16 Manfaat minyak jarak untuk kesehatan dan kecantikan

Posted on
Manfaat minyak jarak
Ilustrasi manfaat minyak jarak

Manfaat minyak jarak untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat mengagumkan mulai dari meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan kulit, sampai membantu pertumbuhan rambut. Minyak jarak telah ada selama berabad-abad yang lalu dan banyak digunakan untuk tujuan pengobatan di tanah kelahirannya yaitu benua Afrika. Orang Mesir kuno bahkan menggunakan minyak jarak sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit dan iritasi mata. Minyak jarak juga sangat berguna sebagai antibakteri dan mengobati berbagai macam masalah pencernaan. Bagi anda yang ingin tahu lebih jauh mengenai manfaat minyak jarak untuk kesehatan dan kecantikan bisa anda baca artikel di bawah ini:

1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Minyak cara disebut-sebut baik untuk meningkatkan aliran darah kesehatan kelenjar timus, drainase limfatik, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh kita. Menurut penelitian Cell Immunology pada tahun 2010 menemukan bahwa orang yang menggunakan minyak jarak mengalami meningkatkan kadar limfosit secara signifikan dibandingkan dengan orang yang menggunakan plasebo. Limfosit sangat penting sekali mengingat salah satu fungsinya adalah melindungi sistem kekebalan tubuh dari serangan racun dan bakteri yang dapat mengancam kesehatan.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dan aliran darah yang lancar merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan. Sistem peredaran darah yang lancar akan mempermudah tubuh dalam memompa darah dari dan ke jantung di mana darah membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh kecil. Saat diserap oleh kulit minyak jarak dapat meningkatkan drainase limfatik sekaligus melancarkan sirkulasi darah.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat minyak jarak untuk kesehatan yang perlu anda coba adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Dalam cerita rakyat minyak jarak juga dikenal sebagai katarsis kuat yang dapat merangsang pelepasan zat-zat dari saluran pencernaan yang pada akhirnya akan mendorong defekasi. Menurut terapi komplementer dalam praktisi klinis minyak jarak dapat meredakan masalah pencernaan seperti sembelit.

Penggunaan minyak jarak untuk mengatasi masalah pencernaan biasanya diberikan oleh para lansia. Selain itu, para ilmuwan menemukan adanya hubungan antara efek pencahar dan depresi karena menghilangkan agen infeksius dari lapisan usus telah ditemukan dapat meringankan gejala depresi.

4. Membantu keseimbangan hormon sekaligus meningkatkan libido

Pembentukan hormon yang sehat sangat tergantung pada penyerapan molekul lemak di dalam saluran pencernaan kita karena minyak jarak memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi pencernaan maka penggunaannya dapat menyeimbangkan hormon secara alami. Aliran hormon yang baik ditambah dengan penurunan racun di dalam sekitar sel akan meningkatkan libido. Selain itu, proses tersebut juga meredakan beberapa gejala PMS termasuk perubahan suasana hati, kelelahan, dan depresi.

5. Membantu proses persalinan

Diantara manfaat minyak jarak untuk ibu hamil adalah membantu mempermudah proses persalinan. Pada zaman dahulu minyak jarak sering digunakan sebagai obat alami untuk membantu ibu hamil menginduksi persalinan. Pada zaman sekarang ternyata manfaat minyak jarak ini telah didukung oleh penelitian. Sekelompok peneliti dari Australia dan Selandia baru telah melakukan penelitian pada tahun 2009 untuk menilai efektivitas dan keamanan minyak jarak dalam membantu proses persalinan. Temuan dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa minyak jarak tidak memiliki efek samping yang mempengaruhi induksi persalinan. Namun ilmu pengetahuan modern menunjukkan bahwa asam ricinoleic dalam minyak jarak dapat memicu reseptor prostanoid EP3 di rahim.

6. Mengurangi gejala arthritis

Minyak jarak sering digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi peradangan, pembengkakan sendi, dan nyeri artritis. Manfaat minyak jarak untuk kesehatan ini didapat dari sifat anti inflamasi yang dimilikinya, sehingga minyak jarak dapat digunakan sebagai minyak pijat yang baik untuk mengatasi nyeri otot, masalah persendian, atau jaringan. Penelitian fisioterapi yang dilakukan pada 2009 lalu menerbitkan sebuah studi bahwa minyak jarak dapat digunakan sebagai bahan terapi yang efektif pada osteoartritis lutut primer. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa minyak jarak memiliki tingkat keefektifan yang signifikan dalam pengobatan osteoartritis lutut dan belum ada efek samping yang dilaporkan.

7. Mengobati infeksi dan luka pada kulit

Kesehatan kulit sebenarnya merupakan cerminan dari tingkat kesehatan sistem kekebalan tubuh, usus, dan keseimbangan hormon. Jika anda sering menggunakan berbagai macam produk kecantikan yang anda beli di toko maka sebenarnya anda sedang menumpuk bahan kimia di kulit yang dapat membuat iritasi. Minyak jarak hadir sebagai bahan alami yang dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit tanpa memberikan efek samping berarti. Manfaat minyak jarak untuk kesehatan kulit didapat dari kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah sehingga mempermudah tubuh dalam mempertahankan diri terhadap serangan infeksi yang pada akhirnya akan mempercepat proses penyembuhan luka.

8. Menyembuhkan kulit yang meradang

Diantara manfaat minyak jarak untuk kecantikan kulit yang perlu anda coba adalah menyembuhkan kulit yang mengalami peradangan. Minyak jarak dapat mengurangi dan menyembuhkan peradangan kulit yang biasanya disebabkan oleh jerawat, kulit yang terbakar, atau kulit kering. Kandungan asam risinoleat yang terdapat dalam minyak jarak memiliki sifat penyembuhan alami yang membantu mengurangi tingkat peradangan di kulit. Menurut sebuah studi pada tahun 2000 lalu yang diterbitkan oleh Mediator of Inflammation, kandungan asam ricinoleic dalam minyak jarak merupakan agen anti inflamasi yang luar biasa.

9. Mengurangi tanda-tanda penuaan kulit

Saat digunakan secara topikal pada kulit minyak jarak memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk memperlambat proses penuaan. Saat diaplikasikan pada kulit minyak jarak dapat menembus secara mendalam dan meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Keduanya merupakan komponen penting untuk membantu melembutkan dan melembabkan kulit secara alami. Bukan hanya itu, minyak jarak juga akan mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus yang menjadi salah satu diantara tanda-tanda penuaan.

10. Mengurangi munculnya jerawat di wajah

Manfaat minyak jarak untuk kecantikan yang selanjutnya adalah membantu mengurangi jerawat di wajah. Kebanyakan orang akan menghindari penggunaan minyak pada wajah karena dianggap dapat menyumbat pori-pori kulit yang dapat menyebabkan jerawat. Akan tetapi minyak jarak memiliki efek yang sebaliknya karena penggunaan minyak jarak ternyata dapat mengobati jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan dalam minyak jarak terdapat asam ricinoleic yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat secara efektif saat menembus kulit. Dengan kandungan asam ricinoleic tersebut menjadikan minyak jarak sebagai obat jerawat alami yang cukup ampuh.

11. Melembabkan kulit secara alami

Penggunaan minyak jarak pada kulit dapat membuat nya tampak lebih lembab secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan beberapa senyawa penting dalam minyak jarak bertindak sebagai pelembab kulit alami yang murah dan pastinya aman.

12. Menghilangkan bekas luka

Anda bisa menggunakan minyak jarak untuk memudarkan bekas luka pada kulit seperti luka bekas jerawat atau yang lainnya. Meskipun hasilnya tidak cepat akan tetapi anda bisa menggunakannya secara teratur untuk mengurangi bekas luka tersebut. Manfaat minyak jarak untuk kecantikan ini didapat dari kandungan asam lemak di dalamnya yang dapat menembus ke dalam jaringan parut, sehingga akan menghilangkan sel-sel mati dan meningkatkan pertumbuhan jaringan baru yang lebih sehat.

13. Mencegah stretch mark

Stretch mark biasanya terjadi setelah kehamilan ketika kulit pada bagian perut mengalami peregangan yang drastis dalam waktu singkat. Minyak jarak bermanfaat mencegah Stretch mark karena membantu kulit menjadi lebih elastis sehingga akan mencegah pembentukan stretch mark tersebut.

14. Mengurangi pigmentasi pada kulit

Minyak jarak dapat menghilangkan flek dan bintik-bintik hitam di wajah yang sangat mengganggu penampilan. Karena kemampuannya tersebut membuat minyak jarak dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai macam masalah pada kulit. Para pakar dermatologist banyak yang merekomendasikan penggunaan minyak jarak untuk mengobati pigmentasi kulit yang tidak merata seperti flek hitam dan lainnya.

15. Mengurangi kerontokan pada rambut

Selain baik untuk kulit anda ternyata minyak jarak juga dapat membantu mengatasi kerontokan pada rambut. Minyak jarak bisa dimanfaatkan sebagai ramuan alami penumbuh rambut yang bukan hanya dapat meningkatkan pertumbuhannya tetapi juga menjaganya dari kerontokan.

16. Mengatasi infeksi kulit kepala

Beberapa masalah utama pada rambut seperti ketombe, kebotakan, dan kulit kepala yang gatal berasal dari munculnya infeksi di kulit kepala. Untungnya diantara manfaat minyak jarak adalah membantu mengurangi infeksi di kulit kepala karena efek anti bakteri dan anti jamur yang dimilikinya.