Apa Kegunaan Berita Bagi Pelajar

apa kegunaan berita bagi pelajar

 

apa kegunaan berita bagi pelajar

Apa Kegunaan Berita Bagi Pelajar – Berita ialah sekumpulan informasi yang berbentuk, cerita, atau keterangan mengenai suatu kejadian maupun peristiwa tertentu yang telah terjadi saat ini atau belum terjadi dan hanya sedang diperbincangkan. Berita dapat ditamilkan di berbagai macam media cetak hingga digital seperti koran, majalah, tabloid, TV, radio dan secara online.

Informasi yang didapat dari sebuah berita baik dari surat kabar maupun dari mulut ke mulut dapat membawa manfaat yang besar bagi banyak orang. Sebab, berita dapat memberikan pengertian kepada kalayak umum mengenai topik terbaru tentang suatu kejadian kongkret yang terjadi di lingkungan sekitar maupun dunia luar.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak maupun pelajar juga dapat ikut merasakan manfaat dan kegunaan dari berita dalam berbagai bentuk. Apa saja kegunaannya? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

BACA JUGA : Teknologi Informasi Komunikasi adalah…

Apa Kegunaan dan Manfaat Berita Bagi Pelajar?

Berikut beberapa manfaat dan kegunaan yang akan diperoleh seorang pelajar jika gemar membaca berita, adapun ulasannya sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis

Sumber : https://www.jd.id/

Manfaat dari membaca berita yang pertama ialah dapat memberikan manfaat yang baik bagi setiap individu, khususnya bagi para pelajar sekolah. Dengan membaca berita, kemampuan membaca dan menulis seorang pelajar akan meningkat dan memiliki pembendaharaan kata yang banyak pula.

Dalam sebuah teks berita, terdapat banyak kosakata yang cenderung sulit untuk diterjemahkan seorang pelajar, sebab memang bahasnya tingkat tinggi. Namun jika dibiasakan, maka kosakata-kosakata sulit tersebut akan menjadi lebih mudah dipahami dan dimengerti. Hal inilah yang akan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pelajar menjadi kian baik.

BACA JUGA : Infus Water Jeruk Nipis

2. Sumber Pengetahuan Umum Terbaik

Melalui berita, seorang pelajar akan lebih mudah mendapatkan berbagai informasi mengenai pengetahuan umum seperti penemuan kreatif terbaru dan banyak hal inovatif yang diberitakan di surat kabar.

Dengan begitu mereka akan mendapatkan pandangan baru yang lebih unik, tentang apa yang sedang terjadi dan hal-hal positif apa yang dapat mereka lakukan saat ini.

3. Menjadi Pembicara yang Baik

SUmber https://cdn.popmama.com/

Manfaat selanjutnya dari berita bagi pelajar ialah agar bisa mendapatkan berbagai informasi tentang beragam topik yang sedang hangat dalam berita. Informasi yang diperoleh setelah membaca ini kemudian dapat disampaikan kepada para temannya melalui kata-kata.

Membaca berita tak hanya dapat meningkatkan kecakapan membaca, tapi juga dapat mengasah kemampuan berbicaranya. Saat seorang pelajar memiliki pengetahuan tentang suatu topik yang berbeda, dia dapat mengutarakannya tanpa ragu di depan orang lain.

Ilmu pengetahuan yang mereka peroleh dari berita dapat meningkatkan kepercayaan dirinya. Artinya, membaca berita setiap hari dapat dijadikan kebiasaan yang baik bagi para pelajar.

BACA JUGA : Alat Komunikasi Jaman Dulu

4. Menjadi Sumber Rujukan / Referensi

Informasi yang terdapat pada sebuah berita dapat menjadi sumber acuan bagi seorang pelajar dalam mengerjakan tugas.

Misalnya saja untuk melakukan sesuatu, kadang kala kita memerlukan acuan yang dijadikan sebagai tutorial yang dapat kita tiru. Berita yang layak untuk urusan seperti ini, adalah berita tentang tutorial, cara atau berbagai metode melakukan sesuatu. Seperti trik dan tips memasak, dan lain sebagainya.

5. Bahan Pertimbangan Pengambilan Keputusan

apa kegunaan berita bagi pelajar
Sumber : https://cdn.idntimes.com/

Berita juga dapat membantu para pelajar dalam setiap pengambilan keputusan. Terkadang, sesuatu yang akan kita putuskan pernah dijalankan juga oleh orang lain dan ditayangkan lewat berita TV dengan cara wawancara.

Saat seorang pelajar menontonnya, berita itu dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dapat melakukan suatu hal maupun saat berkegiatan.

BACA JUGA : Cara Rekam Layar HP

6. Sebagai Sumber Inspirasi

Kadang kala berita juga kerap menyampaikan tentang profil keberhasilan atau kesuksesan seseorang dalam berbagai macam bidang. Hal ini dapat dipakai atau diikuti oleh para pelajar sebagai sumber pandangan baru untuk dapat memotivasi dirinya dalam meraih sukses sesuai dengan bidang yang digemarinya.

Dari sekian banyak berita yang telah bermunculan, tak hanya untuk ditonton saja, sepatutnya kita juga mengambil manfaat serta intisari pesan moral yang ada di dalamnya agar hidup semakin maju dan berkembang.

BACA JUGA : Apa Itu Bisnis Waralaba dan Contohnya

Demikian ulasan mengenai apa kegunaan berita bagi pelajar, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.