10 Manfaat masker pisang untuk kulit wajah yang cantik alami

manfaat masker pisang untuk wajah
manfaat masker pisang untuk wajah
image from www.publicdomainpictures.net

Manfaat masker pisang untuk kulit wajah yang sangat mengagumkan. Serta cara untuk membuat pisang sebagai masker wajah dengan penambahan bahan-bahan alami lain.

 

Sekilas mengenai masker pisang

Pisang merupakan buah yang cukup populer di Indonesia. Buah ini sangat mengenyangkan karena mengandung tinggi karbohidrat dan serat. Pisang memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B6 dan B12. Kedua nutrisi tersebut sangat baik untuk melawan kerutan dan garis-garis halus di wajah. Selain dikonsumsi, pisang juga bisa digunakan sebagai masker wajah untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit anda. Buah pisang bisa bekerja pada berbagai macam jenis kulit termasuk kulit sensitif. Penggunaan pisang juga relatif aman sehingga hampir tidak menimbulkan efek samping apapun pada kulit wajah anda.

Pisang mengandung tinggi antioksidan dan fitokimia penting yang dapat menghaluskan kulit wajah secara alami, sekaligus membuatnya tampak lebih muda. Bagi Anda yang ingin memiliki kulit cantik dan kenyal secara alami tanpa mengeluarkan banyak biaya, masker pisang bisa menjadi pilihan yang baik. Dalam artikel kali ini kita akan membahas Apa saja manfaat masker pisang untuk wajah dan bagaimana cara membuatnya.

 

Manfaat masker pisang untuk kulit wajah

1. Kaya nutrisi untuk kulit wajah

Masker pisang mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah anda. Beberapa vitamin seperti vitamin E, B1, B2, C dan betakaroten yang ditemukan dalam pisang berguna memberikan energi pada kulit wajah. Untuk menjaga kulit tetap sehat, Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisinya dari dalam ataupun dari luar, dan pisang bisa menjadi pilihan yang sangat baik.

2. Mencerahkan kulit wajah secara alami

Masker pisang ternyata memiliki efek pencerah kulit yang sangat baik sekali. Penggunaan pisang secara rutin sebagai masker wajah dapat menghilangkan wajah yang kusam akibat kotoran yang menumpuk. Bagi anda yang membutuhkan perawatan murah untuk memutihkan dan mencerahkan wajah secara alami, bisa mencoba menggunakan masker pisang secara rutin.

3. Menghilangkan jerawat

Polusi dan kotoran yang ada di sekitar kita dapat menyebabkan munculnya masalah pada kulit wajah seperti jerawat. Munculnya jerawat selain menyakitkan, juga cukup merepotkan karena sangat mengganggu penampilan. Jerawat bisa terjadi akibat penumpukan kotoran di wajah, yang menyumbat pori-pori kulit sehingga memungkinkan bakteri untuk bersarang dan menyebabkan jerawat. Masker pisang merupakan pembersih alami kulit yang sangat baik. Menggunakan pisang sebagai masker wajah sangat berguna untuk menghilangkan kotoran yang berpotensi besar mengakibatkan munculnya jerawat di wajah.

4. Menghilangkan garis halus dan keriput di wajah

Masker pisang mengandung tinggi vitamin C yang sangat baik untuk meregenerasi kulit wajah. Munculnya keriput dan garis-garis halus di wajah yang diakibatkan oleh penuaan, bisa terjadi jika regenarasi kulit tidak berjalan dengan baik. Kemampuan masker pisang dalam meregenerasi kulit tidak terlepas dari kandungan vitamin C yang dimilikinya.

Vitamin C berguna meningkatkan produksi kolagen, di mana kolagen merupakan protein penting untuk menciptakan sel-sel kulit baru. Selain itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat yang melindungi kulit wajah dari efek buruk radikal bebas. Efek tersebut mengarah pada munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Untuk mendapatkan manfaat masker pisang untuk wajah ini, anda perlu menerapkannya secara rutin setidaknya 1 kali seminggu.

5. Pembersih alami kulit wajah

Menggunakan masker pisang secara rutin pada kulit wajah dapat membantu anda membersihkannya dari kotoran yang menempel. Masker pisang berguna mengangkat kotoran, sehingga membuat kulit tampak lebih bersih dan sehat secara alami. Kotoran di wajah selain menutupi kecantikan kulit, juga akan menimbulkan masalah lain termasuk munculnya jerawat dan komedo. Kotoran yang bercampur dengan minyak akan membuat kulit tampak lebih kusam, sehingga membuat anda terlihat murung.

Memanfaatkan masker pisang sebagai pembersih wajah sangat direkomendasikan, karena selain aman juga bekerja cukup efektif. Anda perlu mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia untuk membersihkan wajah, karena bisa berakibat buruk untuk kesehatan kulit wajah jangka panjang. Terlebih lagi, kulit wajah merupakan bagian yang sangat sensitif sehingga bahan-bahan yang berpotensi membahayakan kulit bisa sangat dirasakan.

6. Mengatasi wajah berminyak

Manfaat masker pisang untuk kulit wajah yang selanjutnya adalah membantu menghilangkan kelebihan minyak. Kelebihan minyak di wajah akan berdampak kurang baik bagi kesehatannya. Minyak berlebih dapat membuat debu dan kotoran lebih mudah menempel, sehingga menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit wajah. Seperti yang sudah kita ketahui di atas, bahwa kotoran bisa menempel di kulit wajah sehingga menyumbat pori-pori.

Penyumbatan ini pada akhirnya akan menyebabkan jerawat. Untungnya masker pisang dapat bertindak sebagai pembersih alami, untuk mengurangi kelebihan minyak sehingga membuat kulit wajah tampak lebih bersih dan terawat. Manfaat masker pisang untuk wajah ini bisa lebih maksimal dengan cara menambahkannya madu.

7. Mengatasi kulit kering

Manfaat masker pisang untuk kulit wajah yang selanjutnya adalah membantu menngatasi kulit kering. Memiliki kulit kering akan membuatnya tampak tidak sehat. Kulit wajah yang kering bisa terjadi saat produksi minyak terlalu sedikit. Minyak sangat dibutuhkan oleh kulit wajah, agar membuatnya tetap lembab secara alami.
Jika anda memiliki kulit kering, menggunakan manfaat masker pisang untuk wajah bisa menjadi pilihan. Masker pisang adalah paket lengkap untuk wajah karena memiliki tinggi nutrisi dan efek pelembab yang luar biasa.

8. Menghilangkan komedo dan jerawat

Buah pisang memiliki sifat antibakteri sehingga sangat baik untuk mencegah dan menghilangkan jerawat di wajah. Manfaat masker pisang untuk wajah ini akan semakin sempurna saat ditambahkan dengan oatmeal. Oatmeal memang sangat baik sekali terutama untuk pengelupasan sel kulit mati, sehingga kombinasi kedua bahan tadi merupakan salah satu pilihan yang sangat baik sebagai bahan perawatan kecantikan.

Cara membuat masker pisang dan oatmeal untuk menghilangkan komedo dan jerawat di wajah: pertama ambil satu buah pisang berukuran sedang setelah itu haluskan dengan blender. Tambahkan 2 sendok makan bubuk oatmeal ke dalamnya dan aduk hingga merata. Tuangkan sedikit air (secukupnya) agar teksturnya lebih halus sehingga lebih mudah untuk digunakan sebagai masker wajah. Aplikasikan pasta ini ke kulit wajah Anda hingga merata untuk menghilangkan jerawat dan komedo yang membandel.

9. Menghaluskan kulit wajah secara alami

Ada banyak nutrisi penting dalam pisang yang berguna meningkatkan kesehatan kulit wajah. Kemampuan masker pisang dalam menghilangkan kotoran akan membuat kulit tampak lebih halus dan terawat secara alami. Selain itu, kandungan vitamin B3 dalam pisang akan meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mempertahankan kecerahan kulit wajah anda. Untuk mendapatkan manfaat masker pisang untuk kulit wajah ini direkomendasikan menggunakannya secara rutin dan konsisten. Cara menghaluskan kulit wajah secara alami dengan masker pisang sangat mudah, anda tinggal menerapkannya secara rutin pada wajah. Lakukan paling tidak 1 atau 2 kali seminggu.

10. Mencegah penuaan dini

Menerapkan masker pisang secara rutin dapat menghidrasi kulit wajah sehingga mengurangi masalah kulit kering. Kulit wajah yang kering dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam, kerutan dan juga garis-garis halus yang menjadi tanda-tanda penuaan. Untuk menghindari hal ini, anda bisa menerapkan masker pisang secara rutin. Kandungan nutrisi penting dalam pisang bukan hanya melembabkan kulit, tetapi juga meremajakannya secara alami sehingga membuat anda tampak lebih awet muda.

 

Cara membuat masker pisang

Metode 1

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan diantaranya adalah:

  • 1 sendok teh madu.
  • 1 sendok teh jus lemon.
  • 1 buah pisang berukuran sedang.

Langkah pertama hancurkan buah pisang yang sudah matang ke dalam mangkuk menggunakan sendok sampai halus. Tambahkan madu dan lemon tadi ke dalamnya. Sebelum menggunakannya sebagai masker wajah, bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan air kemudian biarkan hingga mengering. Setelah proses pembersihan selesai, balurkan masker pisang tadi ke kulit wajah anda secara merata dan tunggu hingga 15 menit. Terakhir bilas wajah anda dengan air hangat sampai bersih.

Metode 2

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 sendok makan madu.
  • 1 sendok makan yogurt dan.
  • 1 buah pisang yang sudah masak

Langkah pertama, tumbuk buah pisang hingga benar-benar halus seperti pasta. Tambahkan dengan satu sendok makan madu dan yoghurt kemudian aduk hingga semua bahan tadi menyatu dengan baik. Terapkan ke kulit wajah anda secara merata kemudian lakukan pemijatan ringan selama 3 sampai 4 menit. Biarkan masker wajah tadi tetap di kulit anda selama 10 sampai 15 menit. Jika sudah selesai, bilas seperti biasa.

Menggunakan pisang sebagai masker wajah tanpa tambahan bahan apapun juga memiliki banyak manfaat. Akan tetapi bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat lebih penambahan beberapa bahan-bahan lain bisa dilakukan.
Demikian tadi informasi seputar manfaat masker pisang untuk kulit wajah. Semoga informasi di atas berguna bagi anda.