manfaat masker madu
image from www.maxpixel.net

15 Manfaat masker madu untuk wajah, bibir dan kecantikan kulit

Posted on
manfaat masker madu
image from www.maxpixel.net

Manfaat masker madu untuk wajah, rambut, bibir dan kecantikan lainnya yang sangat menakjubkan serta kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Madu adalah salah satu bahan alami yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat madu yang sangat luar biasa ini tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang sangat melimpah meliputi vitamin, mineral dan beberapa enzim penting lainnya. Akhir-akhir ini perawatan wajah menggunakan madu semakin populer seiring terungkapnya kegunaan kandungan nutrisi dalam madu tersebut.

Madu memang bisa dijadikan sebagai bahan alami pengganti produk kecantikan berbahan kimia. Selain lebih aman, penggunaan madu untuk wajah juga memiliki tingkat keefektifan yang tidak kalah dibandingkan produk kecantikan yang beredar di pasaran. Selengkapnya mengenai manfaat masker madu untuk wajah bisa anda baca dalam artikel berikut ini:

 

Manfaat madu untuk wajah

1. Membantu menghilangkan jerawat

Munculnya jerawat di wajah bisa diakibatkan oleh pertumbuhan bakteri yang tidak terkontrol. Hal ini bisa terjadi lantaran kulit wajah terlalu kotor akibat debu yang menempel. Untungnya kandungan antibakteri dalam madu membantu anda menghilangkan bakteri tersebut sehingga dapat mencegah jerawat. Selain mencegah jerawat, kandungan nutrisi yang melimpah dalam madu juga berguna menyembuhkan jerawat secara alami dan tentunya lebih aman dibandingkan obat jerawat.

2. Meningkatkan elastisitas kulit

Memiliki kulit wajah yang kenyal dan kencang merupakan dambaan setiap wanita. Kulit seperti ini memang cukup sulit untuk didapatkan terlebih lagi jika anda hanya menggunakan produk berbahan kimia saja untuk merawat wajah. Manfaat masker madu untuk wajah ini bisa didapat hanya dengan rutin menerapkannya secara langsung pada bagian kulit wajah anda. Anda harus membiarkannya berada di kulit wajah selama paling tidak tiga puluh menit, agar kandungan nutrisi dalam madu bisa meresap sempurna.

3. Madu sebagai pelembab alami kulit wajah

Menjaga kelembaban kulit wajah sangatlah penting untuk mencegahnya dari kekeringan. Kekeringan dapat membuat wajah tampak kusam dan juga tidak sehat. Salah satu manfaat maser madu untuk wajah yang paling bisa diandalkan adalah kemampuannya dalam menjaga kelembaban kulit.

Penggunaan madu untuk melembabkan kulit wajah juga relatif lebih praktis karena anda tidak membutuhkan campuran bahan lainnya. Cukup dengan mengoleskan madu pada area kulit wajah dan leher hingga merata. Setelah 30 menit bilas wajah anda sampai bersih. Melakukannya secara rutin paling tidak dua minggu sekali akan membantu anda memiliki kulit yang lembab terawat.

4. Menghaluskan kulit wajah anda

Ingin memiliki kulit wajah yang halus dan cantik secara alami tapi tidak tahu harus melakukan apa? cobalah memulai dengan menuangkan madu ke kulit wajah. Penerapan madu pada kulit wajah bukan hanya membantu Anda menghilangkan jerawat, tetapi juga membuat kulit tampak lebih halus dan lembut secara alami.
Tentunya penggunaan madu ini tidak memiliki efek samping berarti sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jangka panjang. Akan tetapi yang perlu anda perhatikan adalah madu yang digunakan harus benar-benar asli bukan madu campuran apalagi madu palsu. Karena bukan kulit halus yang akan anda dapatkan tetapi justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit tergantung dari bahan yang tekandungan dalam madu tersebut.

5. Mengobati sengatan sinar matahari

Apapun alasannya sengatan matahari berlebih sangat tidak baik untuk kesehatan kulit anda. Paparan sinar UV berlebih akan memicu kemerahan atau gosong pada kulit wajah anda. لعب الروليت Bukan hanya itu, dampak paling berbahaya dari paparan sinar matahari adalah risiko kanker kulit. Anda bisa menghindari semua efek buruk sinar matahari tersebut dengan cara menggunakan madu sebagai masker wajah.

Manfaat madu untuk wajah ini didapat dari sifat penyembuhan alaminya yang sangat ideal untuk menangkal sinar UV. Penggunaan madu sebagai bahan perawatan kecantikan bahkan telah dipraktekkan oleh bangsa Mesir kuno sejak ribuan tahun yang lalu. Tentu ada banyak alasan kenapa mereka menggunakan madu sebagai produk kecantikan.

6. Memutihkan kulit wajah anda

Cara memutihkan wajah secara alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan madu sebagai bahan utamanya. Jika tertarik mendapatkan manfaat masker madu untuk wajah ini anda harus mencampurnya dengan bahan lainnya. Diantara bahan yang cukup baik digunakan sebagai campuran adalah putih telur dan alpukat. Manfaat masker putih telur untuk wajah sangat banyak sekali, seperti mengencangkan kulit wajah, menghilangkan komedo, sampai dengan menghilangkan bekas jerawat. Tentu dari manfaatnya tersebut membuat putih telur sangat cocok sekali dijadikan sebagai campuran madu.

Caranya: ambil 2 sendok makan alpukat matang kemudian tumbuk dan masukkan ke dalam mangkuk kaca. Tambahkan juga 2 sendok makan madu dan 1 putih telur ke dalamnya. Aduk-aduk hingga ketiga bahan tadi menyatu dengan baik lalu gunakan sebagai masker wajah selama 20 menit.

7. Madu untuk menghilangkan komedo di hidung

Manfaat madu untuk wajah yang tidak kalah penting adalah menyingkirkan komedo dari hidung. Madu adalah perekat alami yang nantinya bisa digunakan untuk menarik komedo keluar dari pori-pori kulit wajah. Penasaran bagaimana caranya? berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan:

Pertama campur 1 sampai 2 sendok makan madu (secukupnya) dengan 1 butir putih telur. Aduk keduanya hingga tidak ada gumpalan yang tersisa. Oleskan pada tisu lalu tempelkan pada area hidung atau wajah yang terdapat komedo. Biarkan hingga mengering sekitar 20 sampai 30 menit kemudian angkat dengan perlahan. Cara ini terbukti cukup efektif dalam mengangkat komedo dari area hidung.

8. Membersihkan wajah secara alami

Manfaat masker madu untuk wajah yang selanjutnya adalah membantu Anda mendapatkan wajah yang bersih dan sehat. Menerapkan masker madu pada wajah akan menghapus kelebihan kotoran yang menempel di kulit wajah. Sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan bersih. Kotoran yang menempel terkadang dapat menutupi kilau alami kulit Anda sehingga proses pembersihan harus dilakukan. Sebaiknya gunakan madu secara berkala paling tidak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

9. Menghilangkan kelebihan minyak di wajah

Memiliki minyak yang berlebihan pada kulit wajah akan membuatnya tampak berkilau. Berkilau yang dimaksud bukan wajah yang cerah tetapi kilau yang diakibatkan oleh minyak sangat tidak mengenakkan dipandang. Selain tidak enak dilihat kelebihan minyak juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah anda. Hal ini dikarenakan minyak berlebih dapat menarik kotoran, jika sudah seperti ini resiko munculnya jerawat dan komedo akan menghantui anda.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan madu sangat simpel karena anda hanya perlu menggunakannya sebagai masker wajah secara rutin. Seperti biasa, biarkan tetap di wajah selama paling tidak setengah jam. Hal ini bertujuan untuk menarik kelebihan minyak dan membuangnya bersama dengan air bilasan.

10. Mengurangi kerutan di wajah

Salah satu tanda-tanda penuaan yang paling mengganggu penampilan adalah munculnya kerutan di wajah. Madu memiliki beberapa vitamin penting seperti vitamin A, C, dan E yang kesemuanya merupakan agen antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang berguna menangkal efek merugikan radikal bebas, dimana salah satu dari dampak buruk radikal bebas adalah menyebabkan penuaan. Selain itu, madu juga berguna melembabkan kulit dimana hal ini sangat penting sekali untuk menjaga elastisitas kulit sehingga akan mencegah munculnya kerutan.

 

Manfaat masker madu untuk kecantikan

Manfaat masker madu tidak terbatas pada kemampuannya dalam meningkatkan kecantikan kulit wajah anda. Melainkan ada banyak lagi kegunaan dari madu yang belum kita bahas. قواعد لعبة البولينج Diantara beberapa manfaat madu yaitu meningkatkan kecantikan bibir dan rambut Anda. Berikut daftar selengkapnya mengenai manfaat dari masker madu:

1. Memerahkan bibir secara alami

Bibir yang merah merona akan membuat penampilan anda tampak lebih cantik dan mempesona. Untuk mendapatkannya kebanyakan wanita harus menggunakan lipstik. Tetapi tunggu dulu penggunaan lipstik ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan bibir Anda dikarenakan kebanyakan lipstik ternyata mengandung bahan kimia. Dampak yang paling nyata adalah membuat bibir menjadi lebih kering. Untungnya diantara manfaat masker madu adalah memerahkan bibir Anda secara alami dan pastinya aman.

Caranya: campur 1 sendok makan madu dengan setengah sendok makan gula yang sudah dihaluskan. Oleskan keduanya pada bagian bibir Anda lalu pijat dengan lembut selama 5 menit. Biarkan setidaknya 15 menit lalu bersihkan madu dari bibir anda. Madu dapat bertindak sebagai exfoliator alami yang akan mengangkat sel kulit mati dibibir sehingga membuatnya tampak lebih merah merona.

2. Membuat bibir tampak lebih lembab

Memiliki bibir yang selalu terlihat lembab tentunya menjadi kesenangan tersendiri bagi wanita. Hal ini tidak mengherankan karena bibir merupakan salah satu lambang dari kecantikan. Untuk menjaga kelembaban bibir secara alami penggunaan masker madu bisa dijadikan pilihan. Saat diterapkan pada bibir sifat pelembab alami yang dimiliki madu akan meresap ke dalam permukaan bibir. Ini bukan hanya membantu Anda mendapatkan bibir yang lembab secara alami, tetapi juga membuatnya lebih merah.

3. Madu untuk rambut yang berkilau

Manfaat masker madu yang tidak kalah populer adalah kegunaannya dalam merawat rambut. Jika anda belum pernah mencobanya, tidak ada salahnya memulai dari sekarang karena penggunaan madu sangat mudah. Madu mengandung enzim glukosa oksidase yang secara bertahap dapat melepaskan hidrogen peroksida. Komponen inilah yang ternyata berperan penting dalam meningkatkan cahaya alami dari rambut Anda. ماكينات القمار على الانترنت

Cara menggunakan madu sebagai pencerah rambut adalah dengan mencampur satu sendok makan air dengan tiga sendok makan madu. Terapkan ke rambut Anda secara merata lalu bilas setelah beberapa menit. Penggunaan madu sebagai masker rambut bukan hanya dapat membuatnya lebih bercahaya tetapi juga mencegah beberapa masalah umum pada rambut termasuk rambut kering.

4. Menyembuhkan luka bakar

Di atas sudah kita bahas bahwa efek penyembuhan dari madu sangat luar biasa, bahkan untuk sekelas luka bakar sekalipun. Madu dapat meremajakan kulit dan membantu proses penyembuhan lebih cepat. Kandungan nutrisi dalam madu bisa meresap dengan cepat saat diterapkan pada wajah atau kulit bagian tubuh lainnya. Selain mengobati luka bakar, penerapan madu ini juga berguna untuk mencegah munculnya bekas luka yang tidak diinginkan.

5. Melembabkan kulit kepala

Sifat pelembab alami pada madu bukan hanya bekerja baik pada kulit wajah, tetapi juga kulit bagian kepala anda. Kulit kepala yang kering dapat memicu ketombe yang dapat menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Sifat antibakteri dan juga efek penyembuhan yang dimiliki madu berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit kepala anda. Ini akan sangat berguna dalam membersihkan kotoran dan mengurangi minyak berlebih. Jadi bisa dikatakan madu merupakan produk alami yang sangat lengkap untuk rambut Anda.

Tentu selain di atas masih ada banyak lagi manfaat madu untuk wajah dan kecantikan yang mungkin belum sempat saya tulis dalam artikel ini. Akan tetapi, daftar di atas setidaknya telah mewakili mengenai kegunaan dari produk lebah ini.

Baca juga  Manfaat Garnier Sakura White Bagi Kulit Wajah - Dijamin Glow Up!