7 Cara mengangkat sel kulit mati di wajah kurang dari 30 menit

Kecantikan, Perawatan
Cara mengangkat sel kulit mati dengan scrub
image from goodmorningcenter.com

Cara mengangkat sel kulit mati di wajah dan leher menggunakan scrub dari bahan-bahan alami yang bekerja cukup efektif dan aman digunakan secara rutin. Sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat mempengaruhi kecerahan kulit Anda. Sehingga diperlukan cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut agar tidak membuat kulit menjadi lebih kusam.

Penumpukan sel kulit mati juga akan membuat kulitmu lebih rentan mengalami kerutan di wajah yang menjadi tanda-tanda penuaan. Membersihkan kulit wajah menggunakan sabun saja tidak cukup untuk mengangkat sel kulit mati. Untuk itu Anda memerlukan bahan-bahan alami yang bekerja sebagai pengelupas kulit secara alami dan tentunya aman.

 

Cara mengangkat sel kulit mati di wajah

Meskipun ada banyak produk yang berguna menghilangkan sel kulit mati, akan tetapi terkadang kurang bekerja efektif. Belum lagi, bahan kimia yang terkandung di dalam produk kecantikan kebanyakan dapat mempengaruhi kesehatan kulit anda. Bahkan sebagian mengarah pada menyebabkanpenyakit berbahaya seperti kanker kulit.

Bagi Anda yang ingin mengangkat sel-sel kulit mati di wajah dengan aman, ada banyak bahan alami yang bisa anda gunakan. Berikut selengkapnya mengenai cara mengangkat sel kulit mati di wajah menggunakan bahan-bahan alami:

1. Menggunakan kopi

Kopi dapat digunakan sebagai eksfoliator alami yang berguna mengangkat sel kulit mati di wajah. Kopi juga kaya flavonol yang saat digunakan secara langsung pada kulit bermanfaat meningkatkan tekstur dan kekenyalannya.

Cara mengangkat sel kulit mati dengan kopi: Campur 3 sdm bubuk kopi, 1 sdm minyak zaitun, dan 1 sdm madu. Aduk ke semua bahan tadi hingga bercampur menjadi satu. Oleskan pasta ini pada area wajah, leher, atau bagian tubuh lainnya yang ingin anda bersihkan. Pijat dengan gerakan melingkar selama 5 hingga 10 menit untuk mengangkat sel kulit mati. Jika sudah selesai, bilas wajah Anda kemudian gunakan pelembab.

2. Menggunakan kulit jeruk

Kulit jeruk dapat digunakan sebagai eksfoliator alami yang cukup bagus untuk mengangkat sel kulit mati. Penggunaan kulit jeruk juga relatif murah dan aman, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli produk kecantikan yang mahal.

Sebelumnya keringkan kulit jeruk terlebih dahulu dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Haluskan dengan blender kemudian simpan bubuk kulit jeruk dalam wadah kedap udara. Menggunakan scrub dari kulit jeruk ini bukan hanya membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah tetapi juga meremajakannya secara alami.

Cara mengangkat sel kulit mati di wajah dengan kulit jeruk: Campur kulit jeruk dan yoghurt ke dalam sebuah mangkuk berukuran sedang. Oleskan masker ini pada wajah atau bagian leher. Biarkan selama 20 menit kemudian pijat dengan lembut menggunakan ujung jari. Jika sudah selesai bersihkan wajah anda hingga tidak ada masker yang tersisa.

3. Gula dan minyak zaitun

Cara mengangkat sel kulit mati di wajah yang berikutnya adalah dengan gula dan minyak zaitun. Gula memiliki partikel-partikel kecil yang kasar sehingga cukup efektif untuk menghilangkan sel kulit mati di wajah dan bagian kulit lainnya. Sedangkan minyak zaitun berfungsi sebagai pelembab alami sehingga setelah penerapan metode ini, Anda tidak perlu menggunakan pelembab.

Cara menggunakan gula dan minyak zaitun: Pertama campur setengah cangkir gula yang sudah dihaluskan dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Balurkan ke seluruh area wajah atau bagian tubuh tertentu yang banyak terdapat sel kulit mati. Diamkan selama 15 menit kemudian pijat dengan gerakan melingkar. Lakukan dengan hati-hati untuk mencegah iritasi.

4. Memanfaatkan almond

Almond mengandung tinggi antioksidan berupa vitamin A dan E yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Manfaat almond bukan hanya saat dikonsumsi, tetapi juga bisa digunakan sebagai scrub wajah yang berfungsi mengangkat sel kulit mati. Menggunakan sekrup almond dapat membuat kulit tampak lebih muda dan sehat secara alami. Tentunya Anda harus melakukannya dengan rutin dan konsisten.

Cara mengangkat sel kulit mati di wajah dengan almond: rendam 10 kacang almond ke dalam air atau susu selama semalaman. Pada pagi harinya kupas kemudian giling hingga menjadi pasta. Tambahkan dengan 2 sendok makan madu kemudian gunakan sebagai masker wajah. Diamkan beberapa saat lalu lakukan pemijatan dengan gerakan melingkar selama 5 menit. Jika sudah selesai, bilas wajah anda untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang sudah terangkat.

5. Tepung beras

Tepung beras ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengelupaskan sel kulit mati. Tepung beras memiliki tekstur yang sedikit kasar sehingga bersifat abrasif ringan. Menggunakan tepung beras bukan hanya berguna mengangkat sel kulit mati, tetapi juga membuat wajah tampak lebih cerah bercahaya. Hal ini dikarenakan, tepung beras memiliki efek pemutih alami kulit. Bukan hanya itu, tepung beras juga berguna mengatasi kelebihan minyak yang dapat menyebabkan munculnya jerawat serta komedo.

Cara mengangkat sel kulit mati dengan tepung beras: Langkah pertama campur 2 sendok makan tepung beras dengan air dan yoghurt. Aduk hingga Anda mendapatkan pasta yang kental. Balurkan ke area wajah atau leher hingga merata. Kemudian pijat sesaat dan biarkan hingga benar-benar kering. Langkah terakhir bilas wajah anda dengan air. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya.

6. Biji alpukat

Bagaimanapun juga, buah alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Kebanyakan dari penggunaan alpukat adalah memanfaatkan daging buahnya. Akan tetapi untuk mengangkat sel kulit mati kali ini, kita akan menggunakan biji buah alpukat. Biji buah alpukat berguna menghilangkan kelebihan sebum dan sel kulit mati. Sehingga akan membuat kulit tampak lebih cerah secara alami.

Cara menggunakan biji alpukat: ambil biji alpukat kemudian giling hingga halus. Campur dengan 1 sdm minyak zaitun dan madu kemudian aduk hingga merata. Terapkan pada wajah dan leher kemudian pijat seperti biasa. Setelah 15 menit bersihkan wajah anda hingga tidak ada masker yang tersisa.

7. Menggunakan scrub oatmeal

Manfaat masker oatmeal untuk wajah sangat banyak sekali, diantaranya adalah mengangkat sel kulit mati secara alami dan cepat. Tekstur kasar pada oatmeal bekerja sangat baik untuk semua jenis kulit dalam hal mengangkat sel kulit mati. Penggunaan oatmeal bukan hanya menyingkirkan sel kulit mati dari wajah, tetapi juga mengurangi kelebihan sebum dan kotoran yang dapat menyebabkan komedo dan jerawat.

Cara menggunakan oatmeal: Masukkan 2 sdm oatmeal, 2 sdm yoghurt, dan 1 sdm madu ke dalam mangkuk. Aduk semua bahan tadi, lalu gunakan pasta pada wajah. Gosok dengan lembut kemudian diamkan selama 15 menit. Basuh wajah anda dengan air dingin lalu tepuk dengan handuk hingga kering. Langkah terakhir gunakan pelembab pada wajah Anda.

Demikian tadi 7 cara mengangkat sel kulit mati di wajah dan leher. Semoga tips di atas bisa berguna bagi anda untuk membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat secara alami.