Manfaat Daun Jeruk Purut untuk Kesehatan. Yuk, Simak Lengkapnya!

Manfaat Daun Jeruk Purut – Jeruk purut sering kali digunakan sebagai bumbu dalam berbagai kuliner. Selain dapat membuat kuliner menjadi lebih enak, jeruk purut ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Beberapa manfaat ini didapatkan dari kandungan nutrisi dan zat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Untuk merasakan manfaat daun jeruk purut, ada berbagai cara penerapan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan. Mulai dari direbus hanya dengan air panas untuk relaksasi atau dicampurkan dengan bahan kuliner lain.

Penasaran saja dengan manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat daun jeruk purut yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Daun Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh yang Rugi Jika Dilewatkan

1. Mengatasi Stres

Manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan pertama yaitu bisa mengatasi stres. Alasan daun jeruk purut bisa mengatasi stres karena mempunyai aroma yang khas dan kuat.

Selain membuat kuliner menjadi semakin lezat, penerapannya dalam kuliner sekaligus bisa mengatasi stres. Minyak esensial yang ada di dalamnya yaitu asal aroma daun jeruk purut ini. Menghirup aroma minyak daun jeruk purut bisa membuat tubuh membaik.

Anda bisa mengaplikasikannya sebagai aromaterapi untuk mengurangi stres, rasa khawatir, dan kelelahan akibat penyakit. Uniknya, hanya dengan memelihara tanaman jeruk purut sudah dapat untuk merasakan manfaat tersebut.

2. Mencegah Bakteri

Manfaat daun jeruk purut yang selanjutnya yaitu bisa mencegah bakteri. Daun jeruk purut mengandung zat yang mempunyai anti-kuman terhadap Staphylococcus aureus yang merupakan patogen pada kulit. Ekstrak jeruk purut bisa mencegah pertumbuhan bakteri pada luka untuk mempermudah penyembuhan.

Daun jeruk purut efektif untuk dijadikan sebagai antiseptik topikal. Adanya anti-kuman dan aroma yang sedap juga menjadi salah satu alasan kenapa minyak daun jeruk purut ada di deodorant.

Sumber: https://www.kebundidu.com

3. Mengatasi Bau Mulut

Perlu diketahui bahwa sebelum inovasi pasta gigi, orang Asia Tenggara mengunyah daun jeruk purut untuk menjaga kebersihan mulut. Hal ini dibenarkan oleh ilmuwan di Thailand. Para ilmuwan di Thailand telah mengoptimalkan herbal yang mengandung campuran jeruk purut dan jambu biji untuk mengatasi bau mulut.

Campuran tersebut ternyata efektif untuk menekan aroma tidak sedap pada mulut. Hal ini dikarenakan pada daun jeruk purut memiliki sifat anti-kuman alami dan efek anti-halitosis yang berasal dari aroma minyak aromatik yang menyenangkan.

4. Mengusir Serangga

Sebagian serangga seperti nyamuk sering membawa penyakit seperti malaria dan demam berdarah. Untuk mengatasi gigitan nyamuk tersebut, Anda bisa memakai serai dan jeruk purut. Serai mempunyai minyak citronella yang dapat mencegah datangnya serangga secara alami.

Alih-alih memakai semprotan serangga buatan pabrik yang mengandung bahan kimia, betapa baiknya membuat dan memakai larutan yang terbuat dari bahan alami. Selain lebih aman juga ramah lingkungan.

5. Menyembuhkan Flu

Manfaat daun jeruk purut selanjutnya yaitu bisa mengatasi influenza. Untuk menyembuhkan influenza, Anda bisa memakai air rebusan daun jeruk purut. Anda cukup siapkan jeruk purut sebanyak 20 lembar daun dan potong kecil-kecil. Kemudian rebus daun tersebut dengan air secukupnya.

Lalu saring dan minum air rebusan selagi hangat. Anda bisa menambahkan madu pada air rebusan tersebut sebagai pemanis alami. Konsumsi air rebusan tersebut secara rutin hingga flu Anda mereda.

6. Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Bercahaya

Minyak atsiri atau biasa dikenal dengan essential oils dari daun jeruk purut ternyata bisa membunuh Propionibacterium acnes, yang merupakan bakteri pada jerawat. Selain itu, minyak atsiri juga bisa membantu mengurangi pembentukan jerawat dan bekas luka, karena adanya anti-inflamasi dari daun jeruk purut.

Minyak jeruk purut berguna untuk antioksidan karena adanya terpen seperti citronellal dan limonene didalamnya. Hal yang paling penting dalam perawatan kulit adalah antioksidan. Antioksidan bisa membantu mengembalikan efek penuaan dan memelihara kulit agar tetap bersinar.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Pegagan Mencegah Berbagai Penyakit. Check It!