Manfaat masker madu dan lemon

8 Manfaat masker madu dan lemon untuk kecantikan kulit wajah

Manfaat masker madu dan lemon
image pixabay.com

Manfaat masker madu dan lemon untuk kecantikan kulit wajah yang perlu kamu tahu serta tips cara membuatnya.

Madu dan lemon keduanya merupakan salah satu bahan perawatan kecantikan yang memiliki banyak manfaat. Kandungan nutrisi di dalam kedua bahan tadi yang membuatnya sangat direkomendasikan sebagai bahan perawatan kecantikan. 

Kandungan nutrisi madu

Madu adalah salah satu produk alami yang memberikan banyak manfaat berkat kandungan nutrisi yang dikandungnya. Ada banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalam madu seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, asam folat, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, kalium dan zinc.

Dari kesemua nutrisi yang dikandungnya tersebut maka tidak heran jika madu menjadi salah satu produk alami yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit wajah. Fakta inilah yang membuat penggunaan masker madu sebagai bahan perawatan kecantikan semakin diminati oleh para wanita.

Kandungan nutrisi lemon

Tidak jauh berbeda dengan madu lemon juga menyediakan banyak nutrisi penting yang sangat baik untuk kecantikan kulit wajah. Setidaknya beberapa nutrisi berikut ini diketahui terdapat dalam lemon seperti vitamin C, magnesium, kalsium potasium, polifenol, serta beberapa senyawa antioksidan.

Dari kesemua nutrisi tersebut maka tidak heran jika lemon sering digunakan sebagai bahan pembuatan masker wajah. Selain itu lem untuk kasur yang ditambahkan di berbagai macam produk kecantikan wajah seperti krim pemutih. 

Manfaat masker madu dan lemon

Setelah kita mengetahui kandungan nutrisi madu dan lemon sekarang kita akan mencari tahu apa saja manfaat kedua bahan tadi jika dicampurkan. Berikut manfaat masker madu dan lemon untuk kulit wajah:

Menyamarkan bekas luka

Bekas luka di wajah sangat sulit dihilangkan bahkan dengan menggunakan produk kecantikan berbahan kimia. Untungnya diantara kegunaan madu adalah membantu mengurangi tampilan bekas luka tersebut.

Saat digunakan sebagai masker wajah dengan menambahkan lemon maka madu bisa bekerja cukup efektif dalam menghilangkan bekas luka terutama di area wajah. Bekas luka yang menghitam akan bisa disamakan dengan baik berkat kandungan vitamin C dari lemon.

Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat masker madu dan lemon yang tidak kalah penting adalah menghilangkan bekas jerawat. Munculnya bekas jerawat di wajah tentu akan membuat anda kurang percaya diri. Dan pastinya anda ingin segera agar bekas jerawat cepat hilang dari wajah anda.

Untuk menghilangkannya ada bisa mencampur antara madu dan lemon. Caranya: ambil 1 sampai dua sendok makan madu lalu masukkan ke dalam mangkuk kecil. Setelah itu tambahkan pula satu sendok teh lemon ke dalamnya lalu aduk hingga kedua bahan tadi menyatu dengan sempurna.

Kemudian gunakan madu dan lemon yang sudah tercampur sebagai masker wajah. Diamkan masker tersebut paling tidak selama 15 menit lalu bersihkan wajah anda sehingga tidak ada madu dan lemon yang masih tersisa. Lakukan secara rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu agar bekas jerawat anda segera hilang.

Memutihkan kulit wajah

Jika anda menginginkan kulit putih dan bersih cobalah menggunakan campuran antara madu dan lemon sebagai masker wajah. Manfaat masker madu dan lemon yang satu ini bisa dirasakan terutama bagi mereka yang menginginkan memiliki kulit cerah alami.

Cara memutihkan wajah dengan madu dan lemon cukup mudah. Langkah pertama tuangkan 1 sendok makan madu murni ke dalam sebuah wadah kaca. Setelah itu tambahkan pula satu sendok teh lemon ke dalamnya. Aduh kedua bahan tadi hingga anda mendapatkan sebuah pasta yang kental. 

Jika dirasa sudah cukup terapkan masker wajah dari madu dan lemon tersebut ke kulit wajah anda hingga merata. Biarkan selama 15 menit lalu bilas wajah anda hingga masker madu dan lemon tidak tersisa di kulit.

Mencegah penuaan dini

Proses penuaan pada kulit wajah adalah sesuatu hal yang wajar dan pasti akan terjadi. Akan tetapi menggunakan madu dan lemon sebagai masker wajah dapat membantu anda memperlambat proses tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi dalam madu dan lemon bekerja cukup efektif dalam menangkal efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan.

Mengangkat sel-sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat mengurangi kecerahan alami kulit wajah anda. Oleh sebab itu anda harus mengangkat nya secara berkala. Beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati secara alami adalah madu dan lemon.

Cara mengangkat sel kulit mati dengan madu dan lemon tidaklah sulit. Pertama ambil satu sendok makan madu murni lalu tuangkan ke wadah kecil. Tambahkan gula yang telah dihaluskan ke dalamnya bersamaan dengan 1 sendok teh air perasan lemon segar.

Campur kan ketiga barang tersebut dengan baik lalu gunakan sebagai masker wajah. Lakukan pemijatan ringan sebentar kemudian diamkan selama 10 sampai 15 menit. Jika sudah selesai bilas wajah anda menggunakan air hingga tidak ada sisa masker yang masih menempel. 

Membantu mengencangkan kulit wajah

Kulit wajah yang kencang akan terlihat lebih muda dan sehat. Akan tetapi sayangnya banyak wanita yang tergesa-gesa untuk mendapatkannya lalu menggunakan produk kecantikan berbahan kimia yang dianggap bisa lebih cepat dalam mengencangkan kulit.

Padahal sebenarnya ada bahan alami yang patut dicoba untuk mengencangkan kulit wajah yaitu masker madu dan lemon. Keduanya diketahui bekerja cukup efektif berkat kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. 

Membantu mencegah jerawat

Masker madu dan lemon bisa digunakan sebagai obat jerawat alami. Keduanya memiliki sifat antibakteri yang mampu melindungi kulit wajah dari munculnya jerawat. Bukan hanya mengobati jerawat, penggunaan masker madu dan lemon juga berguna mencegah jerawat muncul kembali.

Sehingga keduanya menjadi bahan perawatan kecantikan yang sempurna untuk melindungi wajah dari jerawat. Meskipun demikian, untuk menghilangkan jerawat menggunakan lemon anda harus berhati-hati terutama jika memiliki kulit sensitif. Usahakan untuk tidak menggunakan masker lemon dan madu jika jerawat anda sedang meradang.

Menghilangkan kelebihan minyak di wajah

Minyak berlebihan akan menyerap kotoran sehingga membuat wajah anda semakin terlihat kusam. Ini tentunya akan menutupi kecerahan alami kulit anda. Untungnya madu dan lemon hadir sebagai masker alami untuk wajah berminyak.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan madu dan lemon bisa anda terapkan secara rutin karena kedua bahan ini tergolong aman selama tidak berlebihan dalam menggunakannya. Untuk penggunaan lemon, sebaiknya jangan menerapkannya ke kulit wajah setiap hari, cukup dua atau tiga kali seminggu saja.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat masker madu dan lemon untuk kulit wajah anda serta tips cara membuatnya. Semoga info di atas bisa memberikan manfaat bagi anda.