Efek samping masker bedak marcks dan air mawar untuk kulit

efek samping masker bedak marcks
Efek samping masker bedak marcks

Efek samping masker bedak marcks dan air mawar untuk kulit wajah anda yang perlu diwaspadai agar tidak berdampak buruk bagi kesehatannya. 

Air mawar adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai campuran masker wajah. Salah satu bahan yang sering digunakan sebagai campuran air mawar adalah bedak marcks. Bedak marcks diketahui memang memiliki banyak sekali manfaat begitu juga halnya dengan air mawar. Jadi mencampur keduanya bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat masker wajah yang memiliki banyak manfaat. 

Sebelum anda menggunakannya sebaiknya simak terlebih dahulu mengenai efek samping dari masker air mawar dan bedak marcks. 

Efek samping air mawar

Air mawar sebenarnya aman digunakan terutama bagi mereka yang memiliki kulit normal. Akan tetapi bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya benar-benar menghindari penggunaan air mawar. Dikarenakan reaksi alergi ataupun iritasi kulit bisa terjadi karena walau bagaimanapun juga pemilik kulit sensitif harus benar-benar berhati-hati saat menggunakan produk kecantikan.

Manfaat bedak marcks

Bedak marcks selain digunakan secara langsung sebagai riasan wajah ternyata juga memiliki banyak manfaat saat digunakan sebagai masker. Diantara beberapa manfaat masker bedak marcks adalah:

  1. Mengecilkan pori-pori kulit wajah sehingga membuat kulit tampak lebih halus
  2. Mencerahkan kulit secara alami
  3. Mengurangi bruntusan pada kulit
  4. Mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah

Cara menggunakan bedak marcks sebagai masker wajah sangat mudah sekali. Salah satu bahan yang bisa anda gunakan sebagai campuran nya adalah air mawar. Caranya pertama tuangkan setidaknya dua sendok makan bedak marcks ke dalam sebuah mangkuk kaca. Setelah itu tambahkan air mawar ke dalamnya lalu aduk keduanya hingga mengental. 

Setelah proses pencampuran selesai anda bisa menerapkannya langsung ke kulit wajah hingga merata sampai pada bagian leher. Diamkan sesaat lalu bersihkan wajah anda terisisa bedak marcks dan air mawar tersebut hingga tuntas.

Efek samping bedak marcks

Meskipun akhir-akhir ini penggunaan bedak marcks sangat populer akan tatapi untuk menggunakannya anda juga harus berhati-hati. Karena disamping manfaat nya bedak marcks ternyata juga menyimpan efek samping. Apa saja efek samping masker bedak marcks tersebut?. Mari simak ulasannya di bawah ini:

Menyumbat pori-pori kulit wajah

Efek samping bedak marcks selanjutnya adalah bisa menyumbat pori-pori kulit wajah Anda. Penyumbatan kulit wajah dapat mengganggu kesehatan kulit wajah. Salah satu masalah yang paling umum adalah munculnya komedo dan jerawat di wajah. Untuk menghindari efek samping masker marcks ini anda bisa membersihkannya secara tuntas setelah menggunakannya. Agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah.

Menyebabkan kulit kering

Sama halnya dengan efek samping masker susu dancow penggunaan bedak marcks secara berlebih juga bisa mengakibatkan kulit menjadi lebih kering. Seorang dokter dermatologis yang berasal dari india mengatakan bahwa menggunakan bedak tabur dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Jadi untuk itu sebaiknya anda harus mengurangi penggunaan bedak marcks terlalu sering agar terhindar dari kulit kering.

Menyebabkan alergi

Sebenarny penggunaan bedak marcks aman-aman saja bagi kulit yang normal. Akan tetapi untuk kulit yang sensitif terhadap penggunaan bedak marcks dapat menyebabkan alergi. Efek samping bedak marcks ini didapat dari kandungan wewangian dan juga bahan kimia di dalamnya yang tidak bisa ditolerir oleh beberapa jenis kulit.

Mengganggu kesehatan paru-paru

Penggunaan masker bedak marcks selain berdampak langsung pada kesehatan kulit wajah juga dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan paru-paru. Sebab partikel-partikel kecil yang terdapat dalam bedak marcks bisa masuk ke hidung dan mengganggu kesehatan paru-paru.

Menyebabkan jerawat

Salah satu masalah kulit yang paling tidak disukai oleh wanita adalah munculnya jerawat. Alih-alih dapat menambah kecantikan penggunaan tidak marcks ternyata justru dapat meningkatkan resiko jerawatan.

Hal ini dikarenakan partikel halus dari bedak marcks bisa menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan bakteri mengendap dan menjadi jerawat.  Hal ini akan semakin diperparah jika wajah anda dalam kondisi berminyak. 

Demikian tadi ulasan mengenai efek samping masker bedak marcks dan air mawar untuk kulit wajah anda. 

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →