Penyebab munculnya keriput di wajah
Penyebab munculnya keriput di wajah

10 Penyebab munculnya kerutan di wajah dan tips mencegahnya

Posted on

Penyebab munculnya keriput di wajah

Penyebab munculnya kerutan di wajah dan tips mencegahnya. Munculnya kerutan di wajah sebenarnya adalah hal yang sangat wajar karena merupakan faktor penuaan. Suka atau tidak suka, setiap manusia pasti akan mengarah pada penuaan. Meskipun demikian, kita bisa melakukan cara-cara tertentu untuk memperlambat proses tersebut, tentunya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu tanda penuaan adalah munculnya kerutan dan garis-garis halus di wajah. Meskipun terkadang hal ini wajar bagi laki-laki, akan tetapi bisa menjadi masalah yang serius bagi wanita. Untuk Anda yang tidak ingin kerutan muncul lebih awal, maka ada langkah-langkah yang bisa dilakukan. Tetapi sebelumnya, ada baiknya anda simak faktor apa saja yang menjadi penyebab munculnya kerutan di wajah. Berikut informasinya untuk anda:

 

Penyebab munculnya kerutan di wajah

1. Sinar matahari berlebih

Sinar matahari berlebih tidak mengherankan jika diantara penyebab munculnya kerutan di wajah yang utama adalah paparan sinar matahari berlebih. Sinar matahari berupa UVA dan UVB akan menembus lapisan kulit paling dalam sehingga akan menyebabkan kulit terbakar.

Hal ini pada gilirannya akan memicu munculnya kerutan di wajah. Terlalu lama berada di bawah sinar matahari bukan hanya dapat menyebabkan kerutan, tetapi juga meningkatkan resiko kanker kulit. Sinar matahari berlebih dapat memicu kerutan di wajah karena akan menyebabkan hilangnya kolagen dan elastin pada kulit wajah.

Solusi: Anda bisa mencegahnya dengan cara menggunakan tabir surya atau mengenakan jilbab saat keluar rumah. Menggunakan jilbab bukan hanya untuk mencegah kerutan di wajah, tetapi juga merupakan syariat Islam yang tentu harus menjadi perhatian bagi setiap muslimah.

2. Kurang tidur

Faktor penyebab kerutan di wajah adalah kurangnya waktu istirahat yang cukup terutama di malam hari. Ternyata waktu istirahat sangat penting sekali bagi anda untuk mendapatkan kulit yang sehat. Orang yang kurang mendapatkan waktu tidur dapat meningkatkan resiko penuaan datang lebih awal, sehingga kulit anda akan rentan mengalami keriput atau garis-garis halus. Selain itu, kurangnya waktu istirahat terutama di malam hari berkontribusi besar terhadap ketidakseimbangan PH kulit sehingga akan mempengaruhi kemampuan sel-sel kulit untuk tetap terhidrasi.

Baca juga  Review Dear Me Beauty Foundation

Solusi: Anda harus mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari. Jika tidak bisa, pastikan anda memiliki waktu tambahan untuk beristirahat di siang hari.

3. Stres

Pekerjaan yang menumpuk serta masalah pribadi terkadang mempengaruhi mental dan fisik anda. Salah satu masalah yang umum terjadi saat Anda mengalami tekanan adalah stres. Stres bukan hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga menjadi salah satu penyebab kerutan di wajah.

Menurut seorang pakar dermatologi, stres dapat meningkatkan kadar kortisol yang akan mengurangi kemampuan kulit dalam menahan kelembaban. Selain itu, saat dalam keadaan stres seseorang biasanya mengalami kadar gula darah yang tinggi yang dapat merusak serat kolagen dan elastin di kulit Anda. Hal ini pada gilirannya akan menyebabkan kerutan di wajah. perlu Anda ketahui jika kolagen dan elastin merupakan struktur penting untuk mendukung kulit agar tetap kencang dan tidak kendur.

Solusi: Sebaiknya anda mengontrol stres dengan cara banyak berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Makanan yang mengandung tinggi kalium dapat mengurangi tingkat stres. Selain itu buah dan sayur juga berperan penting dalam mencegah stres sekaligus mengurangi kerutan di wajah secara alami.

4. Gula

Siapa yang menyangka jika terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menjadi penyebab kerutan di wajah. Makan terlalu banyak gula akan menyebabkan penuaan dini. Hal ini dikarenakan saat gula dicerna maka ia akan melewati proses yang disebut glycation yang melibatkan pengikatan protein yang berada di dalam tubuh kita.

Lantas apa hubungannya dengan munculnya kerutan di wajah?. Protein yang diikat termasuk kolagen dan elastin, di mana keduanya merupakan bangunan utama kulit kita. Jadi dengan banyak mengkonsumsi gula, maka akan menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah.

Solusi: Sebaiknya kurangi asupan gula. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan madu sebagai pemanis alami.

5. Menyipitkan mata

Jika memiliki masalah dengan penglihatan, biasanya yang anda lakukan adalah menyipitkan mata untuk bisa membaca teks atau benda kecil lainnya. Kebiasaan ini ternyata dapat menjadi salah satu satu penyebab kerutan di wajah. Menyipitkan mata dan ekspresi lainnya yang semisal, dapat meningkatkan kontraksi otot yang membuat ada lebih banyak otot yang digunakan. Sehingga bisa meningkatkan resiko munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah.

Baca juga  Cara menghilangkan jerawat dengan belimbing wuluh yang cukup baik

Solusi: sebaiknya kurangi ekspresi semacam ini. Meskipun bukan menjadi faktor utama penyebab kerutan di wajah, akan tetapi menyipitkan mata dan ekspresi semisal bisa berkontribusi menyebabkan munculnya penuaan. Selain itu, jika anda punya masalah dengan mata, sebaiknya gunakan kacamata khusus atau Anda bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan solusi yang diinginkan.

6. Minum dengan sedotan

Minum dengan sedotan sebenarnya memiliki manfaat salah satu diantaranya adalah membuat gigi anda tetap putih. Meskipun demikian, ternyata ada dampak lain yang cukup merugikan saat kita minum menggunakan sedotan, yaitu menyebabkan kerutan di wajah. Alasannya sama dengan menyipitkan mata, yaitu saat kita minum dengans edotan maka akan terjadi kontraksi otot yang berelbihan di sekitar bibir. Jika halini dilakukan berulang kali, maka akan menyebabkan munculnya kerutan di wajah.

Solusi: Sebaiknya minum secara langsung tidak menggunakan sedotan. Jika anda ingin sekali menggunakan sedotan sebaiknya jangan terlalu sering.

7. Kulit kering

Kulit kering bukan hanya dapat mempengaruhi penampilan, tetapi juga menjadi salah satu penyebab kerutan di wajah. Menurut seorang pakar Dermatology bahwa kulit yang kering secara kronis akan lebih rentan mengalami kerutan. Banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering, beberapa diantarana adalah cuaca dan sinar matahari berlebih.

Solusi: Jaga kelembaban kulit anda dengan banyak mengkonsumsi air. Selain itu, gunakan pelembab alami pada kulit seperti menggunakan madu atau minyak zaitun secara rutin.

8. Merokok

Tidak mengherankan jika kebiasaan merokok menjadi satu diantara penyebab munculnya keriput di wajah. Selain karena menghisap rokok itu sendiri dapat menyebabkan kerutan, kandungan bahan kimia di dalamnya juga berkontribusi besar menyebabkan munculnya penuaan lebih awal. Kandungan nikotin dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah di kulit, sehingga menjadikannya lebih rentan mengalami kerutan. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan serangan jantung, sehingga ada banyak alasan bagi anda untuk meninggalkan kebiasaan yang satu ini.

Baca juga  Cara Memakai Skincare yang Benar

Solusi: Tidak ada solusi lain kecuali berhenti merokok

9. Permen karet

Ada kebiasaan sepele yang ternyata dapat menyebabkan kerutan di wajah. Salah satunya adalah mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet secara terus menerus akan mempengaruhi elastisitas kulit Anda, sehingga dapat menyebabkan munculnya kerutan di wajah. Alasannya tidak jauh berbeda dengan minum menggunakan sedotan, yaitu kontraksi otot yang berlebihan pada area sekitar mulut sehingga menyebabkan menurunnya elastisitas kulit.

Solusi: Kurangi kebiasaan Anda mengkonsumsi permen karet

10. Polusi

Mungkin anda tidak terlalu memikirkan di mana tempat anda tinggal. Padahal lingkungan akan sangat berpengaruh pada kesehatan anda. Seorang dokter kulit bersertifikat dari Washington mengungkapkan, bahwa polusi merupakan salah satu faktor lingkungan yang berkontribusi besar terhadap radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab  munculnya kerutan di wajah.

Bahkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology pada tahun 2010 lalu menemukan, bahwa wanita yang tinggal di perkotaan memiliki keriput lebih banyak dibandingkan wanita yang tinggal di daerah pedesaan. Hal ini menunjukkan bahwa polusi lingkungan berperan penting dalam menyebabkan kerutan di wajah.

Akan tetapi bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan Jangan berkecil hati, karena Anda masih bisa melakukan perawatan untuk mencegah munculnya kerutan lebih awal. Sebaiknya jangan menggunakan bahan kimia untuk perawatan wajah. Karena selain dapat mencegah kerutan, bahan kimia biasanya memiliki efek samping yang justru merugikan kesehatan kulit.

Solusi: Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, buah-buahan, atau madu sebagai bahan perawatan untuk mencegah kerutan di wajah. Selengkapnya bisa anda baca pada artikel berikut Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami