Resep Memasak Ayam Kecap

resep memasak ayam kecap

resep memasak ayam kecap

Resep Memasak Ayam Kecap – Berbicara soal olahan daging ayam memang tiada habisnya, mulai dari ayam goreng, kentucky, hingga opor ayam pastilah sangat menggoda selera. Salah satu menu yang tak kalah populernya dari olahan ayam ialah ayam kecap.

Masakan ayam kecap atau ayam masak kicap adalah sebuah hidangan ayam khas daerah Asia Tenggara Maritim yang dibumbui dan kemudian disiram dengan kecap manis, masakan ini dapat ditemukan dengan mudah di wilayah Indonesia dan Malaysia.

BACA JUGA : Makanan yang Mengandung Vitamin E

Ayam kecap identik dengan masakan khas rumahan yang sering dihidangkan oleh ibu tercinta. Citarasnya yang manis, gurih, serta rasa kecap yang khas membuatnya kian nikmat, dan membuat Anda makin betah di kampung halaman tercinta.

Warna coklat kemerahan serta kuah kental dari kecap memberikan penampilan masakan satu ini kian memikat. Makanan ini dapat Anda kreasikan dengan tambahan cabai dan juga bawang bombai. Hal tersebut akan sangatcocok bagi Anda yang menyukai rasa pedas.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara memasak ayam kecap berdasarkan “Resep Memasak Ayam Kecap Pedas” dari Caraprofesor.com yang sangat mudah dan wajib dicoba.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA : 10 Manfaat masker pisang untuk kulit wajah yang cantik alami

Resep dan Cara Memasak Ayam Kecap Bumbu Pedas Manis

Sumber : https://blog.tokowahab.com/

Bahan-bahan :
1 kg – Ayam, potong sesuai selera

Bahan Bumbu Halus :
8 butir – Bawang merah
4 siung – Bawang putih
3 cm – Kunyit
1/2 sdt – Ketumbar
1/4 sdt – Merica
2 butir – Kemiri

Bahan Lainnya :
3 buah – Cabai merah berukuran besar (iris-iris)
2 ruas jari – Jahe (geprek)
5 – Cabai rawit, iris (sesuai selera)
3 tangkai – Daun bawang, potong-potong
6 sdm – Kecap manis
3 sdm – Saus sambal
2 lembar – Daun jeruk
Garam, secukupnya
Gula, secukupnya
500 ml – Air

Langkah Cara Membuat :

1. Pertama, cuci hingga bersih daging ayam, kemudian goreng ayam hingga setengah matang, dan jangan terlalu kering. Angkat dan tiriskan. Sisihkan terlebih dahulu.

2. Selanjutnya, haluskan bahan bumbu halus menggunakan cobek ataupun blander.

BACA JUGA : Makanan Korea Halal

3. Panaskan sedikit minyak untuk menumis, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersamaan dengan jahe geprek, serai dan daun jeruk. Tumis hingga bumbu matang dan beraroma wangi.

4. Jika sudah matang, tambahkan air, kecap manis, gula serta saus sambal ke dalam masakan. Tunggu agar kuah mendidih terlebih dahulu. Tes rasa, jika kurang pas, Anda dapat tambahkan bumbu perasa seperti gula ataupun garam.

5. Barulah masukkan daging ayam yang telah digoreng tadi. Masak sampai kuahnya menyusut dan bumbu sepenuhnya meresap hingga ke dalam ayam. Jika dirasa sudah matang, Anda dapat tambahkan irisan daun bawang sebelum mengangkat masakan. Masak sebentar saja, sampai daun bawang sedikit layu.

6. Angkat dan sajikan ayam kecap selagi hangat.

BACA JUGA : Makanan Awetan Hewani

Bagaimana sangat mudah sekali bukan resep memasak ayam kecap pedas kali ini. Hidangan satu ini sangat cocok disajikan saat Anda bersama dengan keluarga. Jika seandainya tidak suka pedas Anda dapat skip cabai dan sausnya.