Cara Mengoptimalkan Instagram Bisnis

Posted on

Cara Mengoptimalkan Instagram Bisnis – Ingin membuat kesan pertama yang lebih kuat dengan profil Instagram Anda? Ingin tahu bagaimana cara menambahkan branding dan kepribadian ke bio Instagram Anda?  di dalam artikel ini, Anda akan menemukan tips berguna untuk membantu Anda membangun dan mengoptimalkan profil Instagram untuk bisnis.

4 Cara Ampuh Mengoptimalkan Instagram Bisnis

1.Pilih Foto Profil Berkualitas yang Mencerminkan Branding Anda

Pertama dan terpenting, foto profil Instagram Anda harus mewakili siapa Anda. Untuk merek, pilih logo merek yang langsung dapat dikenali. Logo Anda juga merupakan solusi termudah karena membantu Anda tetap konsisten secara visual di semua saluran Anda. Namun, jika Anda seorang influencer, pengusaha, atau blogger, pilih gambar diri Anda yang mengomunikasikan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.

Misalnya, Alex Strohl adalah influencer fotografi Instagram dan foto profilnya menggambarkan dia memegang kamera, mengambil gambar. Foto profil Alex langsung menyampaikan bahwa akunnya adalah tentang fotografi.

Demikian pula, Kori Nikkonen, seorang balerina dan influencer kebugaran yang berbasis di Berlin, mengenakan gaun yang mengalir, sepatu balet, dan sanggul balet yang secara jelas mencerminkan dasar-dasar gaya hidup mereknya. Seperti Alex, Kori menunjukkan foto dirinya yang menggambarkan pekerjaannya sedang berlangsung. Kedua gambar tersebut mudah diingat dan beresonansi dengan palet warna dari seluruh umpan orang tersebut.

Dari sudut pandang teknis, pastikan foto profil Anda berkualitas tinggi, tidak berpiksel, dan terlihat bagus di perangkat apa pun. Saat ini, dimensi Instagram untuk gambar profil di ponsel adalah 110 x 100 piksel. Namun, karena foto profil lebih besar di desktop, unggah foto yang lebih besar, yang akan diubah ukurannya secara otomatis oleh Instagram.

2. Sertakan Kata Kunci Dengan Nama Anda

Untuk memastikan orang dapat menemukan Anda, pastikan bahwa nama yang Anda bagikan di Instagram sebenarnya adalah nama Anda, bukan nama pengguna Instagram Anda. Karena orang yang mencari Anda di Instagram akan menggunakan nama asli Anda atau nama perusahaan Anda, mencocokkan nama Anda dengan nama Instagram Anda akan mengurangi kemampuan pencarian Anda.

Karena pengguna Instagram juga mencari kata kunci, memasukkan kata kunci ke dalam nama Anda akan melipatgandakan skor kemampuan pencarian Anda. Bahkan jika nama pengguna Anda tidak mengandung kata kunci, orang masih dapat menemukan Anda melalui kata kunci dalam nama Anda. Misalnya, Aniahimsa muncul dalam pencarian Instagram untuk “vegan” meskipun kata “vegan” bukan bagian dari pegangan Instagram resminya.

Untuk memilih kata kunci untuk nama Anda, pikirkan tentang kata kunci target yang mungkin digunakan pengikut potensial Anda untuk menemukan akun inspirasional, tagar keren, atau lokasi tertentu untuk diikuti.

Sebagai ilustrasi, jika Anda ingin menarik audiens target yang berbasis di Berlin, tambahkan kata “Berlin” di sebelah nama Anda. Kemudian orang dapat menemukan Anda dengan mengetikkan nama kota di bilah pencarian Orang.

Demikian pula, jika pengikut Anda mencari pelatih Instagram, letakkan “Pelatih Bisnis Instagram” di sebelah nama Anda. Jika pengikut Anda mencari inspirasi interior, tambahkan “Inspirasi Interior” di sebelah nama Anda.

Setelah Anda memilih kata kunci, menambahkannya ke profil Instagram Anda sangatlah mudah. Di browser desktop, buka profil Anda dan klik tombol Edit Profil. Di bidang Nama, ketikkan kata kunci Anda setelah nama Anda. Anda mungkin ingin memisahkan nama asli dan kata kunci target Anda dengan emoji. (Cari tahu lebih banyak tentang emoji nanti di artikel ini.)

3. Masukkan Kata Kunci Target dalam Deskripsi Anda

Karena bio Instagram Anda memiliki waktu lebih sedikit daripada kedipan mata untuk membuat kesan pertama yang bagus, membuat bio Anda mudah dipindai membantu orang dengan cepat memahami semua tentang Anda. Untuk pemindaian yang optimal, kata kunci target adalah teman terbaik Anda karena mereka memperjelas jenis konten yang dapat ditemukan orang di akun Anda.

Sebagai contoh, dengan melihat sekilas biografi Iris Dijkers, Anda dapat melihat konten Instagram-nya berfokus pada mode, perjalanan, dan gaya hidup. Titik fokus ini memperkenalkan akunnya dan mungkin juga menentukan apakah orang mengklik tombol Ikuti itu.

Anda juga harus memanfaatkan fitur terbaru Instagram yang memungkinkan Anda menambahkan tagar dan tautan profil di bio Anda. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mempromosikan hashtag bermerek Anda. Karena orang dapat mengikuti tagar Anda, komunitas Anda tidak hanya mencakup pengikut akun Anda, tetapi juga tag dan pengikut dari tagar bermerek Anda.

Untuk menambahkan tagar dan tautan profil ke bio Instagram Anda, buka halaman profil Anda dan klik Edit Profil. Di bidang Bio, tambahkan tagar dan profil yang Anda ingin orang kaitkan dengan Anda. Jangan lupa untuk menggunakan karakter # untuk tagar dan simbol @ untuk nama pengguna. Setelah Anda menyimpan dan keluar, tagar dan nama pengguna menjadi dapat diklik sehingga orang dapat memeriksanya.

Menggunakan kata kunci dari niche Anda yang dipahami audiens target Anda akan memperjelas apa yang Anda perjuangkan, apa yang Anda tawarkan, dan apakah akun Anda relevan dengan mereka atau tidak. Pilih kata kunci yang mencerminkan keahlian atau minat terkuat Anda yang ingin Anda soroti di akun Anda.

Kiat: Untuk memilih kata kunci yang tepat, lihat akun yang mirip dengan akun Anda dan pertimbangkan apa yang membedakan Anda dari mereka. Apakah Anda memiliki sesuatu yang unik untuk ditawarkan? Apakah Anda memiliki minat yang berbeda untuk ditambahkan ke keahlian Anda? Bio Anda adalah tempat untuk mengedepankan keterampilan terbaik Anda dalam kombinasi terkuat.

4. Tambahkan CTA Sebelum Tautan ke Blog Anda atau Penawaran Terbaru

Karena Instagram ingin penggunanya tetap berada di platform, tempat di mana Anda dapat meletakkan URL yang mengarahkan audiens ke domain eksternal terbatas. Namun, mengarahkan lalu lintas dan mengukur klik situs web Anda adalah metrik Instagram yang penting untuk bisnis.

Saat ini, jika Anda memiliki lebih dari 10.000 pengikut, Anda dapat menempatkan tautan di Cerita dan mengarahkan lalu lintas dari sana, tetapi taktik ini jelas tidak berfungsi untuk akun yang lebih kecil. Bio Instagram Anda adalah satu-satunya kesempatan Anda untuk mengarahkan lalu lintas ke domain atau penawaran khusus Anda secara organik.Misalnya, Tyler J. McCall, ahli strategi pemasaran Instagram, memiliki URL untuk penawaran terbarunya dan menyoroti URL tersebut dengan emoji di sekitar ajakan bertindak (CTA), yang membuat penawaran tersebut semakin kuat.

Untuk menambahkan URL ke bio Anda, klik tombol Edit Profil dan tambahkan URL Anda di bidang Situs Web.

Untuk menambahkan CTA di atas URL Anda seperti yang dilakukan Tyler J. McCall, pastikan CTA Anda adalah baris terakhir di bio Anda. Emoji membuat CTA menonjol, dan kebanyakan orang memilih emoji panah bawah untuk menekankan di mana pengguna harus mengklik.

Tip: Di bio Anda, tautan ke situs web atau posting blog adalah awal yang baik. Namun, jika Anda mempromosikan berbagai penawaran setiap minggu dan ingin mengirim pengikut ke halaman produk tertentu, terus-menerus mengubah tautan di bio Anda menjadi tantangan. Untuk solusinya, lihat Linktree, bisa dibilang alat terbaik di luar sana untuk menambahkan banyak tautan ke bio Instagram Anda.#5: Gunakan Line Breaks, Emojis, dan Font

Kustom untuk Menyempurnakan Bio Anda
Setelah Anda membahas dasar-dasarnya (seperti kata kunci, URL, dan tagar lintas promosi), tambahkan beberapa kepribadian ke bio Anda sebagai sentuhan akhir. Misalnya, tambahkan kutipan favorit Anda atau bagikan kalimat lucu yang mewakili merek Anda dengan baik. Sebagai ilustrasi, Lauren Bullen menyertakan frasa “Ayo Berkeliaran-Sepenuhnya Hilang” di akun perjalanannya. Sekian pembahasan kali ini tentang ” Cara Mengoptimalkan Instagram Bisnis ” semoga bermanfaat !