Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil yang Perlu Bunda Ketahui, Yuk, Intip!

manfaat jeruk untuk ibu hamil

Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil – Buah jeruk dengan nama latin Citrus sinensis adalah salah satu jenis buah yang banyak ditemukan di tempat beriklim tropis, termasuk Indonesia. Biasanya, buah jeruk bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dijadikan berbagai jenis minuman, seperti jus.

Tidak hanya mempunyai rasa yang manis, asam, dan menyegarkan, buah jeruk juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan serta kesehatan ibu.

Manfaat jeruk untuk ibu hamil tidaklah sedikit. Gizi yang terkandung dalam buah ini diyakini mempunyai pengaruh baik untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu selama kehamilan.

Satu buah jeruk mengandung lebih dari 100% keperluan vitamin C harian setiap orang. Daripada vitamin C pada buah-buahan lain dalam famili citrus, jumlah ini lebih banyak pada buah jeruk. Selain itu, buah jeruk juga kaya akan antioksidan dan mengandung berbagai nutrisi lain, seperti serat, kalsium, kalium, dan asam folat.

Buah jeruk mengandung banyak nutrisi yang akan memberikan manfaat bagi ibu hamil dan janinnya. Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat jeruk untuk ibu hamil yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Ketahui!

manfaat jeruk untuk ibu hamil

Sumber: http://ibudanmama.com

1. Mencegah Bayi Cacat Lahir

Bagi Ibu hamil atau wanita yang sedang melaksanakan program hamil, sangat penting untuk menerima asupan asam folat yang cukup. Hal ini dikarenakan asam folat berperan dalam membantu mencegah terjadinya gangguan pembentukan otak dan tabung saraf, seperti anensefali dan spina bifida.

Buah jeruk diketahui mempunyai kandungan asam folat yang cukup tinggi. Jadi, mengonsumsi jeruk saat hamil bisa membantu ibu hamil memenuhi keperluan asam folat dan menurunkan risiko terjadinya cacat lahir.

Baca Juga: Tips Melahirkan Normal Lancar dan Cepat yang Perlu Bunda Ketahui!

2. Mencegah Sembelit

Buah jeruk juga merupakan sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan memenuhi asupan serat yang cukup, ibu hamil akan terhindarkan dari masalah sembelit yang umum dialami selama kehamilan.

Selain itu, kadar serat yang cukup tinggi di dalam buah jeruk juga bisa membantu ibu hamil merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebihan yang menyebabkan kenaikan berat badan berlebih. Hal tersebut juga tidak baik jika terjadi selama kehamilan.

manfaat jeruk untuk ibu hamil

Sumber: http://m-v2.jitunews.com

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jeruk untuk ibu hamil yang jarang diketahui yakni membantu menjaga kesehatan kulit. Selama kehamilan, ibu hamil seringkali mengalami kulit yang nampak kusam, kering, dan berjerawat.

Untuk mengatasi masalah ini, perawatan kulit dari luar saja sebetulnya tidak cukup. Bahkan, ada sebagian perawatan kulit yang tidak dibolehkan selama kehamilan. Jadi, mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi juga diperlukan supaya kesehatan kulit tetap terjaga.

Salah satu makanan yang baik untuk kulit yakni buah jeruk. Buah yang kaya akan antioksidan dan vitamin C bisa membantu mencegah kerusakan kulit dan membantu tubuh menghasilkan kolagen, sehingga kulit akan tetap lembap dan kencang.

Baca Juga: Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil dan Janinnya, Bunda Wajib Tahu!

4. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi gestasional atau tekanan darah tinggi saat hamil bisa membahayakan ibu dan janinnya jika tidak ditangani dengan baik. Oleh sebab itu, situasi ini lebih baik untuk dicegah.

Cara sederhana seperti rutin mengkonsumsi jeruk utuh atau dalam bentuk jus jeruk bisa membantu ibu hamil mencegah masalah tekanan darah. Hal tersebut bisa terjadi berkat kadar kalium yang cukup tinggi pada jeruk. Kalium berguna untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengendalikan tekanan darah.

Sumber: https://www.enaksehat.com

5. Mencegah Anemia

Untuk mendukung pertumbuhan janin, tubuh ibu hamil selama kehamilan perlu memproduksi lebih banyak darah. Oleh sebab itu, ibu hamil memerlukan lebih banyak nutrisi, terlebih zat besi, asam folat, dan vitamin B12, supaya tidak terjadi anemia saat hamil.

Asam folat dalam jeruk bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah, sementara kandungan vitamin C-nya bisa meningkatkan perembesan zat besi di usus. Oleh sebab itu, jeruk bisa membantu tubuh Bumil memproduksi sel darah merah.

Manfaat buah jeruk untuk ibu hamil sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi, ibu hamil bisa mulai menyertakan buah ini sebagai salah satu camilannya. Tetapi, perlu diingat bahwa keasaman jeruk bisa memicu kambuhnya penyakit asam lambung.

Jadi, sebaiknya hindari konsumsi jeruk dalam keadaan perut kosong. Apalagi jika ibu hamil mempunyai riwayat penyakit asam lambung sebelumnya dan sudah menjelang trimester akhir kehamilan. Karena, pada saat itu risiko terjadi asam lambung naik semakin tinggi.

Apabila perlu, ibu hamil bisa berkonsultasi dengan dokter terkait konsumsi buah jeruk selama kehamilan. Tanyakan juga perihal makanan bergizi apa saja yang bisa mendukung kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan serta perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil. Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya!