Bumbu Kuah Bakso Ayam

bumbu kuah bakso ayam
Caraprofesor.com

Bumbu Kuah Bakso Ayam – Siapa sih yang taka mengenal bakso? Pasti seluruh masyarakat Indonesia mengenal olahan makanan dari daging satu ini. Makanan yang berbentuk bulat dan bercitarasa gurih dan menyegarkan ini pasti sudah tak asing bagi kita semua.

Biasanya bakso akan dibuat dari bahan dasar dagi ayam ataupun sapi, namun seiring dengan berjalannya waktu banyak kreasi dan resep yang bermunculan dari makanan kuah satu ini. Mulai dari bakso original yang hanya berbahan daging saja, hingga bakso yang dicampur dengan sayuran sebagai isiannya.

BACA JUGA : Makanan Khas Padang

Bebebrapa waktu lalau sempat populer dengan kemunculan varian bakso yang berukuran cukup besar dan juga memeiliki banyak isian di dalamnya, bakso ini biasa disebut dengan bakso beranak.

Nah pada kesempatan kali ini, bukan bakso beranak yang akan kita bahas, melainkan bagaimana cara membuat kuah bakso agar enak dan menyegarkan. Seperti salah satunya kuah kaldu dengan rasa ayam.

Bakso dengan kuah rasa ayam memang sangat banyak sekali penggemarnya, appalagi baso dari ayam ini lebih ekonomis dan muudah dibuat sendiri di rumah. Berikut kami hadirkan ulasan tentang resep cara membuat bumbu kuah baso ayam yang nyegerin, ini dia beritanya.

BACA JUGA : Cara Bikin Nasi Bakar

Resep Bumbu Kuah Bakso Ayam dan Cara Membuatnya

Sumber : http://kbu-cdn.com/

Bahan-bahan :
Bakso ayam, sesuai selera
Ayam, secukupnya (untuk kaldu)
4 batang – Daun bawang (iris-iris)
Daun seledri, menyesuaikan
2,5 liter air
Garam, secukupnya
Gula pasir, 1 sdm
Penyedap rasa, secukupnya
Bawang merah goreng, secukupnya

Bahan bumbu halus :
5 siung – Bawang putih
8 buah – Bawang merah
1 ruas jari
4 butir – Kemiri
3/4 sdt – merica

Langkah Pembuatan :

1. Pertama bersihkan ayam, lalu cincang sesuai selera. Lalu, rebus hasil cincangan hingga empuk atau sekali didihan. Buang airnya.

2. Haluskan bahan bumbu halus seperti, bawang merah, bawang putih,yang jahe, merica, dan juga kemiri.

3. Setelah bumbu halus jadi, tumis bumbu hingga matang dan berbau wangi. Kemudian tambahkan ayam cincang yang tadi sudah direbus. Aduk agar bumbu tercampur rata dengan ayam. Angkat.

BACA JUGA :  Buah untuk Darah Tinggi

4. Siapkan panci berukuran sedang dan tuangkan air secukupnya sebagai kuah. Masukkan bumbu beserta ayam yang telah ditumis tadi ke dalam panci. Masak kuah hingga mendidih.

5. Langkah selanjutnya, tambahkan garam, gula pasir dan penyedap rasa ke dalam panci agar kuah semakin mantap. Tes rasa dan tunggu beberapa saat, sampai air rebusan mendidih dengan sempurna. Setelah dirasa kuahnya telah matang dan rasanya pas, masukkan daun bawang ke dalamnya, aduk aduk.

6. Masukkan bakso ayam sesuai selera dan tunggu agar bakso matang, yaitu mengapung dipermukaan kuah.

7. Terakhir, siapkan mangkok dan tata mie kuning atau bihun putih di bagian paling dasar dari mangkok, kemudian beri irisan seledri di atasnya. Anda juga dapat tambahkan sedikit potongan sayur caisin. Tuangkan bakso beserta kuahnya ke dalam mangkok, dan beri taburan bawang goreng di atasnya.

8. Bakso Ayam siap disantap dan dibumbui sesuai selera.

BACA JUGA : Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Demikian ulasan singkat mengenai tips dan trik membumbui kuah bakso ayam. Semoga ulasan di atas dapat membantu dan sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba.

Pencarian terkait:

  • cara membuat kuah bakso ayam language:id