Top 18 Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dengan cepat

Kesehatan, Tips
cara menghilangkan bau ketiak secara alami
image from farmersalmanac.com

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dengan cepat menggunakan bahan herbal yang pastinya aman tanpa memiliki efek samping berarti. Memiliki bau ketiak yang tidak sedap tentu akan membuat kita tidak percaya diri terutama saat berada bersama teman. Sebenarnya ada cara yang praktis untuk menghilangkan bau ketiak yaitu menggunakan deodoran. Akan tetapi sampai kapan anda akan memanfaatkan deodoran sebagai penghilang bau ketiak?. Padahal yang kita tahu deodoran berasal dari bahan kimia yang tentunya tidak boleh digunakan jangka panjang.

 

Penyebab bau pada ketiak

1. Melakukan aktivitas fisik yang berlebihan

Terkadang anda tidak bisa menghindari aktivitas fisik terutama jika hal itu diperlukan. Akan tetapi untuk menghindari bau ketiak maka sebaiknya jangan melakukan aktivitas fisik saat anda ingin keluar atau berada dengan orang-orang. Jika memang terpaksa anda harus melakukan aktivitas fisik yang extra, pastikan anda mandi terlebih dahulu sebelum keluar bersama teman-teman anda agar bau ketiak anda tidak mengganggu.

2. Kurangi konsumsi makanan tertentu

Makanan tertentu ternyata dapat menyebabkan bau ketiak menjadi lebih menyengat. Untuk itu bagi anda yang memang memiliki bau ketiak yang tidak sedap sebaiknya hindari berapa makanan seperti telur, bawang, kafein, dan daging merah. Karena makanan tersebut diketahui dapat memperburuk bau ketiak anda.

3. Faktor hormon

Ternyata faktor hormon juga berpengaruh pada bau ketiak. Hal ini mungkin sulit untuk dihindari akan tetapi anda bisa mengurangi nya dengan cara menjaga kebersihan dengan baik termasuk sering mengganti pakaian dalam. Selain itu, anda juga bisa meningkatkan frekuensi mandi untuk menjaga agar bau ketiak tidak begitu mengganggu orang di sekitar anda.

4. Faktor medis

Penyakit tertentu ternyata dapat menyebabkan bau ketiak menjadi tidak enak dibandingkan biasanya. Jika anda memiliki penyakit seperti diabetes biasanya akan mengalami masalah bau ketiak tersebut. Hal ini dikarenakan para penderita diabetes biasanya memiliki kesulitan dalam mengontrol kadar gula darah yang pada akibatnya tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Hal inilah yang menjadikan penderita diabetes memiliki kadar keringat yang lebih bau.

5. Faktor genetik

Nah bagi anda yang memiliki keturunan memiliki bau ketiak tidak sedap biasanya anda juga akan mengalaminya. Hal ini dikarenakan ternyata faktor genetik bisa mempengaruhi bau ketiak seseorang. Selain itu, faktor genetik juga berpengaruh pada tingkat produksi minyak pada seseorang.

 

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel dianggap sebagai obat yang ajaib karena memiliki banyak sekali kegunaan terutama untuk mengatasi masalah bau ketiak. Bahkan, cuka sari apel sering dianggap sebagai pengganti deodorant terbaik. Sifat anti bakteri yang dimilikinya mampu melawan berbagai macam penyebab bau ketiak. Cara menghilangkan bau ketiak secara alami menggunakan cuka sari apel adalah: pertama tuangkan cuka sari apel ke dalam sebuah mangkuk. Celupkan bola kapas di dalamnya kemudian bersihkan ketiak anda menggunakan cuka tersebut. Penggunaan cuka sari apel dapat mengurangi ph kulit sehingga akan mencegah dan menghilangkan bau ketiak.

Selain cara menghilangkan bau ketiak secara alami tersebut, anda juga bisa memasukkan cuka sari apel yang ditambahkan dengan sedikit air ke dalam botol semprot. Setelah itu semprotkan pada daerah ketiak atau bagian tubuh anda yang sering mengalami bau badan. Cara ini selain praktis juga relatif lebih aman dalam mengurangi bau ketiak dibandingkan penggunaan deodoran.

2. Baking soda

Selain cuka sari apel, baking soda menjadi bahan kedua yang cukup efektif untuk menghilangkan bau ketiak yang tidak sedap. Cara penggunaan baking soda untuk menghilangkan bau ketiak adalah campur satu sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan jus lemon. Aduk hingga merata kemudian gunakan pada ketiak anda. Biarkan selama 5 sampai 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Hidrogen peroksida

Bau ketiak tentunya sangat memalukan dan harus segera dihindari. Untungnya ada bahan yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bau ketiak tersebut yaitu menggunakan hidrogen peroksida. Caranya adalah: pertama tambahkan satu sendok teh hidrogen peroksida ke dalam secangkir air. Aduk hingga benar-benar tercampur dengan baik setelah itu ambil kain lap yang bersih kemudian celupkan ke dalam larutan tersebut. Terapkan secara merata pada bagian ketiak dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Penggunaan hidrogen peroksida ini akan membantu menekan pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab bau ketiak.

4. Menggunakan lemon

Sifat asam yang dimiliki lemon membantu membunuh bakteri yang menjadi salah satu penyebab bau ketiak. Selain itu lemon juga dikenal dapat mengubah tingkat ph pada kulit sehingga menjadikannya obat yang cukup efektif untuk menghilangkan bau ketiak secara alami dengan cepat. Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dengan lemon: potong lemon menjadi dua bagian kemudian gosokkan dengan lembut ke bagian ketiak anda.

Cara lainnya yang bisa anda coba untuk menghilangkan bau ketiak adalah dengan memeras satu buah lemon berukuran sedang kemudian langsung menerapkannya pada bagian ketiak anda. Cara ini selain berguna menghilangkan bau ketiak juga akan membantu memutihkan ketiak secara alami. Jika kulit anda sensitif terhadap lemon maka sebaiknya tambahkan sedikit air.

5. Air mawar

Air mawar cukup efektif terutama digunakan untuk menghilangkan bau ketiak yang sangat mengganggu. Penggunaannya yang praktis juga menjadi kelebihan tersendiri. Untuk menggunakan air mawar anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes air mawar ke dalam bak mandi untuk digunakan berendam. Lakukan secara rutin setidaknya tiga kali seminggu agar bau ketiak anda segera hilang.

6. Menggunakan lobak

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang selanjutnya yaitu dengan lobak. Bagaimana kita menggunakan lobak untuk menghilangkan bau ketiak?. Caranya tidak begitu sulit cukup ekstrak jus dari lobak kemudian tambahkan beberapa gliserin ke dalamnya. Setelah kedua bahan tersebut tercampur dengan baik masukkan ke dalam botol semprot. Simpan di kulkas beberapa saat kemudian kocok sebelum digunakan untuk mengatasi bau ketiak. Anda bisa menggunakan ramuan yang anda buat ini sebagai pengganti deodoran berbahan kimia.

7. Batu kristal

Tahukah anda jika ternyata batu kristal dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak?. Batu kristal yang terbuat dari garam mineral secara efektif bisa menghalangi kelenjar keringat yang dapat menyebabkan bau ketiak. Batu kristal tersebut bertindak sebagai anti perspirant alami. Anda bisa menggunakannya sebagai deodoran pada bagian ketiak untuk mengurangi jumlah keringat yang tidak terkontrol.

8. Menggunakan tawas

Tawas ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai deodoran alami untuk menghilangkan bau ketiak. Cara penggunaannya cukup praktis anda hanya perlu menuangkan air ke atas tawas. Gosokkan dengan lembut pada bagian ketiak anda dan biarkan sampai kering dengan sendirinya. Catatan: gunakan hanya di sisi tumpul pada potongan tawas yang akan digosokkan pada ketiak.

9. Bedak bayi

Bedak bayi memiliki aroma ringan yang membantu menghilangkan bau ketiak dengan cepat dan praktis. Penggunaan bedak bayi secara umum relatif aman karena bedak bayi pada umumnya dirancang khusus untuk kulit bayi yang sensitif. Anda hanya perlu menaburkan bedak bayi pada bawah ketiak anda untuk mengurangi bau ketiak.

10. Serbuk cendana

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang terakhir memanfaatkan bubuk cendana. Serbuk dari kayu cendana dikenal karena aromanya yang menenangkan. Aromanya yang khas akan membantu menghilangkan bau ketiak secara alami. Cara menggunakan serbuk kayu cendana untuk menghilangkan bau ketiak adalah:

Campur serbuk kayu cendana dengan air untuk dibuat menjadi sebuah pasta kental penghilang bau ketiak. Jika anda sudah mendapatkan pasta yang kental langkah selanjutnya adalah menerapkannya pada bagian ketiak anda. Diamkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit kemudian cuci dengan air bersih.

 

Herbal untuk menghilangkan bau ketiak

11. Campuran bahan herbal

Ada beberapa campuran bahan herbal yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau ketiak secara alami dan aman. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah kulit kayu ek, daun ekaliptus, akar tormentil, daun kenari, dan witch hazel. Campurkan semua bahan tadi kemudian ambil 5 sendok makan untuk ditambahkan ke dalam 2 liter air. Rebus bahan herbal yang anda campur tadi sampai mendidih selama 5 menit ketika campuran sudah mulai dingin tambahkan satu liter air ke dalamnya untuk digunakan mandi. Selain mengatasi bau ketiak, ramuan ini juga cukup efektif menghilangkan bau kaki.

12. Selada

Selada merupakan bahan herbal yang juga baik untuk menghilangkan sekaligus mencegah munculnya bau ketiak. Cara menggunakannya adalah: gosok daun selada yang sudah dihancurkan kebagian ketiak anda dan biarkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan cara mandi seperti biasa. Lakukan secara teratur agar bau ketiak anda bisa cepat diatasi

13. Rosemary

Rosemary adalah ramuan anti bakteri yang cukup baik karena dapat membantu menghilangkan bau ketiak secara alami. Oleskan minyak rosemary langsung ke ketiak anda untuk menghilangkan bau tidak sedap pada ketiak. Sebagai alternatif lain, anda bisa memasukkan 8 sampai 10 tetes minyak rosemary ke dalam secangkir air. Aduk hingga merata kemudian gunakan pada bawah lengan anda untuk mengurangi bau ketiak yang menyengat.

14. Peterseli

Peterseli memiliki sifat anti bau yang cukup baik. Dengan sifatnya tersebut peterseli bisa digunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Cara menghilangkan bau ketiak secara alami menggunakan peterseli adalah: potong beberapa daun peterseli segar kemudian tambahkan dengan satu cangkir air mendidih selama 5 menit. Saring kemudian biarkan hingga dingin dengan sendirinya. Minum larutan tersebut untuk menetralkan bau pada ketiak.

15. Minyak lavender

Minyak ini sangat bermanfaat terutama dalam menghilangkan bau ketiak yang menyengat. Anda hanya perlu menggosokkan beberapa tetes minyak lavender ke bagian ketiak anda untuk mengurangi bau ketiak yang tidak sedap.

Selain di atas, anda juga bisa menyiapkan obat semprot yang dibuat dengan minyak lavender alami. Cara menghilangkan bau ketiak secara alami menggunakan minyak lavender adalah: tuang air ke dalam botol semprot. Setelah itu tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalamnya. Kocok hingga merata kemudian semprotkan pada bawah lengan untuk menghilangkan bau ketiak. Catatan: beberapa orang mungkin alergi terhadap minyak lavender, oleh karena itu uji pada area tangan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

16. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh dikenal sebagai ramuan yang sangat efektif untuk menghilangkan bau ketiak. Sifat antibakteri nya yang cukup baik mampu menangkal bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan bau ketiak. Beberapa langkah yang perlu anda lakukan adalah: pertama tambahkan 2 tetes minyak pohon teh ke dalam satu cangkir air. Masukkan ke dalam botol semprot kemudian semprotkan pada bagian ketiak anda. Lakukan dengan teratur agar bau ketiak anda segera hilang.

17. Minyak peppermint

Minyak esensial peppermint telah lama dikenal karena kemampuannya dalam melawan bakteri yang dapat menyebabkan bau ketiak. Untuk menghilangkan bau ketiak, anda bisa mengambil beberapa tetes minyak peppermint di telapak tangan anda. Gosokkan secara perlahan pada bagian bawah lengan atau ketiak hingga merata. Sebagai alternatif anda juga bisa menggunakannya sebagai obat semprot caranya hampir sama seperti pada penggunaan minyak pohon teh di atas.

18. Sage

Sage adalah obat herbal yang memiliki banyak manfaat terutama untuk menghilangkan bau ketiak. Sage dapat bekerja pada kelenjar keringat yang terlalu aktif di ketiak, sehingga mencegah munculnya keringat berlebih. Cara membuat ramuan sage penghilang bau ketiak: Siapkan teh sage. Setelah itu rendam bola kapas di dalamnya dan gosokkan pada ketiak Anda. Setelah beberapa waktu, ketika area ketiak sudah mulai kering, ulangi proses tersebut. Terakhir, bilas area ketiak dengan air bersih. Anda juga dapat menggunakan minyak sage atau sage tincture yang diencerkan untuk mencegah bau ketiak.

Artikel terkait:

Demikian tadi cara menghilangkan bau ketiak secara alami dengan cepat menggunakan bahan herbal yang bisa anda praktekan di rumah. Semoga cara di atas bisa membantu mengatasi masalah bau ketiak anda.