manfaat masker yogurt
image from pixabay.com

7 Manfaat masker yogurt untuk menghilangkan jerawat di wajah

Posted on
manfaat masker yogurt
image from pixabay.com

Cara mendapatkan manfaat masker yogurt untuk menghilangkan jerawat di wajah yang sangat mudah dan praktis tentunya memiliki tingkat keefektifan yang cukup baik. Yogurt merupakan salah satu alternatif yang cukup baik untuk mengatasi berbagai macam masalah pada kulit wajah. Masker yogurt saat ini semakin populer di dunia dan juga di Indonesia karena kandungan nutrisinya sangat melimpah. Bahkan yogurt telah lama digunakan sejak zaman kuno untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah. Beberapa teks kecantikan ayurveda kuno telah berbicara panjang lebar tentang penggunaan yogurt terutama untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah.

 

Kandungan nutrisi dalam yogurt

Manfaat yogurt untuk kulit wajah tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang sangat melimpah termasuk asam laktat, seng, vitamin B, kalsium serta beberapa nutrisi penting lainnya yang berpotensi besar untuk kecantikan kulit wajah.

Asam laktat: Ini merupakan salah satu nutrisi penting yang berguna mengelupaskan sel kulit mati sehingga membuat kulit lebih bersih, bercahaya dan sehat secara alami.

Kalsium: lapisan kulit kita yang paling atas terdiri dari nutrisi penting yang disebut kalsium. Kalsium merupakan mineral yang juga menyusun tulang kita sehingga membuatnya lebih kuat. Kekurangan kalsium bukan hanya berdampak buruk untuk tulang, tetapi juga kesehatan kulit. Kekurangan kalsium akan membuat kulit wajah lebih kering, bersisik, dan pecah-pecah.

Seng: mineral ini terkenal karena kemampuannya dalam membantu menyingkirkan jerawat di wajah. Penggunaan produk berbahan seng secara topikal dapat membantu anda menghilangkan jerawat dan mengatasi masalah kulit lainnya yang diakibatkan oleh inflamasi. Penerapan seng pada kulit wajah akan menghambat perkembangan bakteri yang menjadi penyebab jerawat seperti propionibacterium acnes.

Vitamin B Complex: vitamin B Complex berguna melembabkan kulit wajah dan mencegahnya dari kekeringan. Selain itu, vitamin B kompleks juga berguna memerangi radikal bebas yang mencuri oksigen dari sel-sel kulit yang sehat sehingga akan merusaknya. Proses ini pada gilirannya akan memperlambat penuaan kulit sekaligus membuatnya lebih cerah dan lentur secara alami.

 

Manfaat masker yogurt untuk wajah berjerawat

1. Masker yogurt dan lemon

Yogurt mengandung antibakteri yang sangat baik untuk mencegah pertumbuhan jerawat di wajah. Saat dicampur dengan lemon maka membuat masker yogurt ini sangat baik sekali untuk membersihkan wajah anda dari jerawat. will ivermectin cream help rhisesea on my nose Keduanya berperan penting dalam mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Selain itu, lemon juga merupakan zat alami yang bisa merawat kulit wajah berminyak karena kandungan asam sitrat di dalamnya belum.

Cara menghilangkan jerawat dengan yogurt dan lemon: pertama bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan air untuk menghilangkan kotoran di wajah. Selanjutnya campur 1 sdm yogurt tawar dan ½ sdt jus lemon segar. Gunakan ujung jari yang bersih untuk mengoleskan campuran bahan tadi dengan gerakan melingkar yang lembut. Biarkan selama sekitar 15 menit atau hingga masker kering dengan sendirinya. Langkah terakhir bilas wajah anda dengan air dingin dan tepuk dengan handuk hingga kering. Setelah selesai Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk melembabkan kulit wajah yang agak kering dan kaku setelah menggunakan lemon dan yogurt tadi.

2. Masker wajah dari yogurt dan madu

Manfaat masker yogurt untuk wajah yang berjerawat selanjutnya adalah dengan menambahkannya madu murni. Yogurt mengandung asam laktat yang bukan hanya membunuh jerawat tetapi juga mempertahankan keseimbangan PH alami kulit wajah. Asam laktat juga berperan penting dalam menghilangkan jerawat. Sedangkan madu adalah humektan alami yang itu artinya dapat mengunci kelembaban kulit wajah anda. Madu juga mengandung sifat anti-bakteri dan anti-jamur, yang bisa melawan kuman penyebab jerawat sekaligus menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh jerawat. ivermectin buy online india

Cara menggunakannya: Pertama campur satu sendok makan yogurt polos dengan 1 sendok teh madu mentah. kobe ivexterm Aduk kesemua bahan di atas dalam mangkuk lalu oleskan pada area wajah dan biarkan selama 10 menit. Jika sudah selesai bilas dengan air hangat sampai bersih. Masker wajah ini bukan hanya membantu menghilangkan jerawat tetapi juga mencegahnya muncul kembali.

3. Masker yogurt dan putih telur

Sifat antibakteri yogurt membantu menghilangkan kuman dan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan putih telur bekerja dalam meremajakan kulit sehingga mencegah munculnya bekas jerawat saat jerawat sudah mulai mereda. Jadi manfaat masker yogurt untuk wajah akan sangat terbantu dengan ditambahkannya putih telur. Selain membantu meremajakan wajah, putih telur juga berguna menghilangkan kelebihan minyak, mengecilkan pori-pori kulit, sekaligus mengatur jumlah sebum yang berada di kulit wajah. Kelebihan sebum merupakan salah satu penyebab umum jerawat.

Cara membuat masker putih telur dan yogurt untuk menghilangkan jerawat tidaklah sulit. Pertama siapkan satu sendok makan putih telur dan 1 sendok makan yogurt organik. Pecahkan 1 butir telur tadi lalu ambil putihnya. Di saat yang bersamaan ambil satu sendok makan yogurt lalu masukkan ke dalam mangkuk bersam dengan putih telur tadi.

Aduk keduanya selama beberapa sekitar 1 menit hingga kedua bahan tadi menyatu. Jika sudah sudah mendapatkan tekstur yang diinginkan terapkan masker yogurt dan putih telur ke area wajah hingga merata. Tunggu setidaknya 15 menit atau hingga masker yogurt dan putih telur kering.

4. Masker yogurt dan baking soda

Selain putih telur, baking soda merupakan salah satu bahan campuran yang cukup baik untuk membuat manfaat masker yogurt bertambah kuat dalam menghilangkan jerawat di wajah. Saat digunakan dengan bijak baking soda merupakan bahan yang cukup berpotensi untuk menyingkirkan jerawat dari wajah anda. Penggunaan yogurt dan baking soda ini bukan hanya membantu mengendalikan jerawat di wajah tetapi juga membuatnya lebih lembut dan halus secara alami.

Sama halnya dengan yogurt, baking soda juga memiliki kemampuan dalam mengatur keseimbangan PH kulit, dimana hal ini terbukti efektif dalam mengurangi tingkat jerawat di wajah. Bukan hanya itu, baking soda juga terkenal karena kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati karena memiliki sifat abrasif ringan. Pengangkatan sel kulit mati pada gilirannya akan membantu membersihkan kotoran dan juga meningkatkan cahaya alami kulit wajah anda.

Cara menghilangkan jerawat dengan baking soda dan masker yogurt: langkah pertama campur satu sendok makan yogurt dan setengah sendok teh baking soda. Aduk bahan-bahan di atas sampai membentuk sebuah pasta halus, lalu oleskan ke area wajah. Biarkan sambil bersantai selama 10 menit lalu cuci bersih wajah anda setelahnya. Untuk mencegah kulit menjadi lebih kering gunakan pelembab alami setelahnya.

5. Oatmeal dan yogurt

Kandungan asam laktat dalam yogurt bukan hanya berguna menghilangkan jerawat tetapi juga meningkatkan kecerahan warna kulit anda. Asam laktat secara lembut mengelupaskan sel kulit mati sehingga membuat wajah tampak lebih cerah. Hal ini dikarenakan sel kulit mati biasanya menutupi kilau alami wajah anda sehingga membuatnya tampak lebih kusam. Jadi anda akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan masker yogurt. Sedangkan oatmeal sendiri merupakan exfoliant alami yang juga berperan penting dalam mengelupaskan sel kulit mati. Kelebihan lainnya dari oatmeal adalah kemampuannya dalam menghilangkan sebum yang biasanya menutupi pori-pori kulit sehingga menciptakan jerawat. Ini sangat penting sekali dalam mencegah munculnya jerawat di wajah.

6. Yogurt dan lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk wajah sangat menakjubkan, diantaranya adalah menghilangkan flek hitam bekas jerawat, dan melembabkan kulit wajah secara alami. Dari manfaatnya tersebut maka tidak heran jika lidah buaya bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat saat dikombinasikan dengan yogurt. Cara menghilangkan jerawat dengan yogurt dan lidah buaya yang pertama adalah dengan menghaluskan gel lidah buaya terlebih dahulu.
Setelah gel lidah buaya halus masukkan ke dalam mangkuk lalu tambahkan dengan 1 sampai 2 sendok makan yogurt. Seperti biasa aduk keduanya hingga menyatu lalu gunakan sebagai masker wajah.

7. Yogurt dan jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan campuran yogurt yang sangat baik sekali untuk menghilangkan jerawat. Setelah sebelumnya kita membahas mengenai cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis kali ini kita akan melihat kemampuan dari kedua bahan ini saat dikombinasikan, pastinya akan jauh lebih baik.

Cara menghilangkan jerawat dengan yogurt dan jeruk nipis: Pertama tambahkan satu sendok teh jeruk nipis ke dalam 2 sendok makan yogurt polos. Setelah itu aduk kedua bahan tadi hingga terbentuk sebuah pasta yang halus dan kental. Gunakan untuk menutupi kulit wajah anda yang terdapat jerawat lalu diamkan selama 15 menit. Langkah terakhir anda bisa membilasnya dengan air bersih hingga tidak ada masker yogurt yang tersisa di wajah.

Catatan: Agar manfaat masker yogurt untuk menghilangkan jerawat di wajah ini bekerja maksimal, sebaiknya gunakan yogurt tawar yang tidak memiliki rasa atau tanpa tambahan pemanis buatan.

Demikian tadi manfaat masker yogurt untuk menghilangkan jerawat di wajah semoga dapat membantu menambah wawasan Anda. Dan terimakasih sudah berkunjung di caraprofesor.com, jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kamu.

Baca juga  Cara Pakai Masker Bioaqua