Makanan Korea Halal

makanan korea halal

makanan korea halal

Makanan Korea Halal – Apakah Anda berencana berlibur ke Korea Selatan? Makanan halal Korea adalah pengetahuan wajib bagi Anda yang hendak merencanakan liburan ke Korea Selatan. Terlebih, menu makanan halal ini menjadi salah satu poin penting bagi mayoritas masyarakat Indonesia.

Hal ini karena hampir 90 persen penduduk Indonesia ini memeluk agama islam. Oleh karena itu, menu makanan halal perlu tetap dipersiapkan. Tidak perlu banyak cemas, karena saat ini banyak negara yang memperhatikan serta menyediakan banyak ruang untuk umat Islam.

Menu makanan khas Korea Selatan yang halal sendiri sudah tentu mudah dijumpai. Banyak dari penjual makanan di Korea Selatan yang mengingatkan pembeli khususnya wisatawan Asia, mengenai menu makanan yang dijualnya. Seperti makanan tersebut halal atau tidak.

Lantas, apa saja berbagai makanan Korea halal tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan Korea halal yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Makanan Korea Halal yang Perlu Anda Ketahui!

makanan korea halal

1. Kimchi

Makanan khas Korean Halal ini diolah dari sayuran yang difermentasi dengan berbagai jenis bumbu rempah yang dikombinasikan dengan rasa pedas serta asam. Biasanya, sayuran yang digunakan untuk membuat makanan kimchi ini yaitu lobak, sawi atau juga mentimun.

Sedangkan untuk sausnya biasa memakai cabai, bawang bombay, jahe, bawang putih, pasta udang, serta saus ikan. Umumnya, makanan ini diolah dalam jumlah yang banyak, sebab cocok disantap dengan menu makanan apa saja dan dapat lebih tahan lama apabila disimpan dalam lemari pendingin.

Baca Juga: Makanan Khas Sumatera Barat

makanan korea halal

2. Kimbap

Makanan khas Korea halal ini diolah dari nasi putih. Seperti dengan namanya, bap yang artinya nasi. Tetapi makanan ini tidak cuma berupa nasi, yang menjadikan makanan ini begitu khas yaitu karena di dalamnya masih banyak sekali printilan-printilannya. Seperti sejenis daging, ikan, telur, dan sayuran.

Cara mengolahnya, yaitu biasanya dengan digulung serta pada lapisan luarnya terdapat lembaran rumput laut. Hidangan ini juga memang sengaja dibuat kecil-kecil supaya dapat dilahap dengan sekali suap saja. Unik sekali bukan? Nah, selain itu sayuran yang umum dipakai yaitu bayam, timun, wortel, dan lobak.

makanan korea halal

3. Bibimbap

Makanan khas Korea halal ini diolah dari nasi seperti Kimbap. Tetapi, yang membedakan keduanya yaitu Bibimbap ini dihidangkan dalam mangkuk. Selanjutnya di bagian bawahnya diisi nasi, sementara di bagian atasnya terdapat berbagai lauk, sayuran serta saus sambal.

Tampilan dari makanan khas Korea halal ini menarik serta lucu sekali, sebab warnanya kontras sekali. Cara mengonsumsinya juga menarik, lho. Dengan banyaknya menu yang dikombinasikan di dalam mangkuk, selanjutnya semua diaduk-aduk. Dan tidak lupa juga dihidangkan dalam kondisi panas seperti hot plate.

Baca Juga: Makanan Khas Jawa Tengah

4. Jjajangmyeon

Makanan khas Korea halal ini diolah dari mie besar seperti mie ayam. Tetapi, hidangan satu ini memakai perpaduan antara potongan daging sapi, saus kedelai hitam kental serta sayur. Namun, Jjajangmyeon tidak jarang juga dihidangkan dengan daging babi, jadi Anda perlu lebih waspada sebelum mencicipinya, ya.

Tidak hanya memakai saus kedelai hitam, namun makanan ini juga diberi tambahan air kaldu. Pemberian air kaldu ini tujuannya yaitu supaya bisa mengurangi rasa asin dari pasta kedelai serta maizena atau pati kentang yang terdapat dalam sajian.

5. Sup Rumput Laut

Makanan khas Korea yang ini diolah dari rumput laut. Seperti dengan namanya, miyeok yang artinya rumput laut. Rumput laut ini selanjutnya diolah dengan cara direndam dalam air kaldu sapi atau juga ikan. Lalu ditambah bawang putih, bumbu kecap, garam, dan minyak wijen.

Biasanya, hidangan ini disajikan pada acara ulang tahun, lho. Selain kue ulang tahun, Sup Rumput Laut kerap menandai ada yang tengah berulang tahun. Tidak hanya itu, makanan ini juga biasa dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun ibu menyusui. Sebab, makanan ini sangat dianggap mampu membawa keberuntungan menurut tradisinya.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

6. Tteokbokki

Makanan khas Korea yang ini diolah dari tepung beras yang dibentuk seperti silinder dengan ukuran yang lebih pendek. Nah, hidangan ini biasa dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas serta manis.

Hidangan ini tergolong makanan rakyat di Korea Selatan, lho. Tteokbokki ini juga banyak dijual di pinggir jalan. Tteokbokki juga populer sebagai makanan khas di istana pada masa Dinasti Joseon dengan nama gungjung tteokbokki.

Itulah berbagai makanan Korea halal yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung ke Korea. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda.