manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil. Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya!

Posted on

manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil Kiwi adalah salah satu buah yang cukup mudah dibudidayakan, sebab buah ini dapat tumbuh di berbagai musim dan daerah, termasuk negara tropis seperti Indonesia.

Memiliki nama latin Actinidia deliciosa, buah kiwi ini memiliki warna kulit buah kecokelatan, bentuk yang menyerupai telur ayam dan bulu-bulu kecil di permukaan luar kulitnya. Buah kiwi memiliki daging buah berwarna hijau, dengan rasa yang manis dan sedikit asam.

Biji buahnya yang berwarna hitam dan berukuran kecil juga dapat dikonsumsi bersama daging buahnya. Bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi buah bercita rasa manis dan menyegarkan, kiwi dapat menjadi salah satu opsi.

Selain itu, manfaat kiwi untuk ibu hamil bahkan sangat berbagai, mulai dari menjaga tekanan darah hingga meningkatkan kekuatan tahan tubuh. Kiwi sendiri mengandung berbagai gizi yang tidak hanya berkhasiat bagi ibu hamil, namun juga janin. Oleh sebab itu, buah ini dapat menjadi opsi camilan sehat, terlebih untuk ibu hamil.

Kandungan gizi yang terdapat pada buah kiwi yaitu, kalori, karbohidrat, protein, serat, vitamin C, kalium, vitamin E, kalsium, magnesium, folat, vitamin K. Selain itu, kiwi juga mengandung gizi lain seperti vitamin A, vitamin B, zinc, fosfor, zat besi, magnesium, dan aneka antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin.

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, mengkonsumsi kiwi dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi ibu hamil. Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh ibu hamil? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat buah kiwi untuk ibu hamil yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Sumber: https://www.indozone.id

Beberapa Manfaat Buah Kiwi pada Ibu Hamil yang Wajib Bunda Tahu

1. Membantu Tumbuh Kembang Otak dan Saraf Janin

Kiwi mengandung folat dan protein yang berperan penting dalam mendorong penyusunan jaringan saraf dan otak janin. Asupan folat yang tercukupi juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit cacat bawaan lahir pada saraf janin, seperti spina bifida.

Jumlah asupan folat yang diperlukan oleh ibu hamil yaitu sekitar 600 mikrogram per hari. Ibu hamil dapat memenuhi asupan folat tersebut dengan mengkonsumsi kiwi serta suplemen kehamilan sesuai saran dokter dan juga makanan lain yang kaya akan folat. casino 777

2. Menangkal Radikal Bebas

Ketika antioksidan pada kiwi seperti vitamin C, lutein, dan zeaxanthin, berkhasiat untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada ibu hamil dan juga janin.

Dikala jumlah radikal bebas terlalu tinggi, ibu hamil lebih berisiko mengalami komplikasi kehamilan seperti preeklamsia dan gangguan plasenta.

Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan antioksidan untuk menangkal efek radikal bebas, salah satunya yaitu vitamin C. Vitamin ini dapat didapat dari buah dan sayuran, termasuk kiwi.

3. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Dikala hamil, tekanan darah di dalam tubuh ibu hamil dapat lebih mudah meningkat. Seandainya tidak terkontrol, tekanan darah tinggi dikala hamil dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius, mulai dari kerusakan organ, preeklamsia, hingga keguguran.

Untuk menjaga tekanan darah supaya tetap stabil, ibu hamil perlu mengontrol konsumsi garam dan memperbanyak asupan kalium. Asupan tersebut dapat didapat dari berbagai jenis buah, salah satunya yaitu kiwi.

manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Sumber: http://surabayapagi.com

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Istirahat yang cukup yaitu salah satu kunci kehamilan sehat. Jika ingin kualitas tidur ibu hamil semakin baik, cobalah mengkonsumsi 2 buah kiwi sekitar 1 atau 2 jam sebelum tidur.

Menurut beberapa penelitian, buah kiwi memiliki kandungan antioksidan dan serotonin yang tinggi yang dapat membuat ibu hamil tertidur lebih cepat dan nyenyak.

5. Melancarkan Pencernaan

Serat dan air yang terkandung dalam kiwi dapat melancarkan pencernaan ibu hamil, sehingga terhindar dari risiko ambeien. Selain itu, kiwi juga mengandung enzim actinidin yang dapat membantu mencerna protein menjadi asam amino. Asam amino yaitu gizi penting yang diperlukan janin untuk menyusun jaringan dan organ tubuhnya. سيرجيو أجويرو

6. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil yang satu ini berkat kandungan vitamin C, vitamin A, zinc, serta vitamin B dan antioksidan. Selain gizi tersebut rupanya dapat memperkuat daya tahan tubuh, sehingga risiko ibu hamil untuk terkena infeksi dan sakit selama hamil dapat berkurang.

Manfaat kiwi untuk ibu hamil dapat dipadukan dengan manfaat dari berbagai sumber gizi lainnya, contohnya dengan mengkonsumsi buah kiwi bersama yoghurt, salad, roti, atau diolah menjadi jus. bet365 عربي Selain dalam bentuk buah, berbagai gizi kiwi juga dapat didapat dari suplemen.

Tetapi, ibu hamil semestinya berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi suplemen apapun. Buah ini mungkin dapat Anda tambahkan ke menu makan sehari-hari, seandainya ibu hamil tidak mengalami masalah atau keluhan sesudah mengkonsumsi kiwi.

Namun, ibu hamil mungkin sebaiknya tidak mengkonsumsi kiwi seandainya mengalami gejala alergi, seperti gatal-gatal, bengkak di bibir dan kulit, atau diare, sesudah mengkonsumsi buah kiwi. Walaupun tergolong langka, alergi terhadap buah kiwi dapat saja terjadi.

Baca Juga: Manfaat Apel untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Tahu. Yuk, Simak!

Baca juga  Cara Makan Buah Plum Yang Benar dan Khasiatnya Untuk Tubuh Kita