15 Cara mengencangkan kulit wajah secara alami dan efektif

Cara mengencangkan kulit wajah
Cara mengencangkan kulit wajah
image from allrash.com

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami, aman dan cukup efektif menggunakan bahan-bahan rumahan termasuk minyak sayur mentimun bengkoang dan tepung beras. Bagi anda para wanita, tentunya ingin memiliki kulit yang selalu tampak sehat dan terawat. Diantara ciri-ciri kulit yang sehat adalah memiliki tekstur yang kenyal dan kencang. Untuk mendapatkan kulit yang kencang secara alami tidaklah mudah karena anda harus melakukannya dengan konsisten.

Meskipun banyak produk kecantikan yang menawarkan dapat mengencangkan kulit wajah dengan cepat, akan tetapi terkadang memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Untuk itu, anda perlu mempertimbangkan penggunaan produk semacam itu. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dengan efektif sekaligus aman untuk membuat kulit anda tampak sehat dan kencang.

 

Cara mengencangkan kulit wajah 

1. Masker wajah

Ada banyak cara mengencangkan kulit wajah secara alami yang bisa anda lakukan, salah satunya menggunakan masker buah-buahan dan bahan alami lainnya. Metode ini cukup baik, karena selain aman juga memiliki tingkat keefektifan yang tidak kalah dibandingkan menggunakan bahan kimia. Lakukan dengan rutin dan konsisten agar kulit anda tetap tampak kencang secara alami.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengencangkan kulit secara alami. Menggunakan jeruk nipis juga sangat praktis sehingga Anda tidak perlu ribet. Selain memiliki tingkat keefektifan yang cukup baik, jeruk nipis juga relatif lebih murah. Untuk menggunakan perawatan menggunakan jeruk nipis Anda tinggal menggunakannya pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit lalau bilas dengan air.

3. Lemon

Jeruk nipis diperkaya dengan vitamin C yang sangat baik untuk mengencangkan kulit secara alami. Selain dapat mengencangkan kulit, kandungan vitamin C dalam lemon juga berguna mencerahkan kulit wajah anda. Lemon juga bertindak sebagai antioksidan yang berguna melindungi kulit dari radikal bebas. Sehingga dapat mencegah penuaan dan keriput di wajah. Terapkan lemon selama 20 menit pada wajah anda untuk membantu mendapatkan kulit cantik secara alami.

4. Masker pisang

Pisang adalah buah yang sangat luar biasa, karena mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya. Pisang bukan hanya dapat memberikan energi bagi tubuh, tetapi juga meningkatkan elastisitas kulit wajah anda. Cara mengencangkan kulit wajah secara alami dengan pisang tidak lah sulit. Gunakan pisang sebagai masker wajah secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu. Caranya: haluskan pisang terlebih dahulu kemudian tambahkan madu. Terapkan pada wajah anda selama 15 menit lalu bersihkan dengan air.

5. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan wajah. Lidah buaya diketahui dapat mengatasi masalah kesehatan kulit termasuk jerawat, flek hitam, dan kulit kering. Selain itu, di lidah buaya juga dapat membantu mengencangkan kulit secara alami.
Caranya: potong lidah buaya kemudian keluarkan gelnya. Haluskan dengan blender kemudian tambahkan sedikit susu. Gunakan sebagai masker wajah secara rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu. Jika anda konsisten melakukannya, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih kencang.

6. Madu murni

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami yang tidak kalah efektif adalah menggunakan madu. Madu merupakan produk alami yang memiliki segudang vitamin dan mineral penting. Kandungan mineral dan vitamin sangat berguna sekali dalam meningkatkan elastisitas kulit wajah anda.

Selain membantu mengencangkan kulit wajah secara alami, menggunakan madu secara rutin juga bermanfaat mengurangi tanda-tanda penuan seperti garis halus dan kerutan di wajah. Untuk melakukannya anda tinggal menerapkan madu ke kulit wajah secara merata. Diamkan selama 1 jam lalu bersihkan dengan air. Metode ini setidaknya harus dilakukan secara rutin minimal 1 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

7. Buah pepaya

Buah pepaya diketahui dapat menghilangkan komedo secara alami di wajah anda. Selain berguna menghilangkan komedo, pepaya ternyata memiliki manfaat yang tidak kalah penting, yaitu mengencangkan kulit wajah. Bahkan, banyak produk kecantikan yang menjadikan pepaya sebagai bahan utamanya. Hal ini tidak mengherankan mengingat pepaya memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah. Kesemua nutrisi tersebut mampu menjaga kulit tetap sehat secara alami.

Cara mengencangkan kulit wajah dengan pepaya: pertama potong pepaya menjadi bagian kecil. Masukkan ke dalam blender, kemudian haluskan hingga memiliki tekstur seperti pasta. Balurkan ke seluruh wajah anda hingga merata lalu diamkan selama setengah jam. Setelah selesai, gunakan air dingin untuk membersihkannya.

8. Buah alpukat

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan alpukat. Alpukat adalah sumber utama vitamin C, vitamin E serta antioksidan penting lainnya. Vitamin C berguna untuk menciptakan kolagen, sebuah protein yang menyusun kulit. Kekurangan kolagen dapat membuat kulit menjadi mudah keriput. Sebaliknya dengan mencukupi kebutuhan vitamin C maka produksi kolagen bisa maksimal.

Cara mendapatkan kulit kencang secara alami dengan alpukat bukan lah hal yang sulit. Pertama haluskan 1 buah pepaya berukuran sedang untuk dibuat menjadi pasta. Tambahkan sedikit minyak zaitun untuk menambah halus tekstur pasta alpukat tersebut. Terapkan ke kulit wajah anda hingga merata sampai ke leher. Sebaiknya hindari area mata dan bibir. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bersihkan wajah anda.

9. Buah strawberry

Buah ini cukup terkenal karena dianggap sebagai sumber antioksidan yang sangat penting. Antioksidan berguna menangkal efek buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan seperti keriput di wajah. Bagi Anda yang ingin mengencangkan kulit wajah secara alami buah yang satu ini tidak boleh dilupakan.
Cara mengencangkan kulit wajah secara alami dengan strawberry sangat mudah. Anda tinggal menghaluskan buah strawberry kemudian gunakan sebagai masker wajah. Lakukan secara rutin setidaknya 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

10. Tomat

Salah satu kandungan nutrisi yang cukup terkenal dalam tomat adalah likopen. Likopen merupakan antioksidan penting yang berguna melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan radikal bebas ini bisa memicu munculnya garis halus dan keriput di wajah, yang merupakan diantara tanda-tanda penuaan.
Selain itu, tomat juga bertindak sebagai tabir surya alami yang juga sangat penting untuk melindungi efek merugikan sinar UV saat mengenai kulit wajah secara langsung. Menerapkan tomat secara rutin akan membantu mengencangkan kulit wajah secara alami.

11. Putih telur

Saat digunakan secara rutin, putih telur bukan hanya membantu menghilangkan flek hitam di wajah, tetapi juga meremajakan kulit secara alami. Putih telur berguna menstimulasi produksi kolagen. Kolagen menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga kulit tetap kencang secara alami.
Cara mengencangkan kulit wajah dengan putih telur: pertama haluskan putih telur dengan cara mengocoknya sampai berbusa. Jika anda sudah mendapatkan tekstur yang sedikit lembek, gunakan sebagai masker wajah. Tunggu hingga kering kemudian bilas wajah anda sampai bersih.

12. Tepung beras

Tepung beras dikenal sejak alam dapat mencerahkan wajah secara alami. Akan tetapi ternyata manfaat tepung beras bukan hanya itu. Salah satu makanan pokok orang Indonesia ini ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengencangkan kulit wajah.

Caranya: haluskan tepung beras dengan blender kemudian tambahkan sedikit air dan minyak zaitun hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan sebagai masker wajah setidaknya dua kali seminggu. Lakukan dengan konsisten untuk membantu mengencangkan kulit wajah anda.

13. Bengkoang

Bengkoang adalah satu diantara buah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit wajah. Menerapkan bengkoang secacara rutin bukan hanya membantu memutihkan wajah secara alami, tetapi juga membuatnya tampak kencang dan sehat.

Cara mengencangkan kulit wajah dengan bengkoang: Haluskan satu buah bengkoang berukuran sedang, kemudian gunakan untuk masker wajah. Tunggu hingga 20 menit setelah itu Anda bisa membilasnya.

Baca juga artikel seputar:

14. Mentimun

Mentimun kaya akan kandungan mineral, vitamin, dan juga air. Mengkonsumsi mentimun bukan hanya baik untuk kesehatan tetapi juga membantu memenuhi nutrisi kulit Anda. Selain dikonsumsinya secara langsung, mentimun juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan salah satunya menghilangka kerutan di wajah.

Kandungan air dan vitamin dalam mentimun mampu melembabkan dan mengencangkan kulit secara alami. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Metode pertama, iris mentimun tipis-tipis kemudian tempelkan pada kulit wajah anda. Biarkan minimal 10 menit kemudian angkat. Metode kedua, haluskan mentimun dengan blender lalu terapkan pada seluruh wajah anda termasuk leher. Setelah 20 menit anda bisa membersihkan wajah anda.

15. Minyak zaitun

Cara mengencangkan kulit wajah yang terakhir adalah dengan minyak zaitun. Caranya: balurkan minyak zaitun ke seluruh wajah anda hingga merata. Biarkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas seperti biasa. Minyak zaitun mengandung tinggi vitamin termasuk vitamin E. Vitamin ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E bukan hanya melindungi kulit dari kerusakan, tetapi juga membuatnya tampak kenyal dan kencang secara alami.