Cara mencegah jerawat di wajah

6 Cara mencegah jerawat di wajah agar tidak mengganggu penampilan

Perawatan
Cara mencegah jerawat di wajah
image from www.mayoclinic.org

Cara mencegah jerawat di wajah dengan menerapkan pola hidup sehat termasuk meningkatkan asupan vitamin A dan E, sampai manajemen stres yang baik. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah yang cukup mengganggu. Jerawat cukup sulit dihilangkan jadi langkah yang paling baik adalah melakukan pencegahan sebelum wajah Anda banyak ditumbuhi jerawat. Seperti pepatah lama, mencegah selalu lebih baik dibandingkan mengobati.

 

Cara mencegah jerawat di wajah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari munculnya jerawat. Berikut beberapa cara mencegah jerawat di wajah:

1. Jaga kebersihan wajah anda

Menjaga kebersihan wajah adalah hal yang sangat penting untuk mencegah jerawat. Jerawat bisa diakibatkan oleh bakteri yang menumpuk akibat wajah terlalu kotor. Melakukan pembersihan minimal dua kali sehari sebelum tidur dan saat siang hari sangat penting sekali untuk memastikan bahwa wajah selalu bersih. Gunakan pembersih alami yang minim bahan kimia sehingga tidak menimbulkan masalah lain untuk kulit wajah anda.

2. Rutin melakukan scrubbing pada wajah

Melakukan scrubbing atau proses mengangkat sel kulit mati sangat penting untuk mencegah munculnya jerawat. Sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan bakteri bersarang. Hal ini pada gilirannya akan mengakibatkan jerawat. Untuk melakukan scrubbing Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti gula pasir dan kunyit. Cara melakukan scrubbing bisa anda baca dalam artikel berikut ini: cara mengangkat sel kulit mati di wajah kurang dari 30 menit

2. Kontrol minyak di wajah anda

Minyak berlebihan dapat menyebabkan wajah menjadi terlihat kusam. Minyak berlebih dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Wajah yang berminyak akan menarik kotoran sehingga menempel di kulit dan menutup pori-pori. Penyumbatan ini pada akhirnya akan menyebabkan peradangan yang disebut jerawat. Selain menyebabkan jerawat, minyak berlebih biasanya juga membuat wajah rentan dan mengalami komedoan. Cara mengatasi wajah berminyak sangat mudah Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, oatmeal, atau madu.

3. Menggunakan masker lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk wajah sangat banyak sekali, diantaranya adalah mencegah jerawat. Masker lidah buaya berguna mengurangi minyak berlebih, membantu membersihkan wajah, sekaligus melembabkannya secara alami. Ini sangat penting sekali bukan hanya untuk mencegah jerawat, tetapi juga membuat kulit wajah lebih sehat secara alami. Cara membuat masker lidah buaya untuk wajah sangat sederhana. Anda hanya tinggal mengoleskan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan ke kulit wajah anda secara merata. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas wajah anda sampai bersih.

4. Miliki manajemen stres yang baik

Diantara salah satu penyebab jerawat yang paling umum adalah stres. Jadi jika anda tidak ingin wajah yang mulus ditumbuhi jerawat maka miliki manajemen stres yang baik. Stres dapat mempengaruhi keseimbangan hormon yang mengarah pada munculnya jerawat di wajah. Selain menyebabkan jerawat, stres terkadang juga dapat meningkatkan penuaan pada kulit wajah yang hal ini tentunya tidak Anda inginkan.

Anda bisa mengontrol tingkat stres dengan cara melakukan hal-hal positif seperti relaksasi, melakukan olahraga secara rutin, dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Mengkonsumsi buah dan sayur menjadi pilihan yang sangat baik untuk mencegah stres karena keduanya mengandung tinggi antioksidan penting.

5. Cukupi kebutuhan vitamin A dan E harian Anda

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki jerawat di wajah ternyata memiliki kandungan vitamin A dan E lebih tinggi dibandingkan orang yang berjerawat. Hal ini menunjukkan peran vitamin A dan E sangat penting sekali dalam mencegah jerawat. Jadi diantara cara mencegah jerawat yang paling penting adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin A dan E seperti wortel, kacang-kacangan, buah naga, minyak zaitun dsb.

6. Kurangnya asupan makanan berminyak

Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi minyak tidak baik untuk kesehatan tidak terkecuali untuk wajah anda. Sebenarnya tidak ada kaitan secara langsung antara makanan berminyak dan munculnya jerawat. Akan tetapi minyak berlebih yang kita konsumsi dari makanan akan mengakibatkan masalah kulit lainnya yaitu membuat wajah menjadi lebih berminyak. Hal ini pada akhirnya akan memicu jerawat di wajah. Selain berminyak, makanan yang mengandung tinggi gula juga perlu Anda hindari untuk mencegah jerawat.