14 Manfaat Pare untuk Wajah sebagai Media Kecantikan. Yuk, Wajib Baca!

Posted on

manfaat pare untuk wajah

Manfaat Pare untuk Wajah – Momordica charantia atau sering kita kenal pare (atau peria) ini adalah jenis tumbuhan merambat yang berasal dari kawasan Asia Tropis, terlebih India bagian barat, yakni Assam dan Burma. Pare sangat dikenal dengan rasanya yang pahit dan memiliki bentuk memanjang.

Untuk di Indonesia sendiri, pare seringkali diolah menjadi berbagai kuliner, rasanya yang pahit menjadi tantangan tersendiri bagi pecintanya. Pare merupakan sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik. Mineral penting juga terkandung di dalamnya, seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang.

Di balik cita rasanya yang pahit, pare terbukti menaruh segudang khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan manfaatnya juga berambat untuk kecantikan kulit yang lebih prima.

Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat pare untuk wajah yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Manfaat Pare untuk Wajah sebagai Media Kecantikan yang Wajib Anda Coba

1. Mengatasi Jerawat

Kandungan dalam pare memiliki sifat anti-kuman dan anti-inflamasi, sehingga akan sangat membantu dalam mengatasi jerawat, terlebih pada jenis kulit acne-prone. Pare tersebut dapat diolah sebagai sayur, jus, bahkan dijadikan sebagai masker wajah.

2. Menangkal Radikal Bebas

Pare yang pahit tersebut terbukti efektif dalam membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, bahkan sampai 54 persen. Hasilnya, kandungan vitamin C yang tinggi itu tentu ampuh dalam menangkal radikal bebas, sehingga resiko kanker kulit pun dapat diminimalisir.

manfaat pare untuk wajah

Sumber: https://www.wowkeren.com

3. Mengatasi Kulit Kusam

Pare juga diketahui akan kemampuannya dalam ‘membersihkan darah’. Hal ini dikarenakan pare memiliki kandungan yang berfungsi membantu memperlancar glukosa untuk diedarkan ke organ dan sel-sel tubuh.

Hasilnya, kulit pun terhindar dari kekusaman, karena laju glukosa dalam darah yang lancar sehingga tidak menyebabkan munculnya ‘darah kotor’.

4. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C memang digadang-gadang sebagi bahan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya yakni membantu meningkatkan produksi kolagen. Usut punya usut, kolagen tersebut berperan penting dalam menjaga keremajaan sel-sel kulit, sehingga dapat mencegah penuaan dini.

5. Memudarkan Flek Hitam Secara Perlahan

Tidak cuma jerawat, pare bahkan dapat membantu menyamarkan flek-flek hitam akibat gejala penuaan, bahkan bekas jerawat secara perlahan. Manfaatkanlah pare dengan cara menyantapnya sebagai sayuran dan jus, lalu dapat juga dengan mengoleskannya ke wajah sebagai masker.

6. Mengendalikan Gula Darah

Pare mempunyai sifat yang berfungsi seperti insulin, yang membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi. Manfaat pare dapat membantu menurunkan gula darah.

Konsumsi pare dapat membantu sel-sel Anda mendapatkan glukosa sebagai makanan. Pare juga bermanfaat mencegah adanya penumpukkan glukosa dalam darah serta memindahkannya ke otot, hati dan jaringan lemak.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Antioksidan yang berlimpah, salah satunya vitamin C juga terkandung pada pare. Antioksidan menyusun pertahanan kepada benda asing yang akan merusak tubuh. Kandungan antioksidan akan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa membahayakan lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Pare juga mampu meningkatkan kesehatan mata, karena mengandung flavonoid seperti beta-karoten, alpa-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Sehingga, pare memiliki manfaat lainnya yaitu dapat memperlambat degenerasi makula, serta meningkatkan penglihatan, terutamanya di malam hari.

Senyawa ini berperan dalam melawan efek penuaan, menghilangkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan banyak komplikasi.

manfaat pare untuk wajah

Sumber: https://food.detik.com

9. Meredakan Asma

Manfaat pare dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh keadaan pernafasan tertentu seperti asma, bronkitis, dan demam. Pare memiliki sifat antiinflamasi, antihistamin dan antivirus. Hal ini menyebabkan pare menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernafasan.

10. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Walaupun pare golongan buah yang rendah kalori, tetapi buah ini kaya akan vitamin, serat dan mineral. Serat makanan membantu pencernaan yang baik dan gerakan peristaltik makanan serta limbah yang lancar melalui sistem pencernaan.

Manfaat pare baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, pare memiliki kandungan charantin yang tinggi, sehingga mampu membantu meningkatkan sintesis glikogen dan serapan glukosa. Hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dengan mengurangi penyimpanan sel-sel lemak

11. Mengobati Masalah Kulit

Senyawa antifungi dan antibakteri yang ada dalam pare melawan banyak infeksi kulit termasuk kurap, kudis, dan malahan psoriasis. Pare menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang dapat memperburuk psoriasis.

12. Mengobati HIV dan Herpes

Ditunjukkan sebuah penelitian bahwa pare memiliki komposisi fitokimia yang dapat menghambat aktivitas virus human immunodeficiency. Dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS, pare dapat memberikan efek tambahan.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pare dapat membantu mengobati pasien dengan herpes simpleks virus-1 (HSV-1) dengan sifat antivirusnya. Serta mencegah penyebaran plak herpetik pada orang lain.

13. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Penyembuhan Luka

Manfaat pare juga mengandung vitamin K, yang merupakan nutrisi penting dalam mengontrol pembekuan darah normal. Kalsium disebarkan ke seluruh tubuh dibantu dengan adanya vitamin K, dengan demikian dapat mengurangi risiko mengalami patah tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

14. Melawan Sel Kanker

Manfaat pare lainnya berkaitan dengan kemampuannya dalam melawan sel-sel kanker. Ditunjukkan penelitian bahwa pare mempunyai sifat antikanker. Hal tersebut membuat pare berpotensi sebagai agen pembasmi berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, payudara, prostat, hati, dan kanker darah.

Namun penelitian tersebut baru sebatas penelitian di laboratorium. Efek antikanker dalam manfaat pare ini belum banyak diteliti secara klinis sehingga khasiatnya sebagai pelawan kanker pada manusia masih perlu dikaji lebih lanjut.

Baca Juga: Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah yang Wajib Kamu Tahu. Check It!