22 Cara mengatasi nyeri saat haid secara alami, cepat dan efektif

Kesehatan, Tips
cara mengatasi nyeri saat haid
image from livealittlelonger.com

Cara mengatasi nyeri saat haid secara alami dan cepat menggunakan bahan herbal yang terbukti khasiatnya. Dismenore merupakan istilah medis yang digunakan untuk mendeskripsikan nyeri pada saat masa menstruasi. Kondisi ini biasanya disertai dengan pendarahan atau periode menstruasi yang tidak teratur. Penyebab nyeri saat haid bervariasi tetapi biasanya diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon, dimana produksi prostaglandin tidak seimbang sehingga akan menyebabkan kontraksi secara berlebihan.

Ketidak seimbangan hormon tersebut dapat terjadi akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat atau karena kondisi medis tertentu seperti fibroid dan kista ovarium. Anda bisa mengatasi nyeri saat haid menggunakan cara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan rumahan yang pastinya aman. Berikut cara mengatasi nyeri saat haid secara alami menggunakan bahan-bahan rumahan:

 

Cara mengatasi nyeri saat haid

1. Kompres air hangat

Sebuah studi pada tahun 2012 pada wanita berusia 18 hingga 30 tahun menunjukkan bahwa melakukan kompres dengan suhu 40 ° C dapat membantu mengatasi nyeri saat haid. Bahkan kompres hangat ini memiliki tingkat keefektifan yang sama dengan Ibuprofen dalam kemampuannya untuk mengatasi nyeri.

Caranya: Taruh handuk yang anda celupkan ke air hangat di atas perut bagian bawah untuk mengurangi nyeri saat haid. Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan botol yang berisi air panas kemudian letakkan di perut bagian bawah untuk menghilangkan kram dan rasa sakit secara alami.

2. Meningkatkan asupan magnesium harian

Magnesium merupakan suplemen yang berguna menjaga keseimbangan hormon tubuh. Mencukupi kebutuhan magnesium akan mencegah kortisol dan insulin diproduksi oleh tubuh secara berlebihan. Selain itu, magnesium juga berperan dalam mencegah gangguan seperti hipertensi, penyakit kardiovaskular, dan diabetes. Mencukupi kebutuhan magnesium dapat membantu mengatasi nyeri saat haid dikarenakan kemampuannya dalam menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

3. Meningkatkan asupan zat besi

Selain magnesium, mineral lain yang dapat membantu mengurangi nyeri saat haid adalah zat besi. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi seperti telur, susu, kacang polong, dan sayuran berdaun hijau dapat membantu anda mengurangi rasa nyeri saat haid. Zat besi merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saat wanita haid biasanya akan menyebabkan hilangnya zat besi dalam tubuh sehingga membuat seseorang rentan mengalami anemia.

4. Bunga pisang

Bunga pisang ternyata bisa anda manfaatkan untuk mengatasi nyeri saat haid secara alami. Caranya masak bunga pisang kemudian tambahkan dengan yoghurt. Bunga pisang dan yoghurt dapat meningkatkan progesteron dan membantu mengontrol nyeri saat haid yang cukup mengganggu. Selain itu, keduanya juga membantu menjaga keseimbangan kadar hemoglobin dalam tubuh. Hal ini berguna mencegah anemia saat Anda mengalami pendarahan berlebihan saat haid.

5. Biji sawi

Kram saat haid paling sering disebabkan oleh kadar estrogen yang tinggi dan ketidakseimbangan hormon. Biji sawi kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengatur sirkulasi aliran darah saat haid sehingga mengembalikan ketidakseimbangan hormon. Caranya: ambil satu sendok makan bubuk biji sawi kemudian tambahkan dengan air dan susu. Setelah itu konsumsi selama masa haid. Ini merupakan obat rumahan yang sangat bagus untuk mengurangi nyeri saat haid.

6. Biji Rami

Cara mengatasi nyeri saat haid yang tidak kalah efektif adalah menggunakan biji rami. Biji rami memiliki kandungan lignan yang merupakan senyawa dengan sifat penyeimbang hormon. Penelitian telah menunjukkan bahwa biji rami dapat membantu mengatur tingkat estrogen saat haid. Dari kemampuannya tersebut, menjadikan biji sawi sebagai obat yang cukup efektif untuk mengatasi nyeri saat haid. Caranya: konsumsi satu sendok makan biji rami setiap hari pada saat haid. Atau campurkan satu sendok makan biji rami dengan yoghurt setelah itu konsumsi selama menstruasi.

7. Buah pepaya

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil dan kesehatan sangat luar biasa. Pepaya merupakan ramuan alami yang sangat baik untuk mengatasi nyeri saat haid. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang berguna menekan progesteron, hormon yang digunakan untuk mempersiapkan uterus dalam konsepsi kehamilan. Selain itu buah pepaya juga membantu mengkontraksi serabut otot di rahim yang memicu menstruasi. Mengkonsumsi jus pepaya setengah matang dapat membantu anda mengurangi nyeri atau kram saat haid.

8. Biji ketumbar

Biji ketumbar berguna menyeimbangkan hormon sekaligus meredakan nyeri saat haid yang sangat mengganggu. Cara penggunaannya: masukkan biji ketumbar ke dalam satu cangkir air mendidih, saring kemudian tambahkan madu atau gula. Konsumsi secara rutin terutama pada periode menstruasi untuk mengurangi kram dan nyeri.

9. Biji wijen

Biji wijen merupakan makanan lain yang juga diperkaya dengan asam lemak omega-3. Biji wijen juga mengandung sesamin dan sesamolin yang dianggap komponen penting untuk menurunkan tekanan darah sekaligus melindungi hati. Selain itu, biji wijen juga diperkaya dengan magnesium yang berguna membantu mengatasi nyeri saat haid dengan cara menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Caramengatasi nyeri saat haid menggunakan biji wijen: pertama haluskan 250-300 gram biji wijen dengan blender. Ambil 1 sendok makan bubuk tersebut Kemudian campurkan dengan air panas. Minum dua kali sehari selama masa haid.

10. Biji carom

Biji carom memiliki sifat anestesi lokal, antibakteri, dan antijamur. Yang juga dapat menghilangkan rasa nyeri saat haid. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami nyeri saat haid saat diberikan timol (kandungan dalam biji carom) mengalami penurunan rasa nyeri.

Panggang biji carom kemudian tambahkan susu. Konsumsi saat nyeri hadi mulai datang. Selain itu, anda juga bisa mengambil minyak biji carom kemudian oleskan pada paha dan kaki untuk mengurangi nyeri saat haid yang tidak tertahankan.

11. Jus wortel

Wortel mengandung serat yang berguna menyerap estrogen berlebih yang menjadi penyebab nyeri saat haid. Selain itu wortel juga berguna menyeimbangkan hormon di kedua jenis kelamin. Serat dalam wortel juga dapat mencegah estrogen untuk diserap kembali di usus. Hal ini sangat penting, karena terlalu banyak estrogen baik yang dihasilkan oleh tubuh atau dari makanan yang kita konsumsi, dapat menyebabkan gangguan hormonal yang diantaranya bisa menyebabkan munculnya nyeri saat haid.

12. Blackstrap Molasses

Molasses merupakan produk sampingan industri pengolahan gula. Molasses dapat membantu mengatasi nyeri saat haid saat dikonsumsi secara rutin pada saat masa menstruasi. Sebenarnya tidak ada penelitian yang secara langsung membuktikan kemampuan molasses dalam mengurangi nyeri selama haid. Kandungan magnesium dan zat besi yang dimilikinya menjadi indikasi penting bahwa molasses menjadi produk yang patut diperhitungkan sebagai obat nyeri saat haid.

 

Cara mengatasi nyeri haid dengan minyak esensial

13. Minyak Esensial Thyme

Minyak thyme sering digunakan sebagai aromaterapi untuk merileksasi pikiran, memperkuat ingatan, dan menenangkan syaraf. Saat digunakana sebagai minyak pijat Minyak thyme cukup membantu dalam menghilangkan nyeri saat haid yang menjadi musuh para wanita di seluruh Dunia.

14. Minyak lavender

Cara mengatasi nyeri saat haid secara alami dan cepat yang selanjutnya adalah menggunakan minyak lavender. Studi menunjukkan bahwa minyak lavender terbukti efektif dapat mengatasi masalah nyeri dan kram selama menstruasi. Hal ini dikarenakan minyak lavender dapat mengurangi kontraksi uterus. Selain itu, minyak lavender juga cukup efektif dalam mengurangi stres sekaligus merelaksasi pikiran yang biasanya dialami oleh wanita saat mengalami haid.

Cara memanfaatkan minyak lavender: pertama campuran minyak lavender dengan minyak lainnya termasuk zaitun atau minyak kelapa. Pijatkan pada area nyeri dengan perlahan.

Metode kedua, teteskan minyak lavender ke dalam air hangat kemudian gunakan untuk berendam selama 5 sampai 10 menit. Hal ini akan membantu relaksasi pikiran dan mengurangi rasa nyeri saat haid.

 

Cara mengatasi nyeri saat haid dengan ramuan herbal 

15. Asafoetida

Asafoetida adalah obat yang cukup populer untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur, nyeri dan pendarahan saat haid. Tanaman ini mengandung senyawa kimia yang dapat mengembalikan keseimbangan hormon.
Caranya Ambil bubuk asafoetida secukupnya setelah itu goreng dalam mentega. Tambahkan ke susu kambing. Dosis asafoetida yang direkomendasikan adalah 200 hingga 500 mg perhari. Konsumsi secara rutin pada saat dua hari sebelum sampai saat haid.

16. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang serbaguna. Tanaman ini memiliki banyak khasiat terutama untuk mengatasi masalah pada wanita. Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat merangsang indung telur pada wanita. Selain itu, lidah buaya juga memiliki efek penyeimbang hormon sehingga sangat baik untuk mengurangi pendarahan dan nyeri saat haid.

17. Chasteberry

Chasteberry berguna dalam mempertahankan keseimbangan estrogen dan progesteron dalam tubuh. Hal ini sangat penting dalam mengurangi nyeri saat haid. Chasteberry biasanya sering digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi berbagai sindrom pramenstruasi termasuk munculnya rasa nyeri.

Caranya: Ambil 1-2 sendok teh buah beri kering, rebus dalam 1 gelas air. Biarkan sampai dingin setelah itu minum dua atau tiga kali sehari Untuk membantu mencegah dan mengatasi nyeri saat haid.

18. Peterseli

Peterseli merupakan obat herbal yang baik untuk mengatasi nyeri saat haid secara alami. Peterseli mengandung banyak vitamin C yang berguna menyerap dan mengganti zat besi yang hilang selama pendarahan pada saat menstruasi. Selain itu, peterseli juga diperkaya dengan antioksidan yang bermanfaat mengurangi peradangan pada jaringan uterus. Cara mengatasi nyeri saat haid secara alami dengan peterseli: pertama siapkan segelas jus peterseli segar kemudian konsumsi selama 3 hari pertama masa menstruasi.

19. Kemangi

Mengunyah beberapa lembar daun kemangi bisa dijadikan cara yang cukup efektif untuk mengatasi nyeri saat haid yang mudah dan praktis. Atau anda bisa menggunakannya sebagai lalapan yang bisa dikonsumsi selama masa menstruasi.

 

Minuman untuk mengatasi nyeri saat haid

20. Jahe

Jahe berguna mengurangi prostaglandin yang buruk (PGE2), yang diketahui dapat menyebabkan pendarahan dan nyeri saat haid. Cara menikmati jahe sangat mudah. Anda tinggal menyeduhnya seperti membuat wedang jahe seperti biasa. Minum secara rutin setiap hari selama masa haid atau 2 hari sebelumnya hingga masa menstruasi selesai.

21. Teh kayu manis dan madu

Campuran antara kayu manis dan madu bisa berguna mengurangi nyeri saat haid sekaligus membantu mengatur masa menstruasi yang tidak teratur. Penelitian menemukan bahwa kayu manis berguna meningkatkan siklus haid pada wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik. Caranya: masukkan batang kayu manis ke dalam air selama 5 sampai 10 menit. Saring air tersebut kemudian tunggu hingga dingin. Tambahkan madu setelah itu konsumsi secara rutin selama masa haid.

22. Teh peppermint

Teh yang berasal dari daun peppermint dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri selama haid. Daun papermint berguna mengurangi kontraksi dan kejang otot rahim yang menimbulkan nyeri. Menambahkan satu sendok teh madu dan bubuk papermint merupakan pengobatan yang sangat luar biasa untuk mengobati nyeri saat haid.

 

Tips mengurangi nyeri saat haid

  • Dianjurkan mencukupi kebutuhan air putih setiap hari untuk mengurangi rasa nyeri saat haid.
  • Sebaiknya perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau yang kandungan air tinggi seperti mentimun, semangka, selada, buah berry, pir dll.
  • Lakukan senam kardiovaskular dan aerobik setiap hari. Hal ini bertujuan meningkatkan aliran endorfin, yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami saat mengalami nyeri.
  • Sebaiknya mandi menggunakan air hangat untuk membantu mengurangi rasa nyeri.
  • Untuk menyeimbankan hormon selama haid, mengkonsumsi minyak ikan bisa dijadikan pilihan yang baik.
  • Cukupi kebutuhan tidur setidaknya 7-8 jam setiap hari.

Demikian informasi yang kami sajikan seputar cara mengatasi nyeri saat haid secara alami dan cepat. Semoga informasi tersebut bisa mengatasi permasalahan nyeri yang anda alami.