Manfaat Daun Kelor untuk Anak-anak Beserta Bayi. Bunda Wajib Baca!

manfaat daun kelor untuk anak

manfaat daun kelor untuk anak

Manfaat Daun Kelor untuk Anak РKeperluan nutrisi si kecil tentunya menjadi prioritas utama bagi setiap Ibu. Sebisa mungkin anak senantiasa mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Memilih bahan-bahan makanan yang bernutrisi tinggi untuk buah hati adalah hal yang wajib dilakukan.

Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk anak-anak yaitu olahan masakan dari daun kelor. Manfaat daun kelor sangat banyak lho, terutama untuk bayi di masa tumbuh kembang. Bahkan WHO pun menyarankan bayi dan anak-anak untuk mengonsumsinya.

Kelor merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat. Seperti daun, bunga hingga kayunya, semua bagian pohon kelor dapat dikonsumsi, lho. Daun kelor atau moringa oleifera merupakan salah satu bagian yang paling banyak diolah untuk diambil manfaatnya. Dikutip dari Healthline, daun kelor kaya akan mineral dan vitamin.

Jadi, apa sajakah manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat daun kelor untuk anak-anak yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Anak-anak Dan Juga Bayi yang Wajib Bunda Ketahui

1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Apakah Ibu tahu jika tanaman yang tumbuh dengan liar ini mengandung banyak sekali nutrisi? Dalam satu gram daun kelor saja telah terkandung kalsium 4 kali lebih banyak dari susu, vitamin C yang 7 kali lebih banyak dari jeruk, potasium 3 kali lebih banyak dari pisang, dan vitamin A 4 kali lebih banyak dari wortel. Tidak cuma itu saja, masih ada kandungan lainnya berupa serat, zat besi, dan mineral.

2. Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat daun kelor selanjutnya ialah untuk mencegah penyakit anemia berkat adanya kandungan zat besi yang tinggi. Peranan penting dimiliki zat besi dalam menghantarkan oksigen oleh sel darah merah ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kurang fokus.

3. Menyehatkan Penglihatan

Seperti yang telah diceritakan di atas, daun kelor mengandung vitamin A 4 kali lebih banyak dari wortel. Jadi telah bisa dipastikan bahwa tanaman ini bisa membantu menjaga kesehatan penglihatan bayi.

Buah hati akan berisiko kecil menderita rabun mata, silinder, maupun kelainan mata lainnya. Ditambah dengan adanya kandungan vitamin C dan antioksidan, perbaikan sel-sel pun menjadi lebih cepat. Dengan demikian itu, penglihatan bayi akan selalu jernih.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Di masa tumbuh kembangnya, bayi akan memiliki metabolisme yang tinggi. Namun bayi masih sangat rentan terserang penyakit, sehingga bisa berpengaruh menurunnya metabolisme di dalam tubuhnya.

Padahal, metabolisme ialah proses penting dimana terjadi penyerapan nutrisi guna menghasilkan katabolisme, ialah energi yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari.

Makanan yang kaya akan kandungan mineral perlu dikonsumsi oleh bayi. Dikarenakan daun kelor memilikinya, maka manfaat daun kelor pun bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh bayi.

manfaat daun kelor untuk anak

Sumber: https://www.lemonilo.com

5. Memperlancar Pencernaan

Ketika bayi terserang sembelit, daun kelor bisa menjadi solusi, lho. Hal ini karena didalamnya terkandung banyak serat yang diketahui bisa memperlancar pencernaan. Selain itu, juga bisa membuat nutrisi terserap dengan baik lewat pencernaan akibat adanya kandungan seperti vitamin, mineral, dan kalsium.

6. Membantu Pertumbuhan Tulang

Kaya akan fosfor dan kalsium yang sangat berperan bagi tulang, maka manfaat daun kelor pun bisa membantu mengembangkan pertumbuhan tulang bayi. Bahkan kandungan kalsiumnya 4 kali lebih tinggi dari susu, sehingga akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tulang.

7. Meningkatkan Massa Otot

Massa otot pada bayi berpengaruh pada pemulihan energi bayi serta metabolisme anaerobik dan aerobik. Otot disusun oleh protein yang terdiri dari beberapa jenis asam amino.

Daun kelor yang mengandung asam amino esensial bisa berfungsi untuk meningkatkan massa otot, sehingga bayi akan lebih aktif dan cepat pulih sesudah beraktivitas.

8. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Dikarenakan daun kelor kaya akan kandungan anti-inflamasi, maka Ibu bisa memberikannya kepada bayi sebagai detoksifikasi. Saat mengonsumsi tanaman ini, maka racun dan kuman penyebab penyakit yang ada di dalam tubuh akan keluar. Si kecil pun akan lebih lekas sembuh serta sehat lagi.

9. Mengembangkan Struktur Sel

Daun kelor mengandung asam amino esensial yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh, salah satunya untuk mengembangkan struktur sel yang akan dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan aktivitasnya. Dengan mengonsumsi daun kelor, maka struktur sel bayi akan berkembang dengan baik.

10. Untuk Pertumbuhan Rambut

Apakah ingin bayi Anda memiliki rambut yang lebat? Berikan nutrisi yang bisa didapatkan dari daun kelor yaitu berupa vitamin B, vitamin C, dan asam amino. Ketiganya baik untuk penyusunan protein keratin yang merupakan bahan dasar untuk menyusun lapisan kulit dan berfungsi untuk pertumbuhan rambut dan kuku.

11. Mencerdaskan Otak

Manfaat daun kelor juga bisa mencerdaskan otak bayi, lho. Hal ini karena daun kelor mengandung asam amino dan asam folat yang merupakan nutrisi penting bagi otak. Dukungan dari vitamin C dan vitamin E pun turut membantu performa otak supaya berfungsi dengan lebih optimal.

12. Menjaga Kelembaban Kulit

Mengonsumsi daun kelor juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit bayi, lho. Hal ini karena adanya kandungan vitamin E yang memang baik untuk membuat kulit senantiasa lembab dan lembut. Ketika bayi mengalami ruam, daun kelor juga bisa bantu mengobatinya.

13. Memperbaiki Suasana Hati

Perubahan hormon dalam tubuh bisa membuat bayi mudah mengalami mood swing atau berubah suasana hatinya. Perubahan suasana hati juga bisa disebabkan kurangnya zat kimia di otak, ialah serotonin dan dopamin.

Masalah ini bisa teratasi dengan mudah hanya dengan daun kelor, lho. Saat mengonsumsi daun kelor, suasana hati bayi akan menjadi baik kembali dan bisa mengurangi risiko stres pada bayi.

14. Mempercepat Penyembuhan Luka

Bayi mungkin akan sering kali terluka ketika sedang bermain. Pakai saja daun kelor untuk mengobati lukanya. Selain ampuh untuk mengobati luka, tanaman ini juga membantu mencegah bekas luka serta mempercepat penyembuhan. Jadi, tidak perlu panik ketika mendapati bayi terluka ya, Bu.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal. Yuk, Simak Selengkapnya Berikut Ini!