Manfaat Rebusan Daun Pegagan Mencegah Berbagai Penyakit. Check It!

manfaat rebusan daun pegagan

manfaat rebusan daun pegagan

Manfaat Rebusan Daun Pegagan – Centella asiatica atau sering dikenal daun pegagan adalah tanaman yang tumbuh secara liar di negara-negara Asia seperti Indonesia, Tiongkok, Jepang, dan India. Semenjak ribuan tahun yang lalu, daun pegagan diandalkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Tanaman obat herbal ini biasa diaplikasikan sebagai obat tradisional di Tiongkok dan India. Umumnya, kita mengetahui adanya kandungan Centella asiatica dalam perawatan wajah seperti pelembap dan serum.

Tetapi, terbukti daun pegagan juga bermanfaat untuk mengobati dan mencegah berbagai masalah kesehatan tubuh. Beberapa masalah kesehatan yang dapat diselesaikan dengan ramuan daun pegagan ini.

Kandungan nutrisinya yang banyak, membuat ekstrak daun pegagan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran dengan manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat rebusan daun pegagan yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Manfaat Rebusan Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Coba

1. Mengurangi Kecemasan, Stres dan Depresi

Kecemasan, stres, dan depresi dapat dikurangi dengan daun pegagan, yaitu dengan cara mengontrol aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA).

Daun pegagan mengandung asam asiatat yang dapat memicu penyerapan GABA oleh otak. Sehingga, dibanding obat-obat kimia lainnya, daun pegagan menjadi obat herbal yang lebih aman untuk mengatasi gangguan kecemasan dan depresi.

2. Membantu Meringankan Insomnia

Pegagan juga dapat diaplikasikan untuk mengobati insomnia yang adakalanya menyertai kondisi ini, mengingat kemampuannya untuk mengatasi gangguan kecemasan, stres, dan depresi.

Beberapa orang menganggap obat herbal ini sebagai alternatif yang aman untuk obat resep yang diaplikasikan untuk mengobati insomnia dan gangguan tidur lainnya.

3. Membantu Mengurangi Stretch Mark

Daun pegagan dapat mencegah munculnya selulit baru pada kulit dan mengurangi munculnya stretch mark. Produksi kolagen dalam tubuh dapat meningkat dengan adanya terpenoid yang ditemukan di pegagan.

Hal ini dapat membantu mencegah terbentuknya stretch mark baru, serta membantu menyembuhkan selulit yang telah ada.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka dan Bekas Luka

Efek penyembuhan pada berbagai jenis luka dimiliki obat luka atau pembalut luka yang mengandung pegagan. Oleskan beberapa kali sehari, salep yang mengandung ekstrak pegagan 1% ke area yang terkena luka seperti robekan tidak teratur yang disebabkan oleh trauma benda tumpul, luka sayatan akibat benda tajam dan jaringan yang terinfeksi.

manfaat rebusan daun pegagan

Sumber: https://doktersehat.com

5. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Sifat anti-inflamasi pegagan bermanfaat dalam mengobati radang sendi. Mengkonsumsi ekstrak pegagan dapat mengurangi peradangan sendi, erosi tulang rawan, dan erosi tulang. Pada sistem kekebalan tubuh, efek antioksidannya juga berdampak positif.

6. Mengobati dan Mencegah Jerawat

Menggunakan serum yang mengandung centella asiatica atau obat jerawat dapat membersihkan wajah dari jerawat tanpa meninggalkan bekas sekaligus mempercepat proses pemulihan.

Selain itu, daun ini juga mampu mencegah pembentukan luka bekas jerawat atau hiperpigmentasi, karena daun pegagan dinilai efektif dalam meningkatkan produksi kolagen. Meningkatkan produksi kolagen pada tubuh juga dinilai efektif untuk menghilangkan luka bekas jerawat.

7. Membantu Meningkatkan Fungsi Kognitif

Tahun 2016, efek ekstrak pegagan dan asam folat dibandingkan pada sebuah studi kecil dalam meningkatkan fungsi kognitif setelah stroke.

Studi ini menilai dampaknya pada tiga golongan peserta; satu mengkonsumsi 750 mg pegagan per hari, satu mengkonsumsi 1.000 miligram (mg) pegagan per hari dan satu mengkonsumsi 3 mg asam folat per hari.

Pegagan lebih efektif dalam meningkatkan domain memori, meskipun asam folat dan pegagan sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan kognisi secara keseluruhan.

8. Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer

Pegagan memberikan potensi dalam mengobati penyakit Alzheimer, karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi syaraf.

Dalam sebuah penelitian, efek sederhana dalam melindungi sel-sel otak dari toksisitas dimiliki ekstrak pegagan. Sel dari pembentukan plak yang terkait dengan Alzheimer juga dapat dilindungi dengan ekstrak pegagan.

9. Mengatasi Penuaan Dini

Produksi kolagen alami di dalam tubuh akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Meskipun, kolagen adalah protein yang memiliki peranan penting dalam mengatasi penuaan dini karena kolagen dapat menjaga elastisitas kulit terlebih pada kulit wajah dan leher.

Menurut penelitian, daun pegagan secara efektif mampu membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh sehingga mencegah penuaan pada kulit wajah dan leher.

10. Memperlancar Sirkulasi Darah dan Mengurangi Pembengkakan

Ditemukan pada penelitian pada 2001 bahwa pegagan dapat mengurangi pembengkakan pergelangan kaki dan masalah retensi cairan.

Ditunjukkan juga pada penelitian sebelumnya bahwa pegagan dapat bermanfaat dalam mengobati varises. Mungkin, hal ini dikarenakan efek metabolik positif pada jaringan ikat dinding pembuluh darah dimiliki pegagan.

11. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan antibakteri yang dimiliki pada daun pegagan dinilai efektif untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare. Sejumlah masalah pencernaan lainnya, seperti perut begah dan asam lambung, juga dapat diselesaikan dengan mengkonsumsi daun herbal ini.

Itulah manfaat dari daun pegagan bagi kesehatan tubuh. Meskipun telah terbukti khasiatnya, beberapa masih perlu penelitian lebih lanjut.

Kandungan Daun Pegagan

Khasiatnya yang mampu mengobati berbagai penyakit mungkin karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Berikut ini kandungan yang terdapat pada daun pegagan:

  • Asiaticoside
  • Thankuniside
  • Isothankuniside
  • Madecassoside
  • Brahmoside
  • Brahmic acid
  • Brahminoside
  • Madasiatic acid
  • Meso-inositol
  • Centelloside
  • Carotenoids
  • Hydrocotylin
  • Vellarine
  • Tanin
  • Kalium
  • Natrium
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Glikosida triterpenoida
  • Zat vellarine

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor untuk Anak-anak Beserta Bayi. Bunda Wajib Baca!