Manfaat masker bedak bayi untuk kulit wajah serta efek sampinya

Manfaat masker bedak bayi

Manfaat masker bedak bayi untuk kulit wajah agar lebih cantik alami. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk mencari masker wajah yang murah serta memiliki tingkat keefektifan yang baik cobalah menggunakan masker bedak bayi. 

Manfaat masker bedak bayi

Kegunaan masker bedak bayi memang sangat banyak sekali dimana sebagiannya mungkin masih belum anda ketahui. Berikut beberapa daftar manfaat masker bedak bayi untuk kulit wajah anda:

Bantu atasi jerawat

Siapa yang menyangka jika bedak bayi ternyata bisa digunakan sebagai bahan perawatan wajah khususnya untuk menghilangkan jerawat. Manfaat masker bedak bayi yang satu ini dikarenakan kebanyakan dari jenis bedak bayi memang mengandung sifat anti peradangan.

Bedak bayi memang dikhususkan untuk kulit sensitif sehingga sangat baik digunakan untuk mengurangi efek ruam atau kemerahan yang dihasilkan oleh jerawat. Jadi anda bisa mencobanya sebagai obat jerawat alami yang tentunya lebih aman.

Menyerap minyak di wajah

Kegunaan lain dari masker bedak bayi adalah membantu menyerap kelebihan minyak. Kelebihan minyak memang sangat mengganggu penampilan karena akan membuat wajah terlihat lebih kusam dan kurang bercahaya. Untungnya bedak bayi hadir sebagai penyerap minyak alami.

Bedak bayi memang dirancang khusus agar mampu menyerap kandungan minyak berlebih sehingga sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki wajah berminyak. Kelebihan minyak bukan hanya dapat mengganggu penampilan tetapi juga bisa menyebabkan jerawat.

Cocok untuk kulit sensitif

Bedak bayi memang diformulasikan khusus untuk berbagai macam jenis kulit. Hal ini dikarenakan biasanya bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga bedaknya pun harus benar-benar aman. Hal ini bisa anda manfaatkan tentunya karena dengan menggunakan masker bedak bayi maka anda tidak perlu khawatir jika kulit sensitif akan mengganggu anda.

Mengurangi kemerahan akibat sinar matahari

Jika anda sering di luar rumah dalam waktu yang lama biasanya kulit wajah akan sering mengalami kemerahan akibat sengatan matahari. Untungnya salah satu manfaat masker bedak bayi adalah membantu mengurangi efek sengatan matahari tersebut. 

Menerapkan bedak bayi ke kulit wajah sebagai masker membantu menyejukkan kulit sekaligus mengatasi peradangan akibat sinar matahari. Pada akhirnya hal ini akan mengurangi kulit menjadi gosong.

Cara membuat masker bedak bayi

Setelah di atas kita membahas mengenai manfaat masker bedak bayi untuk kulit wajah sekarang kita akan mencari tahu bagaimana cara membuatnya. Berikut langkah demi langkah bagaimana membuat masker wajah dari bedak bayi:

Bahan yang diperlukan

Untuk membuat masker wajah dari bedak bayi ada beberapa bahan yang diperlukan diantaranya adalah:

  • 2 sendok makan bedak bayi berbagai merek, tetapi usahakan yang memang memiliki kualitas baik.
  • 1 sendok makan air bersih
  • Sebuah mangkuk kecil dan sendok (untuk mengaduk)

Langkah pembuatan

Langkah pertama masukkan 2 sendok makan bedak bayi tersebut ke dalam mangkuk kecil yang sudah anda siapkan. Setelah itu tambahkan 1 sendok makan air tersebut lalu aduk kedua bahan tadi hingga anda mendapatkan tekstur yang kental seperti pasta.

Penerapan

Setelah anda mendapatkan tekstur yang diinginkan terapkan masker bedak bayi tersebut ke seluruh area wajah kecuali bagian mata, alis, dan bibir. Jika semua bahan tadi sudah menutupi area wajah, diamkan selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah selesai bilas wajah anda hingga benar-benar bersih dan tidak ada masker bedak bayi yang masih menempel.

Manfaat bedak bayi untuk kecantikan

Selain digunakan sebagai masker wajah, bedak bayi juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam perawatan kecantikan. Beberapa di antara manfaat bedak bayi untuk kecantikan adalah:

Melebatkan bulu mata

Jika anda ingin memiliki bulu mata yang lebat dan indah cobalah menggunakan bedak bayi. Caranya cukup mudah kok, pertama gunakan maskara terlebih dahulu di bulu mata anda. Lalu anda tinggal menaburkan bedak bayi dengan menggunakan cotton bud ke area bulu mata. Perlu diperhatikan anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati jangan sampai bedak bayi masuk ke area mata anda.

Mengurangi peradangan akibat waxing

Bagi anda yang sering melakukan waxing atau penyabutan bulu tubuh secara paksa pasti akan sering mengalami rasa tidak nyaman atau nyeri. Jika anda mengalami hal tersebut cobalah menggunakan bedak bayi untuk meredakannya.

Menaburkan bedak bayi ke area yang baru saja dilakukan waxing akan membantu mengurangi rasa nyeri dan efek tidak nyaman yang ditimbulkan. 

Digunakan sebagai hand cream

Kebanyakan beberapa jenis hand cream terkadang memiliki tekstur yang agak cair dan lengket. Hal ini bagi sebagian orang dianggap kurang nyaman. Untuk mengatasi hal ini setelah menerapkan hand cream tersebut anda bisa menaburkan bedak bayi terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk membuat permukaan kulit menjadi semakin lembut sekaligus melembabkannya secara alami sehingga efek kurang nyaman bisa dikurangi.

Sebagai deodoran alami

Manfaat lain dari bedak bayi untuk kecantikan adalah membantu anda mengurangi bau badan. Jadi anda bisa menggunakan bedak bayi sebagai deodoran alami yang tentunya sedikit lebih nyaman dibandingkan penggunaan bahan lain yang berbasis air.

Kemampuan bedak bayi dalam menyerap keringat menjadi salah satu alasan banyak orang menggunakannya sebagai deodoran. Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Membuat lipstik lebih tahan lama

Diantara kegunaan lain dari bedak bayi yang mungkin masih belum anda ketahui adalah membantu membuat lipstik lebih awet. Caranya sangat simple, pertama gunakan lipstik seperti biasanya kemudian tempelkan tisu ke bibir. Langkah selanjutnya taburkan bedak bayi di bibir anda tersebut setelah itu terapkan lipstik lagi.

Menerapkan tips di atas diketahui dapat membantu lipstik anda lebih awet dibandingkan biasanya. Tips di atas sangat patut dicoba terutama bagi anda yang sering menerapkan lipstik di bibir.

Menghilangkan kantung mata

Siapa yang menyangka jika menggunakan bedak bayi ternyata dapat menyamarkan kantung mata. Ya penggunaan bedak bayi memang diketahui dapat mengurangi tampilan hitam pada area bawah mata. Cara ini sebenarnya lebih menutupinya dengan menggunakannya sebagai dasar makeup. 

Efek samping masker bedak bayi

Meskipun penggunaan bedak bayi sebagai masker wajah memiliki banyak manfaat akan tetapi jika anda tidak berhati-hati di sisi lain juga memberikan efek samping. Lantas apa saja efek samping masker bedak bayi tersebut?

Menyumbat pori-pori kulit

Jika anda tidak bersih dalam menghilangkan sisa masker bedak bayi di kulit wajah maka tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Hal ini dikarenakan saat bedak bayi dicampur dengan air dan digunakan sebagai masker wajah maka efeknya akan lengket dan cenderung menyebabkan penyumbatan di pori-pori. Baca juga Efek samping masker bedak marcks dan air mawar untuk kulit

Membuat kulit wajah sedikit kering

Secara umum bedak bayi diformulasikan untuk membuat kulit bayi agar tetap kering sehingga dapat mencegah ruam. Akan tetapi efek ini ternyata bisa sedikit mengganggu saat diterapkan sebagai masker wajah.

Meskipun demikian, sebenarnya efek samping masker bedak bayi tersebut tidak begitu mengganggu selama anda tidak terlalu sering dalam menerapkannya. Jadi tetap gunakan masker bedak bayi dalam jumlah yang wajar.

Demikian tadi informasi mengenai manfaat masker bedak bayi untuk kulit wajah anda serta kegunaan lainnya yang mungkin belum anda tahu.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →