buaya secara menyeluruh dan rata dari akar hingga ujung rambut anda sambil memijat kepala. Diamkan selama sekitar satu jam, kemudian bilas rambut anda sampai bersih.

2. Masker lidah buaya dan lemon

Gel lidah buaya berguna untuk melembabkan kulit, vitamin C dari lemon akan membantu mencerahkan kulit wajah anda. Tidak hanya itu saja, sifat asam yang dimiliki lemon dapat mencegah masuknya bakteri penyebab jerawat.

Berikut sistem membuat dan mengaplikasikan masker aloe vera dan lemon.

  1. Siapkan lidah buaya dan cuci sampai benar-benar bersih
  2. Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih jernih
  3. Campurkan gel dengan perasan satu buah lemon, kemudian aduk hingga rata
  4. Simpan campuran lidah buaya dan lemon dalam kulkas skurang lebih satu jam
  5. Oleskan pada wajah tiap-tiap malam sebelum tidur
  6. Diamkan sebagian menit dan bilas wajah Anda sampai bersih bersih

Resiko Penggunaan Masker Pada Kulit

Gel aloe vera memang sungguh-sungguh bermanfaat bagi kulit. Akan tetapi, bahan ini juga berisiko menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Ada pula laporan mengenai tanggapan alergi kulit pada orang-orang dengan riwayat alergi tertentu.

Baca juga  Manfaat Masker Putih Telur, Untuk Kulit Berminyak Dan Jerawat

Agar tidak terjadi resiko yang tidak diinginkan, pakailah gel lidah buaya yang diambil dari daun lidah buaya segar.

Sebelum memakai lidah buaya pada kulit, alangkah lebih baiknya anda melakukan tes kulit secara terlebih dahulu untuk mengamati tanggapan yang muncul. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung, tangan atau daun telinga bagian belakang.

Jika kulit anda terasa gatal dan memerah setelah diolesi masker lidah buaya, lantas hentikan penggunaan. Jika perlu, konsultasikan hal ini terhadap dokter untuk mendapatkan perawatan yang layak dengan kondisi anda.

Itulah manfaat seputar masker aloe vera, jangan gunakan secara berlebih karena memiliki efek samping yaitu bisa iritasi..