13 Manfaat buah mangga untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Manfaat buah mangga untuk kesehatan
Manfaat buah mangga untuk kesehatan
Image from maxpixel.freegreatpicture.com

Manfaat buah mangga untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya. Buah mangga merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis sehingga banyak orang yang menyukai buah mangga. Secara umum buah mangga memiliki warna kuning pada bagian dalam dan hijau pada bagian luar. Untuk bagian luar atau kulit buah ini tergantung dari jenis buah itu tersendiri.

Buah mangga sangat mudah sekali dibudidayakan terutama di Indonesia sehingga banyak rumah-rumah terutama di desa-desa yang menanam buah mangga di depan rumahnya. Selain mudah ditanam, buah mangga juga memiliki banyak sekali nutrisi penting yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. Beberapa kandungan nutrisi buah mangga diantaranya seperti lemak, protein, serat, zat besi, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan gula alami yang kesemuanya tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat buah mangga untuk kesehatan Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Mencegah diabetes

Manfaat buah mangga untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah diabetes. Buah mangga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan gula alami yang baik untuk mereka yang ingin terhindar dari penyakit diabetes. Tetapi bagi Anda yang terlanjur terkena diabetes sebaiknya kurangi buah mangga. Meskipun mangga memiliki kandungan serat yang dapat mencegah diabetes akan tetapi kandungan gula di dalam buah mangga mungkin kurang baik bagi penderita diabetes. Bagi penderita diabetes sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Jika ingin mengkonsumsi buah mangga.

2. Mencegah degenerasi makula

Buah mangga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, buah mangga juga memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan zeaxanthin. Antioksidan jenis ini memiliki manfaat mencegah degenerasi makula (suatu penyakit yang ditandai dengan menurunnya penglihatan). Degenerasi makula pada umumnya dialami oleh mereka yang memasuki usia lanjut. Untuk mencegah degenerasi makula sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan juga buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A.

3. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah mangga yang selanjutnya adalah mencegah penyakit jantung. Buah mangga memiliki kandungan serat yang cukup baik untuk kesehatan dimana serat sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol yang tinggi pada darah dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Selain mengandung tinggi serat, buah mangga juga memiliki kandungan kalium yang berguna menstabilkan tekanan darah. Sehingga buah mangga bisa dikatakan sebagai salah satu buah yang sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular anda.

4. Mencegah penyakit kanker

Ada beberapa senyawa penting yang ditemukan dalam buah mangga di mana senyawa ini sangat bermanfaat sekali dalam mencegah penyakit kanker. 2 senyawa tersebut adalah asam galat dan fisetin. Jadi mengkonsumsi buah mangga secara rutin In Syaa Allah dapat mencegah munculnya beberapa penyakit kanker seperti kanker payudara dan kanker usus besar. Untuk mendapatkan manfaat buah mangga yang satu ini pastikan anda memilih jenis buah mangga yang segar dan organik.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa buah mangga memiliki kandungan kalsium, dimana mineral ini sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah Osteoporosis. Selain kalsium, buah mangga ternyata juga memiliki kandungan vitamin K dimana vitamin jenis ini juga berperan penting dalam melindungi tulang dari kerusakan. Bagi anda terutama yang sudah memasuki usia lanjut sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin K untuk mencegah pengeroposan tulang atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Pencernaan yang sehat merupakan indikasi kesehatan tubuh secara umum. Terganggunya sistem pencernaan di dalam tubuh membuat proses pembuangan limbah tidak bisa bekerja dengan baik sehingga racun yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh menjadi menumpuk. Hal ini sangat mungkin sekali menimbulkan beberapa penyakit. Untungnya buah mangga memiliki kandungan serat yang sangat baik sekali untuk meningkatkan sistem pencernaan. Selain membantu pembuangan limbah, salah satu fungsi serat adalah membantu mengontrol berat badan. Untuk itu bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami bisa memanfaatkan buah mangga.

7. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah mangga menjadikannya sangat baik dikonsumsi bagi penderita anemia. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencegah anemia sebaiknya konsumsi buah mangga secara rutin dengan porsi yang tepat. Karena mengkonsumsi buah mangga secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

8. Membantu mengontrol kolesterol

Selain mencegah penyakit jantung buah mangga juga memiliki kandungan serat yang dapat mengontrol tingkat kolesterol dalam darah. Tingginya kolesterol dalam darah sangat tidak baik untuk kesehatan, salah satu efek buruk atau dampak negatif kelebihan kolesterol adalah tingginya resiko penyakit jantung dan stroke. Mengurangi makanan berlemak dan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah segar seperti buah mangga sangat dianjurkan sekali untuk membantu menurunkan kolesterol darah.

9. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam buah mangga sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan mata. Sehingga bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer atau gadget bisa rutin mengkonsumsi buah mangga dalam rangka menjaga kesehatan mata. Selain vitamin A buah mangga juga diperkaya dengan antioksidan penting yang dapat melindungi mata dari kerusakan seperti katarak.

10. Mencegah penyakit asma

Tahukah Anda jika salah satu manfaat buah mangga untuk kesehatan adalah mencegah penyakit asma?. Penyakit asma bisa diderita oleh siapa saja dan tidak mengenal usia Penyakit ini ditandai dengan mengi dan juga susah bernafas terutama saat terkena debu. Penyakit ini cukup sulit untuk diobati akan tetapi bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan salah satunya mungkin dengan banyak mengkonsumsi buah seperti buah mangga.

11. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng pertahanan dari serangan berbagai macam penyakit, sehingga meningkatkan fungsi imun menjadi sangat penting sekali. Faktanya buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat meningkatkan sistem imun. Jadi dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin akan membantu anda dalam menjaga tubuh dari serangan penyakit terutama yang dipicu oleh virus.

12. Mencegah penuaan

Manfaat buah mangaat untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah mencegah penuaan. Kandungan vitamin C dan A serta antioksidan penting lainnya dalam buah mangga berperan penting dalam mencegah efek buruk radikal bebas yang dapat merusak sel di dalam tubuh kita. Radikal bebas bukan hanya dapat menyebabkan penyakit kanker tetapi juga mempercepat proses penuaan, terutama pada kulit. Oleh sebab itu sangat penting sekali bagi anda untuk mencegah penuaan dengan banyak mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti buah mangga.

13. Meningkatkan energi

Manfaat buah mangga untuk kesehatan yang terakhir adalah membantu memasok energi secara alami bagi tubuh. Aktivitas yang padat membuat kebutuhan nutrisi dan energi dalam tubuh menjadi semakin besar. Jika hal ini tidak diimbangi dengan makanan yang bergizi dan kaya nutrisi maka tubuh akan menjadi mudah lelah. buah mangga merupakan sumber gula alami dan nutrisi penting yang sangat baik sekali dalam memasok energi bagi tubuh. Jadi bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat sebaiknya tidak melupakan buah mangga sebagai menu sehat harian.