Minuman untuk Diet

minuman untuk diet

minuman untuk diet

Minuman untuk Diet – Terdapat berbagai minuman sehat yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Minuman sehat tersebut mulai dari teh hijau, jus sayuran dan buah hingga sesederhana air putih. Tidak hanya menjadikan Anda merasa kenyang lebih lama, minuman sehat ini juga baik untuk menghindari berbagai penyakit.

Olahraga secara rutin dan konsumsi makanan tinggi serat seringkali dilakukan guna menurunkan berat badan. Tidak hanya dari olahraga dan makanan, Anda pun dapat mengonsumsi minuman sehat untuk memperoleh berat badan ideal.

Biasanya, minuman sehat tersebut memiliki kandungan berbagai nutrisi dan tinggi serat serta rendah gula dan kalori. Sehingga, mampu membuat efek kenyang serta menekan nafsu makan. Terdapat beragam pilihan minuman sehat yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan.

Lantas, apa saja minuman tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai minuman untuk diet yang sudah caraprofesor.com rangkum  dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Pilihan Minuman untuk Diet yang Perlu Anda Ketahui!

minuman untuk diet

1. Air Putih

Selain menyehatkan, air putih adalah minuman sehat yang paling praktis serta paling mudah dikonsumsi. Sebagai minuman sehat, air putih tidak memiliki kandungan gula ataupun kalori yang berisiko menambah berat badan.

Sebuah riset mengungkapkan bahwa minum air putih selama 8 minggu sebanyak 1,5 liter setiap harinya dinilai mampu menurunkan berat badan. Air putih juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk memperoleh manfaat air putih tersebut, Anda dianjurkan minum 2 gelas air putih sebelum makan supaya memberikan efek kenyang serta menghindari Anda makan dengan porsi berlebihan. Apabila bosan dengan rasa air putih yang tawar, maka Anda dapat menambahkan irisan lemon maupun membuat infused water.

Baca Juga: Manfaat Minuman Yakult

minuman untuk diet

2. Jus Sayuran

Jus sayuran mempunyai gizi yang sama dengan jus buah. Tetapi, jus sayuran memiliki kandungan lebih sedikit kalori jika dibandingkan dengan jus buah.

Dalam secangkir jus tomat memiliki kandungan 40 kalori, sementara secangkir jus jeruk mempunyai 120 kalori. Tidak hanya itu, jus sayuran juga banyak memiliki kandungan serat, sehingga dapat membantu Anda mengendalikan rasa lapar.

minuman untuk diet

3. Jus Buah

Walau mempunyai kalori lebih tinggi dari jus sayuran, jus buah tetap dapat menjadi minuman sehat untuk program diet Anda. Tetapi, jangan mengonsumsi jus buah kemasan yang umumnya sudah ditambahkan pengawet dan gula maupun pemanis buatan.

Anda disarankan untuk membuat sendiri jus buah menggunakan blender ataupun juicer. Anda juga perlu memastikan bahwa jus buah yang Anda konsumsi tidak ditambahkan gula maupun susu kental manis.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Protein Nabati

4. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah salah satu pilihan minuman sehat untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena susu kedelai rendah kalori dan tinggi nutrisi. Anda dianjurkan mengonsumsi susu kedelai rendah lemak dan sudah diperkaya dengan kalsium serta vitamin D.

Susu kedelai juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mempunyai kondisi intoleransi laktosa. Selain itu, susu kedelai mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan osteoporosis.

5. Susu Rendah Lemak

Kelebihan susu rendah lemak yaitu kandungan lemaknya yang lebih sedikit dibanding susu murni. Oleh sebab itu, susu rendah lemak dapat Anda pilih sebagai minuman sehat guna menurunkan berat badan.

Baca Juga: Buah untuk Darah Tinggi

6. Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman sehat kaya akan kandungan antioksidan dan bebas kalori. Tidak hanya mempu menurunkan berat badan, di dalam teh hijau juga terdapat kandungan antioksidan yang mempu mengurangi risiko beragam penyakit, seperti penyakit liver, diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.

Untuk memperoleh manfaat dari teh hijau tersebut, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya 2 kali sehari. Apabila Anda lebih suka dengan teh hijau yang manis, maka jangan menambahkan gula dan pakailah madu sebagai gantinya.

7. Kopi

Bagi Anda yang tengah menjalani program diet, maka Anda dapat memiliki kopi sebagai minuman sehat untuk dikonsumsi. Anda dianjurkan mengonsumsi kopi dengan ditambahkan susu tanpa lemak ataupun kopi tanpa pemanis.

Walaupun begitu, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi kopi secara berlebihan, cukup dua cangkir setiap harinya. Tidak hanya dapat menurunkan berat badan, kopi juga bisa bermanfaat lain, yakni menurunkan risiko penyakit Parkinson, penyakit diabetes tipe 2, serta gangguan fungsi hati.

Baca Juga: Efek Samping Natur-E

8. Smoothies

Membuat smoothies sendiri dari kombinasi buah-buahan, seperti pisang, stroberi dan blueberry dapat menjadi opsi minuman lezat dan sehat untuk diet Anda. Anda dapat menambahkan susu rendah lemak di dalam smoothies supaya tampak lebih kental.

Jangan mengonsumsi smoothies dalam kemasan, sebab umumnya sudah ditambahkan pemanis dan es krim yang menjadikannya tinggi kalori.

Berbagai macam minuman sehat di atas bisa Anda konsumsi untuk menjaga berat badan tetap ideal ataupun menurunkan berat badan. Namun, Anda juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan rutin berolahraga.

Apabila masih sulit memperoleh berat badan ideal sesudah mencoba minuman sehat dan berolahraga secara rutin, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh saran tentang diet yang tepat untuk Anda.

Itulah berbagai pilihan minuman untuk diet yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.