13 Manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat buah semangka untuk kesehatan
Manfaat buah semangka untuk kesehatan
image from pixabay.com

Manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan serta kandungan nutrisinya yang cukup melimpah. Semangka merupakan salah satu buah berair yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Buah ini cukup menyegarkan terutama saat dikonsumsi saat musim panas. Buah yang memiliki warna merah dan kuning ini merupakan jenis buah tropis yang mudah dibudidayakan di Indonesia, dan di pasaran buah semangka menjadi salah satu buah yang paling mudah ditemukan serta memiliki harga yang cukup terjangkau.

Salah satu alasan mengapa manfaat buah semangka untuk kesehatan sangat banyak adalah dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Di mana dalam 100 gram buah semangka segar mengandung setidaknya beberapa vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, selenium, asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serta vitamin K, di mana ke semua nutrisi tersebut sangat berguna sekali dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat semangka untuk kesehatan Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Membantu mengurangi lemak di dalam tubuh

Manfaat buah semangka untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi lemak. Buah semangka menjadi salah satu buah diet sehat karena dapat membantu menghilangkan lemak di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa yang disebut sitrulin dalam buah semangka bermanfaat memetabolisme arginin yang merupakan asam amino esensial untuk membantu mengurangi penyimpanan lemak di dalam tubuh, Hal ini diungkap dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Of Nutrition pada tahun 2007 lalu.

2. Mencegah dehidrasi

Manfaat buah semangka untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah dehidrasi. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa buah semangka memiliki kandungan air yang cukup banyak di mana hal ini menjadikan buah semangka bermanfaat membuat tubuh tetap terhidrasi. Selain memiliki kandungan air yang cukup tinggi hingga 90% buah semangka juga memiliki mineral penting yang membantu menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Beberapa mineral tersebut diantaranya magnesium, kalium, dan natrium, sehingga membuat tubuh kita tidak mudah terhidrasi terutama saat beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat seperti berolahraga.

Selain itu, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of aberdeen Medical School pada tahun 2009 lalu menunjukkan bahwa beberapa jenis buah-buahan dan sayuran segar yang memiliki kandungan air serta gula alami (seperti semangka) dapat membantu tubuh tetap terhidrasi secara alami. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting sekali untuk membuatnya tetap fit dan juga mencegah menurunnya konsentrasi.

3. Menjaga kesehatan mata

Salah satu vitamin yang terdapat dalam buah semangka adalah vitamin A di mana vitamin jenis ini sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan likopen yang terdapat dalam buah semangka juga berperan melindungi mata dari kerusakan dari efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak atau masalah kesehatan mata lainnya. Belum lagi kandungan Lutein, Zeaxanthin dan vitamin C dalam buah semangka juga Sangat berguna dalam melindungi mata dari infeksi.

4. Menjaga kelembaban kulit

Kandungan air yang tinggi dalam buah semangka menjadi indikasi dimana buah yang satu ini dapat menghidrasi tubuh dan juga kulit secara alami. Kulit yang lembab dapat membuatnya terlihat muda dan mencegahnya dari berbagai macam masalah kulit seperti kering dan kusam.

5. Mencegah penuaan

Salah satu manfaat buah semangka untuk kecantikan adalah mencegahnya dari penuaan dini. Hal ini dikarenakan buah semangka memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik dalam memerangi efek buruk radikal bebas. Radikal bebeas dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan lebih cepat seperti keriput dan garis halus di bawah mata. Bagi Anda yang tidak ingin masalah kulit ini menimpa anda maka tidak ada salahnya dengan rutin mengkonsumsi buah semangka. Pastikan anda memilih buah semangka segar untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

6. Mencegah sariawan

Secara umum sariawan dapat terjadi akibat munculnya bakteri pada mulut yang kering. Hal ini tentunya dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah semangka, di mana buah yang satu ini bukan hanya mengandung tinggi air tetapi juga nutrisi penting seperti vitamin C. Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk mencegah sariawan. Jadi mengkonsumsi buah semangka terutama di saat cuaca panas bisa menjadi pilihan yang baik untuk mencegah sariawan dan masalah mulut lainnya.

7. Menjaga kesehatan ginjal

Buah semangka merupakan deuretik alami yang berperan penting dalam membantu tubuh dalam mengeluarkan racun sekaligus merangsang fungsi ginjal. Selain itu buah semangka juga berguna menghilangkan ketegangan pada ginjal sekaligus mengurangi kelebihan cairan. Sehingga sangat berguna sekali meningkatkan kesehatan ginjal secara alami. Untuk itu bagi Anda yang memiliki resiko tinggi mengalami masalah dengan ginjal tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi buah semangka.

8. Meningkatkan suasana hati

Siapa yang menyangka jika buah semangka ini ternyata sangat baik untuk meningkatkan mood atau suasana hati seseorang. Hal ini bisa terjadi karena buah semangka ternyata memiliki kandungan vitamin B6 di mana nutrisi ini mampu membuat seseorang merasa lebih tenang. Vitamin B6 dibutuhkan dalam proses sintesis neuro transmitter yang berperan penting dalam menenangkan suasana hati seseorang.

9. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja di berbagai usia tanpa memandang ras. Pola hidup yang tidak sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan kurangnya mengkonsumsi buah dan sayur menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

Penyakit ini cukup mematikan dan sulit dideteksi terutama pada gejala awal Akan tetapi anda bisa melakukan pencegahan dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar termasuk buah semangka. Hal ini dikarenakan buah semangka memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dimana mineral yang satu ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menjaga kestabilan detak jantung.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Kentucky dan Purdue University yang juga diterbitkan dalam Journal Of Nutrition Biochemistry telah mengungkap bahwa buah semangka memiliki kandungan Citrullin yang berguna meningkatkan kesehatan jantung secara alami. Penelitian tersebut menjadi salah satu dasar utama bahwa buah semangka memiliki manfaat untuk kesehatan jantung anda.

10. Mengurangi resiko penyakit kanker

Tahukah Anda jika mengkonsumsi buah semangka ternyata dapat menghindarkan anda dari penyakit kanker? Ya, Salah satu manfaat buah semangka untuk kesehatan ini memang tidak berlebihan karena buah semangka memang memiliki kandungan nutrisi yang mengarah pada pencegahan penyakit kanker. Beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, C dan beberapa antioksidan lainnya berperan dalam melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit kanker.

Sealin vitamin A dan C, kandungan senyawa seperti likopen telah terbukti berperan aktif dalam melindungi tubuh dari serangan kanker. Bahkan likopen telah dipelajari sejak lama mengenai efek nya dalam mencegah beberapa jenis kanker termasuk kanker paru-paru, kanker prostat, colorectal, dan kanker payudara pada wanita.

11. Sebagai sumber energi tubuh

Selain menyediakan kandungan air yang cukup tinggi di dalam buah semangka ternyata, kandungan nutrisi buah yang satu ini juga berperan penting dalam memasok energi bagi tubuh untuk dapat beraktivitas dengan baik. Berapa nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan energi tubuh adalah magnesium, vitamin B1, dan B6. Kandungan magnesium dalam buah semangka digunakan tubuh untuk memaksimalkan peningkatan energi.

12. Meningkatkan kesehatan pria dewasa

Buah semangka bisa dikatakan sebagai obat kuat alami yang tentunya tidak memiliki efek samping. Salah satu alasan kenapa buah semangka sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pria dewasa adalah karena buah ini ternyata dapat mengurangi impoten pada laki-laki. Hal ini telah dipertgeas dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan menurunnya vitalitas tidak ada salahnya dengan rutin mengkonsumsi buah semangka dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan.

13. Mencegah hipertensi dan stroke

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dan kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium. Sedangkan seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa buah semangka merupakan sumber kalium alami yang dapat membantu menghindarkan anda dari penyakit darah tinggi dan stroke tersebut. Kalium dalam buah semangka bukan hanya membantu meningkatkan kesehatan jantung tetapi juga menstabilkan tekanan darah dengan menjaga Irama detak jantung.

Demikian tadi rangkaian informasi mengenai manfaat buah semangka untuk kesehatan yang bisa saya pagi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda.