10 Manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan

Posted on
manfaat minyak argan
image from pixabay.com

Manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa termasuk mengurangi tanda-tanda penuaan, meringankan penyakit dermatitis, melindungi kulit dari sinar matahari, sampai mencegah penyakit kanker. Mungkin anda sering mendengar minyak argan terutama jika anda menggunakan produk perawatan kulit. Minyak argan memang menjadi salah satu produk kecantikan yang sangat menawan karena menawarkan berbagai macam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan anda. Minyak argan sudah lama digunakan yaitu sekitar 500 SM oleh orang-orang venesia untuk menyembuhkan dan meningkatkan kesehatan kulit. Di era modern ini minyak argan juga masih digunakan sebagai bahan perawatan kulit yang memiliki tingkat ke efektivan yang cukup baik. Berikut beberapa manfaat minyak argan untuk kecantikan dan kesehatan yang perlu anda ketahui:

1. Mengurangi dermatitis

Dermatitis merupakan salah satu masalah kulit yang memiliki gejala seperti bercak dan gatal yang meradang pada permukaan kulit. Minyak argan cukup populer dalam mengatasi berbagai macam masalah kulit termasuk mengurangi rasa gatal dan ruam yang diakibatkan oleh dermatitis. Manfaat minyak argan ini didapat dari kandungan asam lemak esensial seperti asam linoleat, asam oleat, dan asam lemak omega-3. Ketiga asam tersebut membantu mempertahankan kelembaban kulit sekaligus melindungi integrasi sel.

2. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa minyak argan memiliki kandungan asam lemak yang sangat baik sekali untuk kesehatan kulit. Asam lemah tersebut berguna mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus di wajah. Penggunaan minyak argan secara teratur pada kulit akan membuatnya tampak muda secara alami. Selain cukup efektif penggunaan minyak argan juga aman karena tidak memiliki efek samping berarti.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 selalu menunjukkan, bahwa wanita pascamenopause mengungkapkan ketika mereka menggunakan minyak argan setiap malam selama 3 bulan memiliki kemampuan kulit yang baik dalam mengunci kelembaban.

3. Mengurangi bekas luka cukur

Luka yang diakibatkan oleh pisau cukur bukan hanya tidak enak dipandang akan tetapi terkadang membuat tidak nyaman dan menyakitkan. Minyak argan dapat membantu anda menyembuhkan dan mengurangi luka akibat pisau cukur tersebut karena minyak ini memiliki kandungan asam lemak yang baik untuk kulit. Cara menggunakan minyak argan sebagai obat penyembuh luka bekas pisau cukur adalah dengan cara memanaskan beberapa tetes minyak argan. Setelah selesai anda panaskan tunggu hingga dingin kemudian terapkan pada daerah yang terkena luka pisau cukur.

4. Melindungi kulit dari kerusakan

Minyak argan memiliki konten antioksidan yang dapat membantu melindungi kesehatan kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet. Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2013 lalu mengungkap, bahwa minyak argan dapat mempercepat proses pemulihan kulit akibat sengatan sinar matahari. Manfaat minyak argan untuk kecantikan kulit ini didapat dari kemampuannya dalam menghambat biosintesis melanin. Sehingga minyak argan akan menormalkan sel-sel kulit yang memiliki kelebihan melanin. Penerapan minyak argan pada kulit setelah tersengat matahari dapat mengurangi munculnya flek hitam yang merupakan tanda-tanda kerusakan kulit.

5. Meningkatkan kesehatan kulit anda secara keseluruhan

Minyak argan memiliki kemampuan dalam mengurangi beberapa masalah kulit seperti jerawat, jaringan parut, eksim dan juga keriput. Di sisi lain minyak argan akan membantu anda meningkatkan kelembutan dan kelembaban kulit secara alami. Manfaat minyak argan untuk kecantikan ini dikarenakan di dalam minyak argan terdapat saponin yang berguna mengembalikan kemampuan sel-sel kulit untuk beregenerasi.

6. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Manfaat minyak argan bukan hanya untuk kecantikan kulit tetapi juga kesehatan tubuh anda. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan minyak argan dalam membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh anda. Kandungan beberapa senyawa unik seperti spinasterol dan schottenol dalam minyak argan dapat memblokir penyerapan kolesterol yang tidak sehat dari dalam saluran usus anda.

7. Mengurangi rematik

Kandungan flavanoid yang ditemukan dalam minyak argan memiliki sifat anti inflamasi yang sangat kuat dan efektif. Hal ini menjadikan minyak argan sebagai salah satu obat alami untuk meringankan masalah rematik. Minyak argan bisa digunakan secara internal maupun eksternal untuk menghilangkan pembengkakan dan rasa sakit terkait dengan radang sendi. Selain itu minyak argan juga memiliki kandungan asam linoleat yang berguna meningkatkan pembentukan prostaglandin yang juga berguna mengurangi rematik.

8. Menjaga kesehatan pencernaan

Penggunaan minyak argan secara internal ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Manfaat minyak argan yang unik ini dikarenakan di dalam minyak argan terdapat senyawa organik yang dapat meningkatkan konsentrasi pepsin dalam cairan lambung tubuh yang berguna meningkatkan kesehatan pencernaan. Perlu anda ketahui bahwa pepsin merupakan enzim penting yang ditemukan dalam cairan lambung, dimana enzim ini berfungsi mencerna protein yang terkandung dalam telur, daging, dan produk susu.

9. Memerangi kanker

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minyak argan memiliki kemampuan untuk melawan kanker secara efektif. Manfaat minyak argan untuk kesehatan yang luar biasa ini didapat dari kandungan antioksidan penting di dalamnya yang akan melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Penelitian lain juga mengungkap bahwa minyak argan memiliki kualitas penyembuhan yang sangat baik terhadap beberapa jenis kanker termasuk kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker kandung kemih.

10. Membantu mencegah stretch mark

Salah satu masalah kulit yang paling merepotkan adalah stretch mark. Stretch mark biasanya muncul setelah seorang wanita hamil. Hal ini dikarenakan pada saat hamil kulit seorang wanita akan mengalami peradangan yang singkat. Jika kulit anda tidak memiliki elastisitas yang cukup maka stretchmark bisa terjadi. Untungnya salah satu manfaat minyak argan adalah membantu anda meningkatkan elastisitas kulit yang pada akhirnya akan mencegah munculnya stretch mark. Selain mencegahnya anda juga bisa mengurangi stretch mark dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang terdapat stretch mark.