Top 7 daftar makanan untuk mencegah penuaan dini

Nutrisi
image from pixabay.com

Makanan tertentu ternyata dapat membantu anda terlihat tampak lebih muda. Hal ini dikarenakan beberapa jenis makanan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kecukupan nutrisi akan membantu mempertahankan kesehatan anda. Penuaan sebenarnya adalah hal yang wajar, akan tetapi terkadang bisa lebih cepat daripada biasanya. Beberapa makanan, terutama yang mengandung tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penuaan. Selain antioksidan nutrisi lainnya juga bisa mencegah penuaan dini dan membuat anda terlihat lebih muda. Makanan apa saja itu? Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Kerang

Kerang adalah salah satu makanan yang ternyata dapat mencegah penuaan dini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kerang dapat mengurangi resiko berkurangnya kepadatan otot yang terkait dengan usia. Hal ini dikarenakan kerang menjadi sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein dalam kerang berguna membuat anda tetap lincah bergerak dengan otot yang kuat. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan seng yang terdapat dalam kerang berguna memperlambat degenerasi makula.

2. Teh hijau

Makanan untuk mencegah penuaan dini yang selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau mengandung tinggi antioksidan yang sangat baik sekali untuk mencegah tanda-tanda penuaan termasuk kerutan di wajah. Para peneliti dari Norwich BioScience Institutes baru-baru ini telah menemukan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau berguna menghalangi VEGF, suatu molekul yang dapat memberi sinyal dalam tubuh untuk memicu penumpukan plak di arteri. Penumpukan plak di dinding Arteri dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan penyakit vaskular.

3. Jamur

Jamur mengandung tinggi tembaga yang merupakan mineral penting untuk mencegah munculnya uban. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Biological Trace Elemental Research menemukan bahwa orang yang memiliki rambut beruban (lebih cepat) biasanya memiliki kadar tembaga yang lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kandungan tembaga dalam jamur sangat penting sekali untuk mencegah penuaan dini.

Tubuh kita membutuhkan tembaga untuk menghasilkan pigmen pada kulit dan rambut. Sehingga saat seseorang mengalami kekurangan tembaga, maka akan menyebabkan penuaan dini. Salah satu jenis makanan yang kaya akan tembaga adalah jamur shitake. Dalam satu cangkir jamur jenis ini menyediakan hingga 70% dari kebutuhan tembaga harian Anda.

4. Keju cheddar

Seiring bertambahnya usia, biasanya ada banyak masalah yang terjadi pada gigi dan mulut Anda. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan PH di dalam mulut. Kabar baiknya, ternyata mengkonsumsi keju cheddar secara rutin dapat membantu Anda membersihkan gigi dan mulut secara alami.

Menurut sebuah studi dalam Jurnal General Dentistry menunjukkan, bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi keju cheddar dapat meningkatkan PH mulut, sehingga mencegah gigi berlubang dan masalah mulut lainnya.

5. Jeruk

Diantara fungsi dan manfaat vitamin C adalah meningkatkan fungsi otak dan mencegah penuaan. Buah jeruk diperkaya dengan vitamin C yang merupakan antioksidan penting. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa antioksidan dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan di wajah. Jadi, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, maka akan membuat kulit tampak lebih sehat alami.

6. Infus water

Infus water bisa dijadikan salah satu solusi terbaik untuk mencegah penuaan dini. Salah satu manfaat infused water adalah membantu menghilangkan kantung mata secara alami. Beberapa penyebab utama munculnya kantung mata adalah dehidrasi berlebih, konsumsi makanan asin, cuaca panas, dan penyalahgunaan alkohol. Beberapa jenis buah yang cukup baik digunakan untuk infused water adalah buah kiwi, jeruk, melon dan lemon.

7. Buah anggur

Polusi udara dan radikal bebas merupakan salah satu penyebab kerutan di wajah. Anda bisa mencegahnya dengan banyak mengkonsumsi anggur yang merupakan buah dengan tinggi antioksidan. Antioksidan dalam anggur berguna mencegah efek merugikan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerutan dan garis-garis halus di wajah. Selain itu, kandungan antosianin dalam anggur juga berguna melawan arthritis, sekaligus meningkatkan kolagen pada retina. Kondisi ini tentunya dapat mencegah berbagai macam masalah pada mata anda.