Cara Meredakan Hidung Tersumbat

cara meredakan hidung tersumbat

cara meredakan hidung tersumbat

Cara Meredakan Hidung Tersumbat – Mengalami pilek ataupun hidung tersumbat sangatlah menggangu dalam setiap aktifitas. Selain menyebabkan kesulitan menghirup udara saat bernapas, hidung tersumbat juga dapat menyebabkan sakit kepala, setelahnya mata juga akan terasa panas dan pedih.

Hidung tersumbat atau mampet dapat disebabkan karena berbagai hal, salah satunya ialah akibat iritasi, karena terlalu sering menghirup polusi udara, baik itu dari asap kendaraan atau paparan asap rokok dilingkungan sekitar.

Gejala satu ini umumnya terjadi karena adanya peradangan pada saluran pernafasan, sehingga struktur di dalam hidung mengalami pembengkakan sehingga menimbulkan iritasi. Situasi ini biasanya terjadi akibat pengaruh sakit flu (selesma), alergi, ataupun infeksi sinus (sinusitis).

Kebanyakan orang lebih memeilih mengonsumsi obat flu untuk segera meredakan dan mengatasi hidung tersumbat. Walaupun sebanarnya masih banyak cara-cara alami untuk mengatasinya.

Nah pada ulasan kali ini, kami akanmembahas beberapa cara menghilangkan hidung tersumbat secara alami dan mudah dilakukan. Berikut ulasannya.

BACA JUGA : Sebutkan Manfaat Kebugaran Jasmani

Cara Meredakan Hidung Tersumbat Secara Alami dan Mudah

1. Mandi Air Hangat
Sumber : https://akcdn.detik.net.id/

Hal pertama yang dapat Anda coba laksanakan untuk menuntaskan hidung tersumbat yaitu dengan mandi menggunakan air hangat. Meskipun hal tersebut tak dapat menjamin hidung tersumbat Anda sembuh seutuhnya, namun dengan mandi air hangat dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan plong selama bebrapa saat.

Hal ini dikarenakan, air yang bersuhu hangat dapat mengencerkan lendir yang ada disaluran pernafasan serta mengurangi peradangan di sinus.

BACA JUGA : Cara Menebal kan Bulu Mata

2. Perbanyak Minum Air Putih

Hidrasi atau memenuhi kebutuhan cairan merupakan salah satu kunci untuk menuntaskan masalah hidung tersumbat. Jadi, saat Anda mengalami pilek atau hidung tersumbat, pastikan untuk senantiasa mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, terlebih jika air yang anda minum ialah air hangat.

Air yang Anda konsumsi akan membantu menuntaskan peradangan serta membantu mengencerkan dahak, sehingga pernafasan akan terasa lebih lega dan nyaman.

3. Menghirup Uap
Sumber : https://surabayapagi.com/

Cara selanjutnya yang bisa dicoba ialah dengan menghirup uap panas dari air rebusan yang ditambah dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Tak hanya air panas yang dicampur dengan minyak kayu putih saja, Anda juga dapat mencampurkannya dengan herbal lain, contohnya seperti daun mint.

BACA JUGA : Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

4. Semprot Hidung dengan Air Garam

Langkah lainnya untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan menyemprotkan larutan garam ke bagian hidung. Anda dapat menerapkan produk yang sudah jadi berupa nasal saline spray yang memang mengandung air garam (saline) di dalamnya. Dengan menggunakan cairan garam, lendir yang tertahan di saluran pernafasan dapat mencair, air garam juga membantu dalam melembapkan saluran pernafasan.

Selain menyemprotkan cairan garam ke hidung, Anda juga dapat berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam dipercaya menjadi salah satu cara ampuh dalam menuntaskan masalah hidung tersumbat, khususnya apabila disertai keluhan lendir kental di belakang tenggorokan (dahak).

BACA JUGA : Bahaya Vape Atau Rokok

5. Gunakan Minyak Kayu Putih
Sumber : https://topcareer.id/

Minyak kayu putih dihasilkan dari daun pohon eukaliptus, minyak satu ini terbukti ampuh dalam mengatasi beragam masalah, seperti untuk menghangatkan badan, menghilangkan rasa gatal hingga mengatasi gejala flu lainnya.

Dengan menghirup minyak kayu putih, masalah hidung tersumbat, peradangan pada lapisan hidung dan memudahkan saluran pernafasan, akan Anda rasakan. Cukup teteskan 5-6 tetes minyak ke dalam wadah (panci) berisi air mendidih dan kemudian hirup uapnya seketika itu juga.

6. Minum Air Rebusan Jahe

Herbal jahe juga dapat dimanfaatka untuk menghilangkan masalah hidung tersumbat. Sebab, jahe mempunyai sifat anti-bakterial yang menghangatkan. Sehingga, mengonsumsi air jahe dipercaya sanggup melegakan masalah hidung tersumbat dengan tepat sasaran dan mudah.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu parut jahe. Kemudian, letakkan dalam sebuah mangkuk yang berisi air mendidih dan biarkan selama kurang lebih lima menit. Terakhir saring airnya selagi hangat dan tambahkan perasan lemon segar serta madu.

7. Cuka Apel
Sumber : https://halishe.com/

Selain dapat mengatasi masalah kulit berjerawat, cuka apel juga berkhasiat dalam melegakan hidung tersumbat. Banyak pakar gizi berpendapat bahwa, menggunakan cuka sari apel untuk mencegah masalah batuk dan pilek terbilang efektif, karena cuka apel ampuh dalam mengencerkan lendir dan dahak.

Namun dosis yang kamu gunakan haruslah sesuai anjuran pihak yang lebih ahli dan tidak boleh terlalu banyak, karna dihawatirkan akan mengiritasi kulit.

BACA JUGA : Obat Koreng Bernanah di Apotik

Nah, itulah beberapa tips dan trik cara meredakan hidung tersumbat dengan alami dan aman. Semoga bermanfaat dan dapat mengatasi masalah hidung tersumbat yang tengah Anda alami.