Jenis serta manfaat bioteknologi modern dan kuno

manfaat bioteknologi
image pxhere.com

Jenis serta manfaat bioteknologi modern dan kuno untuk kehidupan manusia serta kebutuhan lainnya di bidang sosial dan medis.

Penggunaan bioteknologi sudah lama sekali bahkan telah berjalan hingga ratusan tahun. Ada beberapa jenis bioteknologi diantaranya adalah bioteknologi kuno yang telah diterapkan selama ratusan bahkan ribuan tahun, sedangkan ada juga jenis bioteknologi modern. Lantas tahukah anda apa yang disebut dengan bioteknologi?.

Pengertian bioteknologi

Bioteknologi adalah sebuah pemanfaatan makhluk hidup lain seperti fungi, virus, atau bakteri yang digunakan untuk memproduksi bahan makanan seperti hewan atau tumbuhan. Bioteknologi ini sangat membantu khususnya di sektor pertanian dan peternakan.

Pengenalan bioteknologi sebenarnya sudah lama terjadi sebagai contohnya adalah pembuatan bir. Proses pembuatan bir sebenarnya juga menerapkan metode bioteknologi dengan melalui proses fermentasi. Selain bir, beberapa makanan lainnya seperti roti dan keju juga telah menggunakan bioteknologi kuno.

Jenis bioteknologi

Bidang teknologi memiliki beberapa jenis serta cabang ilmu yang dibedakan menjadi warna serta kegunaannya. Apa saja jenis-jenis bioteknologi tersebut?. 

Bioteknologi putih atau abu-abu

Bioteknologi jenis ini biasanya digunakan pada bidang industri untuk pengembangan sebuah senyawa baru terutama di bidang energi.

Bioteknologi hijau

Sesuai deskripsi dari warnanya bioteknologi hijau lebih banyak dimanfaatkan untuk bidang pertanian. Mengenai bioteknologi hijau ini lebih banyak kita bahas dalam artikel di atas. 

Bioteknologi merah

Bioteknologi merah merupakan sebuah cabang bioteknologi yang mempelajari seputar pengaplikasian bioteknologi di bidang medis. Pemanfaatan bioteknologi ini dapat membantu proses diagnosis serta pengobatan yang diharapkan lebih efektif.

Bioteknologi biru

Bioteknologi biru biasanya dimanfaatkan untuk proses yang berlangsung pada sekitar lingkungan akuatik atau air. 

Manfaat bioteknologi modern

Sedangkan pada bidang pertanian penggunaan bioteknologi digunakan untuk menciptakan variasi baru pada tanaman serta membuat perkembangan dan pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Selain itu apa saja manfaat penggunaan bioteknologi bagi kehidupan?

Menciptakan variasi tanaman yang lebih unggul

Diantara manfaat bioteknologi di bidang pertanian adalah menciptakan variasi tanaman baru yang lebih unggul. Diharapkan dengan pemanfaatan bioteknologi maka variasi baru menjadi lebih unggul mulai dari sisi jumlah produksi hingga kecepatan dalam proses pemanenan.

Mempercepat proses pembibitan

Manfaat lainnya dari proses bioteknologi adalah meningkatkan kecepatan dalam pembibitan. Jadi proses pembibitan akan berjalan lebih cepat dengan mengandalkan bioteknologi.

Meningkatkan kecepatan panen

Seperti yang sudah kita ketahui salah satu kegunaan bioteknologi adalah meningkatkan kecepatan serta jumlah panen. Ini tentu sangat menguntungkan sekali karena badan yang seharusnya bisa dilakukan 1 tahun 2 kali bisa ditekan menjadi tiga kali setahun dengan memanfaatkan bioteknologi tersebut.

Mengendalikan hama tanaman

Bioteknologi ternyata juga digunakan sebagai pengendali hama tanaman. Hal ini dikarenakan beberapa tanaman yang melalui proses bioteknologi biasanya kurang disukai oleh hama perusak.

Mengatasi keterbatasan lahan

Dengan produksi yang lebih cepat maka permasalahan kekurangan lahan bisa segera diatasi. Kegunaan bioteknologi ini sangat menguntungkan sekali terutama bagi mereka yang memiliki lahan sempit.

Dengan proses panen yang lebih cepat maka penanaman bisa bergantian sehingga kurangnya lahan bukan menjadi halangan untuk menanam.

Manfaat bioteknologi pada bidang pangan

Beberapa jenis makanan baru ditemukan dari hasil proses bioteknologi. Beberapa makanan tersebut diantaranya adalah:

Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang dihasilkan dari proses bioteknologi dengan memanfaatkan bakteri seperti lactobacillus bulgaricus. Dalam proses pembuatan keju susu yang telah ditambahkan oleh bakteri tersebut akan mengalami penggumpalan sehingga lama-kelamaan akan menjadi keju.

Yoghurt

Makanan lainnya yang juga hasil dari olahan bioteknologi yang berbahan susu adalah yoghurt. Hampir sama dengan keju yoghurt memanfaatkan bakteri lactobacillus bulgaricus untuk mengubah laktosa menjadi asam laktat. Di samping dapat meningkatkan variasi rasa proses bioteknologi tersebut juga memberikan manfaat yang lebih pada makanan.

Kecap

Hampir dari semua kita pasti tahu mengenai makanan yang satu ini. Kecap memang sangat akrab dengan lidah orang indonesia karena telah menjadi campuran berbagai macam makanan. Tetapi tahukah anda jika ternyata kecap merupakan bagian dari hasil bioteknologi?. Kecap merupakan makanan yang berasal dari kedelai dengan penambahan jenis jamur yang disebut aspergillus wentii. 

Tempe

Mungkin tidak ada satu orang pun di indonesia yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Tempe bisa dikatakan makanan yang sangat merakyat karena selain murah di kenal juga memiliki banyak manfaat.

Nyatanya tempe juga hasil dari pemanfaatan bioteknologi yang memanfaatkan jamur rhizopus oryzae dan rhizopus oligosporus. Sama dengan kecap tempe juga berasal dari kedelai yang melalui proses fermentasi dengan penambahan jamur tersebut.

Manfaat bioteknologi di bidang kesehatan

Pada bidang kesehatan biasanya bioteknologi digunakan untuk beberapa proses pengobatan seperti diciptakannya hormon insulin baru. Selain itu proses penemuan antibiotik seperti penicillin sering juga merupakan hasil dari bioteknologi. Tidak berhenti sampai disitu penemuan vaksin ternyata juga memanfaatkan bioteknologi. 

Manfaat bioteknologi di bidang sosial

Ternyata penggunaan bioteknologi bukan hanya untuk memproduksi makanan atau menciptakan makanan baru. Tetapi juga di bidang sosial termasuk salah satunya adalah untuk melakukan tes DNA. Fase ini dilakukan saat seseorang sudah tidak bisa dikenali akibat kecelakaan atau yang lainnya. 

Selain untuk mengidentifikasi korban tes DNA yang menggunakan bioteknologi juga untuk mengetahui hubungan kekerabatan seseorang. Bukan hanya itu tes DNA terkadang juga dibutuhkan untuk mengidentifikasi seorang pelaku kejahatan. Jadi pemanfaatan bioteknologi sangat luas sekali dalam kehidupan manusia.

Manfaat bioteknologi lainnya

Ada banyak manfaat dari penggunaan bioteknologi terutama dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Ya sana penggunaan bioteknologi untuk mengatasi dampak negatif pencemaran lingkungan di suatu wilayah. Teknik yang digunakan adalah menggunakan teknologi bioremediasi.

Selain itu penggunaan bioteknologi juga dapat mengatasi masalah seperti kelaparan. Karena diharapkan dengan meningkatnya produksi pangan maka angka kelaparan bisa ditekan khususnya di negara berkembang seperti indonesia. 

Meskipun memiliki banyak manfaat ternyata ada beberapa dampak negatif bioteknologi bagi kehidupan manusia. Apa saja dampak tersebut?

Dampak negatif bioteknologi

Mengganggu kesehatan manusia

Penggunaan bioteknologi ternyata memberikan dampak negatif bagi kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan rekayasa genetik yang terjadi pada tumbuhan akan mempengaruhi kesehatab manusia bahkan dapat menyebabkan kemandulan.

Selain menyebabkan kemandulan, efek lain dari bioteknologi adalah bisa mengganggu kesehatan tulang. Menurut sebuah penelitian menunjukkan hewan yang mengkonsumsi makanan hasil bioteknologi akan berdampak pada terganggunya kesehatan tulang mereka.

Mengganggu ekosistem

Secara alami proses penyerbukan dilakukan menggunakan hewan seperti kupu-kupu atau kumbang. Akan tetapi pemanfaatan bioteknologi tidak membutuhkan hewan tersebut dalam proses penyerbukannya sehingga akan mengancam kehidupan kedua hewan tersebut. Akibatnya ekosistem akan terancam.

Nah demikian tadi informasi mengenai jenis dan manfaat bioteknologi bagi kehidupan manusia, semoga bermanfaat untuk anda.