Manfaat Sereh dan Jahe sebagai Minuman Kesehatan. Yuk, Wajib Baca!

manfaat sereh dan jahe

manfaat sereh dan jahe

Manfaat Sereh dan Jahe – Air rebusan serai dan jahe merupakan minuman aromatik dan penghangat tubuh. Tidak hanya sedap, air rebusan serai dan jahe juga sudah terbukti menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan.

Serai merupakan tanaman herbal yang berasal dari India, Sri Lanka, dan Indonesia, yang sekarang telah tumbuh dan dibudidayakan banyak negara di semua dunia. Batang serai merupakan rempah biasa dalam masakan Asia, tetapi juga dapat diseduh bersama dengan teh, jahe, atau lemon sebagai minuman herbal yang menyehatkan.

Pada beberapa penelitian tertarik mengetahui manfaat kesehatan dari mengonsumsi air serai dan jahe yang direbus. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat sereh dan jahe yang sudah caraprofesor.com rangkum berikut ini!

Berbagai Manfaat Sereh dan Jahe sebagai Minuman Kesehatan yang Wajib Anda Tahu

1. Menurunkan Kolesterol

Pada tahun 2011, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology menyuarakan bahwa serai mengandung minyak atsir yang mendukung kadar kolesterol sehat, karena memiliki sifat anti-hiperkolesterolemia dan anti-hiperlipidemik.

Serai juga dapat membantu mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan mempertahankan kadar trigliserida yang sehat.

2. Mengurangi Peradangan

Baik serai dan jahe merupakan ramuan anti-inflamasi. Sebuah tulisan yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food mencatat bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi nonsteroid dan memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Sementara serai dapat menghambat pembentukan asam yang menyebabkan peradangan, karena ditemukan senyawa yang disebut sitral didalamnya. Sehingga, mengonsumsi air rebusan serai dan jahe baik pada saat Anda memiliki masalah saluran pernafasan dan tenggorokan.

3. Kaya Antioksidan

Journal of Agricultural and Food Chemistry menerbitkan sebuah studi yang menemukan bahwa serai mengandung antioksidan. Antioksidan bekerja dengan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan dan herbal yang kaya antioksidan secara teratur dapat menurunkan risiko terkena sebagian penyakit kronis. Dibandingkan dengan tanaman lain, jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal tersebut ditemukan pada sebuah penelitian lain.

manfaat sereh dan jahe

Sumber: https://sajiansedap.grid.id

4. Menurunkan Berat Badan

Serai dapat membantu menurunkan trigliserida, kadar kolesterol LDL dan VLDL yang buruk, kadar glukosa, kolesterol total dan peningkatan kadar kolesterol HDL yang baik. Hal tersebut ditemukan pada penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology.

Serai dapat diaplikasikan sebagai detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme. Sifat diuretiknya mampu menunjang metabolisme sehat yang dapat menurunkan berat badan. Pada orang yang mengonsumsinya, dikenal jika jahe dapat meningkatkan perasaan kenyang dan menurunkan nafsu makanan.

5. Mengatasi Cemas Berlebih

Wewangian serai dipercaya mampu membantu mengurangi kecemasan dan stres. Jahe juga dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres. Air rebusan serai dan jahe panas yang dikonsumsi dapat membuat tubuh menjadi segar dan rileks.

Serai terdiri dari minyak esensial dan senyawa bermanfaat seperti metil heptenon, dipentene, geraniol, neroli, citronellol, dan myrcene. Minyak serai telah banyak diaplikasikan untuk aromaterapi sebab efek terapeutiknya, yang membantu merevitalisasi tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Serai dan jahe memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan kuman Streptococcus mutans, merupakan kuman penyebab kerusakan gigi. Mengonsumsi air rebusan serai dan jahe dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan menjaga supaya mulut tetap segar dan bersih.

7. Meredakan Nyeri dan Sakit Kepala

Dipercaya serai dan jahe memiliki efek untuk meredakan rasa sakit. Nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, nyeri haid, sampai sakit kepala dapat diredakan dengan minum air rebusan serai dan jahe.

Sejumlah penelitian pun telah menemukan fakta bahwa jahe dapat mengurangi rasa sakit seefektif obat-obatan seperti asam mefenamat dan ibuprofen.

8. Mencegah Kanker

Serai dikenal dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker tanpa memberi pengaruh sel-sel tubuh yang sehat. Karena adanya senyawa kimia yang disebut citral, serai menampilkan hasil yang menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. Hal tersebut ditunjukkan penelitian terhadap aktivitas anti-kanker

Terhadap sebagian garis sel kanker, citral dalam serai dianggap memiliki kemampuan anti-kanker yang kuat. Citral dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau menyebabkan kematian sel secara langsung. Gingerol pada jahe juga telah dikenal dan diteliti memiliki sifat anti-kanker.

Terkadang air rebusan serai dan jahe diaplikasikan sebagai terapi tambahan selama radiasi dan kemoterapi dengan pengarahan spesialis onkologi.

9. Melancarkan Pencernaan

Dipercaya efek diuretik pada serai mampu mengatasi perut kembung. Secangkir air rebusan serai dan jahe merupakan obat opsi untuk mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Selain itu, minyak atsiri daun serai juga mampu melindungi lapisan perut terhadap kerusakan pengaruh aspirin dan etanol. Sementara jahe dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan kronis, sehingga menyehatkan pencernaan.

10. Detoksifikasi Tubuh

Karena sifat diuretiknya, serai dapat membuang dan membantu membersihkan limbah beracun berbahaya dari tubuh. Detoksifikasi membantu menurunkan kadar asam urat, serta membantu pengontrolan bermacam organ tubuh termasuk hati dan ginjal.

Kuantitas dan frekuensi buang air kecil dapat ditingkatkan dengan efek diuretik dari air rebusan serai dan jahe, yang membantu detoksifikasi tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan. Manfaat rebusan air serai dan jahe juga untuk menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi.

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Tua bagi Kesehatan Tubuh. Yuk, Simak Ulasannya!