4 Cara menghilangkan jerawat dengan kunyit secara alami

Kecantikan, Perawatan
cara menghilangkan jerawat dengan kunyit
image from wikimedia.org

Tahukah Anda cara menghilangkan jerawat dengan kunyit? Kunyit mengandung senyawa yang sangat berkhasiat bagi pengobatan. Senyawa tersebut adalah kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, bisdesmetoksikurkumin, desmetoksikumin, dan zat-zat yang bermanfaat lainnya. Untuk masalah kulit, dan luka, kunyit adalah juara karena kandungan anti-bakteri dan anti-septiknya. Kunyit berfungsi sebagai desinfektan. Tentu saja kulit yang berjerawat bisa disembuhkan dengan kunyit. Mari kita lihat pembahasannya.

Jerawat beserta bekas jerawat yang biasanya sangat bandel, harus segera dituntaskan karena akan mengganggu penampilan fisik Anda, terutama wanita. Mari kita lihat dahulu jenis-jenis jerawat.

 

Jenis-jenis jerawat

Blackheads. Ini adalah jerawat terbuka dikarenakan pori-pori kulit muka terbuka lalu terisi kotoran-kotoran dan minyak.

  • Whiteheads. Ini adalah jerawat terbuka dikarenakan pori-pori kulit muka terbuka lalu terisi oleh sel-sel kulit mati (Keratin) dan bakteri.
  • Papula. Ini adalah jerawat yang tidak memiliki mata, hanya jendolan berwarna merah dan biasanya agak sakit karena meradang.
  • Pustula. Ini adalah jerawat yang bermata (bernanah).
  • Jerawat Batu. Jerawat ini disebabkan oleh peradangan di bawah kulit karena adanya benjolan dan kista. Jerawat ini tidak boleh dipencet karena akan meninggalkan bekas luka yang dalam.
  • Jerawat Conglobata. Pria dan wanita bisa diserang oleh jerawat ini terutama yang berumur antara 18-30 tahun. Bila tidak diatasi secara benar, jerawat ini akan ada selama bertahun-tahun. Jerawat jenis ini sangat parah karena akan menyebabkan tekstur kulit yang bopeng. Jerawat ini memiliki ciri yaitu peradangan antara satu jerawat ke jerawat lainnya saling bersambungan
  • Jerawat Fulminans. Jerawat ini adalah stadium lanjutan dari Jerawat Conglobata bila tidak ditangani secara serius. Selain menyerang kulit, Jerawat Fulminans akan menimbulkan demam dan sakit sendi. Bahkan di sekitar leher akan terjadi pembengkakan kelenjar getah bening.

Kunyit baik dikonsumsi secara oral maupun dibuat obat oles jerawat, selain bisa menghilangkan jerawat juga menghaluskan dan memutihkan kulit. Untuk hasil maksimal tentu saja kita harus mendisiplinkan diri dalam mengkonsumsi dan mengaplikasikan salep kunyit ke kulit muka kita yang berjerawat. Mari kita lihat lebih dalam manfaat kunyit bagi kulit kita.

 

Manfaat masker kunyit untuk wajah

Kunyit melindungi kulit kita dari sengatan sinar matahari. Di musim panas, buatlah masker campuran antara kunyit, tomat, dan yoghurt. Lalu oleskan ke seluruh wajah, leher dan tangan Anda, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini setelah Anda dari luar dimana Anda terpapar sinar matahari, dan Andapun akan terhindar dari gangguan kulit yang disebabkan sinar matahari.

Manfaat masker kunyit untuk wajah yang tidak kalah penting adalah membuat kita terhindar dari penuaan dini. Flek hitam karena jerawat atau bintik jerawat yang tidak pecah adalah ciri dari penuaan pada kulit kita. Masker kunyit yang mengandung antioksidan tinggi yang dipakai secara teratur sudah terbukti akan menghambat penuaan dini.

Kunyit membantu kulit kita menjadi lebih elastis. Orang berjerawat biasanya akan memiliki kulit yang tidak elastis. Terutama bila jerawatnya menimbulkan luka yang dalam dan sangat sukar untuk diperbaiki. Kunyit yang memiliki zat pelembut akan membuat kulit kita menjadi lebih elastis.

Kunyit membantu kita mengendalikan produksi minyak yang kemungkinan akan dipenuhi dengan jerawat. Masker kunyit yang dibantu dengan air kunyit yang diminum akan membantu mengeluarkan kotoran yang ada di dalam pori-pori yang terbuka penyebab jerawat. Sifat anti peradangan di dalam kunyit akan membuat pori-pori semakin mengecil.

Mari kita lihat manfaat kunyit secara khusus untuk jerawat. Mereka yang berjerawat harus tahu tentang ini karena selain murah juga akan memberikan hasil yang sangat signifikan.

 

Cara menghilangkan Jerawat dengan kunyit

1. Campuran Kunyit dan Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk wajah sangat banyak karena mengandung antioksidan, anti-bakteri, dan pilofenol yang akan menghilangkan dan mencegah datangnya kembali jerawat, sangat bagus bila digabungkan dengan kunyit. Bakteri yang menyebabkan jerawatpun akan mati oleh minyak zaitun. Minumlah campuran kedua bahan ini setiap hari satu kali. Hanya dengan menumbuk 1 buah kunyit, lalu tambahkan dengan1 sdt minyak zaitun kemudian dicampur dengan air hangat. Lalu aduk dengan rata dan minum.

2. Campuran Kunyit dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa selama ini sudah dikenal dengan keampuhannya dalam mengobati bekas jerawat. Minyak kelapa akan menyembuhkan sel-sel kulit yang sudah rusak. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung Vitamin E dan Asam Kaprat. Keduanya akan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Jerawat dan bekasnya akan menjadi samar dan menghilang perlahan-lahan. Jadi, minyak kelapa sangat cocok bila digabungkan dengan kunyit.

Cara menghilangkan jerawat dengan kunyit: Campurkan ½ sdt kunyit yang sudah ditumbuk halus dan ½ sdt minyak kelapa secara merata. Oleskan campuran tersebut pada bekas jerawat sebelum Anda tidur, lalu keesokan harinya bersihkan dengan dengan air dingin. Lakukan hal ini setiap hari, maka Anda akan mendapatkan hasil yang sangat signifikan.

3. Campuran Kunyit dengan Madu

Madu sangat baik dalam menyembuhkan sel-sel kulit yang rusak. Madu juga bisa merangsang tubuh memproduksi hidrogen peroksida yang sangat bagus untuk tubuh dan kulit. Selain itu madu bagus dalam membunuh bakteri penyebab Anda berjerawat. Wajah Andapun akan semakin kinclong dengan madu karena madu adalah sebagai bleaching agent.

Cara menghilangkan jerawat dengan madu dan kunyit yang pertama adalah campurkan madu dengan kunyit tumbuk masing-masing 1 sdt secara merata. Setelah itu oleskan masker kunyit tadi ke kulit wajah Anda hingga merata. Biarkan sambil bersantai minimal 15 menit, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk halus. Lakukan metode ini paling tidak 3 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Campuran Kunyit dengan Lemon

Lemon memiliki asam sitrat yang bersifat pencerah alami. Bekas jerawat karenanya akan menjadi semakin samar. Dengan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi, lemon bisa merangsang produksi kolagen yang akan menghaluskan kulit Anda. Jerawat dan bekas jarawatpun akan hilang tak berbekas. Apalagi bila dicampur dengan kunyit, maka akan semakin baguslah campuran keduanya untuk kulit Anda.

Cara menghilangkan jerawat dengan lemon dan kunyit yaitu pertama campur 1 sdt kunyit tumbuk lalu dicampur dengan air perasan dari 1 buah lemon. Campurkan keduanya secara merata lalu oleskan ke area jerawat Anda, terus diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air bersih dan segera keringkan. Agar hasilnya kelihatan nyata, maka Anda harus melakukannya setiap hari.

Anda jangan risau lagi dengan jerawat Anda, apapun jenisnya. Selain dari salep kunyit yang Anda harus aplikasikan ke wajah Anda, maka Andapun diharuskan mengkonsuminya secara oral. Madu dan lemon juga sangat baik bila Anda konsumsi secara oral. Tahu sendiri Anda dengan khasiat-khasiat dari kedua bahan tersebut. Tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk kulit Anda. Semoga artikel tentang cara menghilangkan jerawat dengan kunyit ini sangat bermanfaat buat Anda terutama bagi yang sedang berjerawat.