10 Cara Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Wajah dan Rambut

Masker wajah, Rambut
Cara Membuat Masker Lidah Buaya
image from www.news18.com

Cara Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Wajah dan Rambut serta manfaatnya yang sangat mengagumkan seperti mengangkat sel kulit mati, dan melembabkan kulit. Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya? Salah satu tanaman dengan sejuta manfaat, seperti kesehatan kulit dan rambut. Bahkan banyak perawatan kecantikan yang memang menggunakan lidah buaya. Daripada berlama – lama, yuk simak cara membuat masker lidah buaya untuk wajah dan rambut.

 

Manfaat masker lidah buaya untuk wajah

Banyak sekali cara membuat masker lidah buaya untuk wajah. Berikut ini ada beberapa manfaat lidah buaya bagi kulit wajah.

1. Mengangkat sel kulit mati

Memiliki kulit yang bersih dan bersinar merupakan dambaan setiap wanita. Walaupun tidak putih namun cerah dan tidak kusam. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker lidah buaya. Kandungan vitamin A dan E di dalam lidah buaya membuat kulit lebih cerah dan bersinar. Bukan hanya itu saja, sel – sel kulit mati yang membuat kulit kusam bisa diangkat dengan mudah.

Anda bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya dan diamkan selama 20 menit. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan air lemon. Setelah tercampur rata, langsung aplikasikan ke kulit wajah selama 10 hingga 20 menit dan bilas dengan air dingin. Campuran lidah buaya dengan susu juga bisa diaplikasikan sebagai masker wajah.

2. Kulit bebas jerawat

Masker lidah buaya juga mempu menyembuhkan jerawat. Bukan hanya itu saja, sifatnya yang dingin mampu meredakan iritasi. Selain itu, lidah buaya memang mengandung saponin dan astringent yang merupakan anti bakteri. Tentu saja, dengan perawatan yang rutin bisa membuat kulit wajah terbebas dari jerawat, bahkan bekas jerawat sekalipun.

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya sangat sederhana. Anda bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya pada jerawat Anda. Selain itu, campuran gel lidah buaya, bubuk pala dan jeruk lemon juga bisa dilakukan. Caranya campurkan ketiga bahan tersebut hingga membentuk pasta kental. Oleskan pada wajah selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Melembabkan kulit

Rutin menggunakan masker lidah buaya juga bisa membantu kulit wajah menjadi lembab. Pasalnya, kulit yang kering bisa membuat berbagai masalah. Sebut saja, kulit bersisik, adanya jerawat. Bukan hanya itu saja, mengoleskan gel lidah buaya akan membuat kulit lebih elastis, kenyal dan lembab.

Untuk membuat masker lidah buaya ini, cukup campurkan gel lidah buaya, minyak zaitun dan madu alami. Lalu, aplikasikan pada kulit wajah Anda selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

4. Mengurangi minyak berlebih

Rupanya masker lidah buaya juga bisa mengontrol minyak berlebih di kulit wajah. Seperti yang diketahui bahwa minyak berlebih menimbulkan berbagai masalah, seperti pori – pori besar, jerawat dan komedo. Kandungan estrogen dan saponin di dalamnya mampu menyerap minyak berlebih di wajah.

Untuk membuat masker lidah buaya ini, cukup siapkan dua sendok gel lidah buaya, satu sendok teh dan yogurt. Campurkan semua bahan yang telah disiapkan tadi. Namun Anda juga bisa tidak menambahkan yogurt. Aduk hingga tercampur rata dan mendapatkan kekentalan yang pas. Aplikasikan pada kulit wajah selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

5. Cocok untuk kulit sensitif

Memiliki kulit sensitif memang tidak nyaman. Salah menggunakan perawatan wajah saja, sudah menimbulkan masalah yang besar. Bahkan, banyak dari pemilik kulit sensitif lama dalam penyembuhan. Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif bisa menggunakan masker lidah buaya.

Cara membuat masker lidah buaya, cukup campurkan gel lidah buaya dan jus pepaya. Aduk hingga mendapatkan kekentalan sempurna. Setelah itu, aplikasi ke wajah Anda selama 30 menit. Lalu, bilas dengan air hangat sembari berikan gosokan lembut.

 

Manfaat masker lidah buaya untuk rambut

Bukan hanya untuk kulit wajah saja, masker lidah buaya juga berguna untuk kesehatan rambut. Berikut ini cara membuat masker lidah buaya bagi rambut cantik Anda.

1. Rambut hitam berkilau

Terlalu sering terpapar sinar matahari membuat warna hitam pada rambut memudar dan menjadi merah. Akibatnya rambut tidak terlihat indah. Selain itu, bahan kimia juga bisa menghilangkan kilau hitam rambut. Namun tidak perlu khawatir, sebab masker lidah buaya bisa mengembalikan kilau dan warna hitam rambut.

Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut berkilau sangat mudah. Siapkan satu batang lidah buaya. Kemudian kupas untuk diambil dagingnya. Blender hingga membentuk gel. Gel itulah yang Anda aplikasikan pada seluruh rambut sebelum keramas. Ingat bungkus dengan handuk hangat agar semakin maksimal.

2. Rambut kering dan rusak

Rambut yang kering memang susah diatur. Bukan hanya itu saja, rambut kering identik dengan rambut yang rusak. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab masker lidah buaya bisa membantu mengatasi hal tersebut.
Cukup campurkan gel lidah buaya, bubuk fenugreek, bubuk kemangi dan minyak jarak. Aduk hingga rata hingga membentuk pasta. Lalu, oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut, dari pangkal hingga ujung rambut dan setiap helai. Biarkan semalaman dan keramas di pagi harinya. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

3. Menghilangkan ketombe

Manfaat lidah buaya untuk rambut sangat banyak sekali, diantaranya adalah menghilangkan ketombe di kulit kepala. Lidah buaya sendiri memiliki kandungan natural cleansing enzymes yang mampu menghilangkan jamur, sel kulit mati, dan ketombe. Bukan hanya itu saja, lidah buaya juga mengandung antrakuinon yang merupakan antibakteri. Terlebih lagi, ketombe di kulit kepala bisa membuat kulit kepala terasa gatal.

Untuk membuat masker cukup campurkan gel lidah buaya dengan air mawar dan tea tree oil. Setelah itu, aplikasikan ke seluruh kulit kepala sebelum keramas, setidaknya satu jam sebelumnya. Lakukan perawatan rambut ini satu atau dua kali seminggu agar ketombe benar – benar hilang.

4. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok memang cukup mengganggu. Terlebih lagi,kerontokan rambut yang parah. Jika dibiarkan akan menyebabkan kebotakan. Rambut rontok sendiri disebabkan oleh berbagai macam hal, sebut saja bahan kimia dari cat rambut.

Untuk membuat masker lidah buaya guna rambut rontok ini. Siapkan satu batang tumbuhan lidah buaya. Kupas kulitnya dan ambil dagingnya. Blender daging lidah buaya tersebut hingga membentuk gel. Aplikasikan gel lidah buaya pada kulit kepala sembari lakukan pijatan lembut. Setelah itu, bilas hingga bersih.

5. Merangsang pertumbuhan rambut

Khasiat lainnya yang dimiliki oleh masker lidah buaya adalah membantu pertumbuhan rambut. Rambut yang sehat memang sangat menarik dan membuat kita semakin cantik. Terlebih lagi, bagi Anda yang memang mengalami kerontokan rambut. Penggunaan gel lidah buaya bisa membantu mencegah kebotakan.

Untuk membuatnya cukup campurkan gel lidah buaya dengan minyak zaitun. Lalu aplikasikan pada kulit kepala sembar memijat dengan lembut agar terserap hingga akar. Lakukan perawatan yang satu ini satu minggu sekali.