8 Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis secara alami

Kecantikan, Perawatan
cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis
image from www.pexels.com

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis secara alami dan kombinasi bahan-bahan alami lainnya yang bekerja cukup efektif cepat dan aman dalam mengatasi masalah jerawat di wajah. Salah satu bahan alam yang patut anda perhitungkan untuk menghilangkan jerawat di wajah adalah jeruk nipis. Penggunaan jeruk nipis memang cukup mudah dan pastinya murah.

Penggunaan jeruk nipis juga relatif aman selama tidak berlebihan. Jeruk nipis memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu menghilangkan berbagai macam penyebab jerawat di wajah. Sifat antibakteri yang dimiliki jeruk nipis berguna mencegah penumpukan bakteri yang berada di wajah yang dapat menyebabkan peradangan pada jerawat.

 

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

1. Jeruk nipis dan air

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis sangatlah mudah karena anda hanya perlu mencampurnya dengan air. Jeruk nipis mampu menghilangkan kotoran di wajah yang bisa dijadikan sebagai sarang bakteri sehingga menyebabkan jerawat. Menggunakan jeruk nipis dianggap sebagai cara yang sangat efektif untuk menyingkirkan jerawat di wajah anda.

  • Caranya sebelum menerapkan jeruk nipis pada jerawat sebaiknya bersihkan wajah anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu campur jeruk nipis dengan air agar lebih encer.
  • Siapkan 1 bola kapas kemudian masukkan ke dalam cairan jeruk nipis
  • Langkah selanjutnya terapkan pada wajah yang berjerawat dan tunggu setidaknya 10 menit kemudian bilas dengan air.

 

2. Jeruk nipis dan air mawar

Air mawar memiliki sifat penghilang kelebihan minyak di wajah. Sifat ini sangat baik sekali karena kelebihan minyak dapat menyebabkan kotoran mudah menempel pada kulit wajah. Hal ini akan memicu munculnya jerawat. Kotoran yang menumpuk pada akhirnya akan menyumbat pori-pori. Sumbatan pada pori-pori kulit wajah akan memudahkan bakteri menumpuk sehingga menyebabkan peradangan. Cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat:

  • Pertama persiapkan satu sendok makan jeruk nipis dan satu sendok makan air mawar.
  • Campur kedua bahan tadi kemudian tambahkan dengan air secukupnya.
  • Sebelum menerapkan metode ini, bersihkan wajah anda terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran.
  • Setelah wajah anda bersih masukkan bola kapas ke dalamnya kemudian terapkan pada jerawat.
  • Lakukan dengan hati-hati jangan sampai mengenai mata.
  • Biarkan selama 10 menit setelah itu bilas wajah anda sampai bersih.

 

3. Jeruk nipis dan madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang sangat baik. Sifat antibakteri tersebut berguna mencegah jerawat. Selain itu, madu juga dapat meremajakan kulit sehingga berguna mempercepat proses penyembuhan jerawat. Menggabungkan antara jeruk nipis dan madu merupakan langkah yang sangat baik untuk menyingkirkan jerawat di wajah anda. Berikut langkah demi langkah yang harus anda lakukan:

  • Campurkan jeruk nipis dan madu dengan perbandingan 1 jeruk nipis dan 2 madu.
  • Aduk kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik sebelum diterapkan pada jerawat.
  • Setelah proses pencampuran selesai, oelskan kedua bahan tadi hingga merata pada wajah yang terdapat jerawat.
  • Biarkan selama setidaknya 5 menit kemudian bersihkan wajah anda dengan air hangat.
  • Lakukan secara rutin untuk menghilangkan jerawat di wajah

 

4. Jeruk nipis dan mentimun

Semua dari kita tahu bahwa mentimun dapat menyerap kelebihan minyak di wajah. Kelebihan minyak bisa menarik kotoran sehingga menyebabkan wajah menjadi lebih mudah terkena jerawat. Kotoran yang menyumbat pori-pori akan menyebabkan bakteri menumpuk sehingga akan memicu munculnya jerawat. Untuk menggunakan mentimun, anda perlu mencampurnya dengan jeruk nipis agar manfaatnya semakin kuat dalam menghilangkan jerawat. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan mentimun:

  • Langkah pertama potong mentimun kecil-kecil kemudian masukkan ke dalam blender.
  • Haluskan mentimun hingga memiliki tekstur lembut seperti pasta.
  • Tambahkan dengan 1 sendok teh jeruk nipis ke dalamnya kemudian aduk hingga merata.
  • Gunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat.
  • Metode ini harus dilakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal

 

5. Jeruk nipis dan putih telur

Satu lagi bahan yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah yaitu putih telur. Saat putih telur dikombinasikan dengan jeruk nipis maka kemampuannya dalam menghilangkan jerawat menjadi lebih baik. Putih telur bukan hanya berguna mengencangkan kulit secara alami tetapi juga memiliki efek penghilang jerawat yang luar biasa. Bahkan putih telur sering digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Cara penggunaannya:

  • Pertama ambil satu butir telur berukuran sedang kemudian pisahkan dengan kuningnya.
  • Tambahkan satu sendok teh jeruk nipis kemudian kocok hingga berbusa.
  • Terapkan pada wajah yang terdapat jerawat hingga merata, kemudian biarkan sampai kering.
  • Jika sudah selesai bilas dengan air hangat sampai bersih.

 

6. Jeruk nipis dan bubuk kayu manis 

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat yang selanjutnya adalah dengan menambahkan kayu manis. Kayu manis ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat alami. Kandungan antimikroba, antioksidan dan antiseptik yang dimiliki oleh kayu manis berguna menghilangkan jerawat dan faktor penyebabnya. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan kayu manis yang bisa dicoba:

  • Pertama campur 2 sendok teh jeruk nipis dan satu sendok teh bubuk kayu manis
  • Aduk keduanya sehingga menyatu dengan baik.
  • Oleskan pasta yang anda buat tadi pada jerawat dan Ddiamkan selama 15 menit.
  • Gunakan air hangat untuk membilas wajah anda jika sudah selesai.

Catatan: kayu manis terkadang dapat menyebabkan sensasi terbakar pada beberapa orang. Jadi sebelum mengkombinasikannya dengan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat di wajah, pastikan anda melakukan tes patch terlebih dahulu.

 

7. Jeruk nipis dan kacang panjang

Siapa yang menyangka jika kacang panjang ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Kacang panjang bisa berguna untuk mengurangi jerawat di wajah saat digunakan bersamaan dengan jeruk nipis. Kacang panjang ternyata mampu menyerap kelebihan minyak dan kotoran di kulit wajah yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, kacang panjang juga berguna membuka pori-pori kulit dan memberikan efek pengelupasan alami. Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan kacang panjang:

  • Pertama siapkan satu sendok makan bubur kacang panjang dan satu sendok teh air jeruk nipis.
  • Masukkan keduanya ke dalam mangkuk kecil kemudian campurkan hingga menyatu.
  • Terapkan pada jerawat Anda selama beberapa menit kemudian bersihkan dengan air hangat dan lap kulit anda sampai bersih.

 

8. Jeruk nipis dan yoghurt

Menggabungkan antara jus jeruk nipis dan yoghurt merupakan bahan yang sangat ramah untuk menghilangkan jerawat di kulit wajah. Jeruk nipis dan yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang berperan penting untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Cara menggunakan jeruk nipis dan yoghurt untuk menghilangkan jerawat:

  • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu sebelum menerapkan jeruk nipis pada jerawat menggunakan sabun khusus.
  • Kemudian masukkan satu sendok makan air jeruk nipis dan 2 sendok makan yoghurt dalam mangkuk.
  • Aduk jeruk nipis dan yoghurt hingga merata setelah itu gunakan sebagai masker wajah.
  • Lakukan secara rutin setidaknya 3 kali seminggu untuk memudahkan Anda menghilangkan jerawat di wajah.

 

Manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat

Mengencangkan pori-pori kulit wajah: Diantara manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat adalah membantu mengencangkan pori-pori kulit. Mengencangkan pori-pori kulit wajah dapat membantu mencegah kotoran masuk sehingga menyebabkan jerawat. Selain itu, jeruk nipis juga sangat berguna dalam membuat kulit tampak kenyal secara alami.

Menghilangkan sel kulit mati: sel kulit mati yang menumpuk di wajah dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori sehingga mengakibatkan jerawat. Untungnya jeruk nipis dapat mengurangi penumpukan sel kulit mati tersebut. Manfaat jeruk nipis ini dapat mencegah jerawat sekaligus membersihkan wajah anda.
Membersihkan wajah secara alami: Jeruk nipis berguna membersihkan kulit wajah sehingga dapat mencegah jerawat. Penerapan jeruk nipis secara rutin bukan hanya membantu membersihkannya tetapi juga membuatnya tampak cerah alami.

Artikel terkait lainnya: 5 Cara menghilangkan jerawat dengan tomat secara alami

Menyamarkan flek hitam bekas jerawat: Diantara masalah kulit wajah yang cukup mengganggu adalah munculnya flek hitam bekas jerawat. Flek hitam terjadi saat jerawat mulai mengempis dan menghitam. Flek hitam bekas jerawat sangat sulit dihilangkan akan tetapi bisa dikurangi dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki sifat pemutih alami yang mampu menyamarkan flek hitam bekas jerawat.

Mencegah pertumbuhan jerawat: Sifat antibiotik yang dimiliki jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Dengan menerapkan jeruk nipis secara rutin maka akan membantu Anda mendapatkan wajah yang cantik alami dan terbebas dari jerawat. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki sifat asam yang berguna mengontrol kelebihan minyak yang juga berperan besar dalam memicu jerawat.

Demikian tadi rangkaian cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis menggunakan yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya.